Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


3 Jenis Kolesterol Yang Ada Dalam Tubuh Disertai Penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan kolesterol baik dan kolesttrol jahat ?

Selama ini mungkin kita telah mengenal istilah tersebut. Akan tetapi, sebagian besar dari kita belum mengetahui secara pasti mengenai fungsi dan karasteristik dari keduanya.

Selain itu, dalam dunia medis juga mengenal istilah trigliserida.

Apakah anda sudah tahu apa itu trigliserida ?

Trigliserida juga merupakan bagian dari kolesterol. Sehingga kolesterol memiliki 3 jenis.

Jika anda belum mengetahui ketiganya, simak penjelasannya tentang jenis kolesterol yang ada dalam tubuh manusia di bawah ini.


Pada tautan tersebut, anda dapat mengetahui pengertian kolesterol dan fungsinya bagi tubuh manusia. Sedangkan diartikel ini, kami hanya fokus menyampaikan jenis kolesterol dan penjelasannya.

Ilustrasi Gambar Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Low Density Lipoprotein atau seringkali kita menyebutnya dengan nama kolesterol jahat adalah molekul lemak di dalam darah yang memiliki kecenderungan mengendap di dinding pembuluh darah arteri.

Jika pengendapan LDL melebihi batasan normal, maka kondisi ini akan membuat saluran pembuluh darah menjadi sempit. Akibatnya, sirkulasi peredaran kurang lancar.

Selain itu, melekatnya kolesterol jahat di pembuluh darah akan membentuk lapisan plak bersifat rapuh dan mudah pecah. Selain itu, kelenturan pembuluh darah juga akan terganggu.

Kondisi tersebut sangat berbahaya, karena penyempitan jalur aliran darah dapat memicu serangan stroke atau pecahnya pembuluh darah dan serangan jantung koroner.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

High Density Lipoprotein juga disebut dengan nama kolesterol baik.

Karena fungsinya dapat mengangkut kelebihan kolesterol jahat di dinding pembuluh darah arteri untuk diproses kembali ke organ hati, kemudian dibuang ke dalam kantung empedu berupa cairan asam.

HDL juga bertugas untuk mencegah terjadinya proses pembentukan plak oleh kolesterol jahat.

Jika dibandingkan dengan LDL, kolesterol baik memiliki kandungan sedikit lemak dan tingkat kepadatan rendah. Sehingga, HDL tidak mengendap dan akan mengambang di sepanjang aliran darah

3. Trigliserida

Kolesterol trigliserida adalah salah satu jenis lemak terdapat dialiran darah, sel - sel tubuh dan dibeberapa organ tubuh seperti jantung. Fungi trigliserida berguna sebagai energi cadangan bagi tubuh ketika tubuh kekurangan asupan kalori.

Trigliserida dapat bersumber dari makanan berupa produk olahan hewani, gula, alkohool, sayuran dan makanan lainnya yang mengandung lemak.

Sel - sel lemak di dalam tubuh kita akan menyimpan kolesterol trigliserida untuk digunakan sebagai energi candangan jika sewaktu - waktu diperlukan. Akan tetapi, seiring dengan peningkatan kolesterol jahat, trigliserida juga akan meningkat dan dapat menimbulkan resiko serangan penyakit jantung dan stroke.

Agar 3 jenis kolesterol tersebut memiliki manfaat baik bagi tubuh kita, maka kita harus menjaga kadar kolesterol berada di batasan normal. Jika kolesterol jahat dan trigliserida melebihi batasan normal serta kolesterol baik berada di bawah batasan normal, maka akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Kadar normal kolesterol jahat normalnya kurang dari 130 mg/dL dan kolesterol baik nomalnya lebih dari 40 mg/dL. Sedangkan batasan normal kadar trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Berapah kadar kolesterol di dalam tubuh anda ?

Jika belum mengetahuinya, segera lakukan pengecekan untuk menghindari resiko serangan jantung dan stroke sejak dini.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 3 Jenis Kolesterol Yang Ada Dalam Tubuh Disertai Penjelasannya

0 komentar: