Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya Pada Pria & Wanita

Apa yang dimaksud dengan penyakit jantung ?

Penyakit jantung adalah suatu kondisi ketika pembuluh darah koroner di jantung mengalami penyumbatan atau kerusakan disebabkan adanya peradangan akibat dari penyakit tertentu. 

Penyumbatan tersebut pada umumnya disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah koroner mengakibatkan terhambatnya sirkulasi peredaran darah berisikan oksigen dari dan menuju ke jantung.

Selain itu, faktor lainnya diantara penyakit yang dapat menyebakan serangan jantung antara lain adalah diabetes, penumpukan lemak dibagian bawah kulit karena obesitas dan tekanan darah tinggi.

Penyakit jantung pada umumnya bersifat menahun. Namun sebelum serangan jantung datang, kita dapat mengenali beberapa ciri ciri penyakit jantung yang tampak secara fisik maupun melalui medical check up.


Beberapa gejala penyakit jantung diantaranya sebagai berikut :

1. Sering Merasakan Nyeri Dada

Rasa nyeri di dada dapat muncul secara tiba - tiba terutama dibagian kiri akan dirasakan seperti tertusuk dengan durasi kurang dari 20 menitan. Kondisi ini disebabkan karena sirkulasi darah ke otot jantung terhambat.

Rasa nyeri juga terkadang disertai sesak nafas. Tingkatan keparahan penyakit dapat beragam tergantung dari adanya faktor penyumbatan atau kerusakan di dinding pembuluh darah. 

Kebiasaan buruk sering merookok, mengkonsumsi minuman keras dan beraktivitas terlalu berat dapat menigkatkan kinerja jantung semakin memburuk.

2. Sering Kelelahan

Padahal tidak melakukan aktivitas secara berlebihan, akan tetapi tubuh terasa cepat lelah melakukan aktivitas yang ringan sekalipun. Penyebabnya dikarenakan kinerja Jantung kurang optimal dalam dalam memompa darah. Sehingga, suplai darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

3. Sering Mengalami Palpitasi

Palpitasi adalah istilah medisnya bearti kondisi Jantung berdebar-debar. 

Hal wajar ketika kita berada pada kondisi "panik/gugup" bertemu dengan seseorang, biasanya menghadapi persentasi atau kondisi lainya yang menyebabkan Jantung kita berdegub tak seperti biasanya atau berdebar-debar. 

Tanda ini merupakan gejala penyakit jantung seringkali terjadi dan diabaikan tanpa adanya kecurigaan dengan permasalahan ini. Jika dibiarkan, maka akan meningkatkan resiko terserang stroke, gagal jantung dan penggumpalan darah di otot jantung.

4. Mengalami Gangguan Pencernaan

Indikator ketika penderita mengalami ganguan pencernaan biasanya dikaitkan dengan penyakit maag atau penyakit saluran pencernaan lainnya seperti diare. Namun, kondisi ini perlu dikuatirkan jika anda sering mengalami masalah gangguan pencernaan, maka patutlah diwaspadai karena ciri ciri penyakit jantung salah satunya sering mengalamigangguan pencernaan.

5. Pusing, Mual dan Pingsan

Ciri ciri penyakit jantung selanjutnya yang lebih spesifik yaitu sering merasakan pusing, mual dan pingsan. Dibandingkan dengan pria, wamita lebih mendominasi. Sebagian besar orang memahami gejala ini sering dikaitkan dengan penyakit kurang darah atau anemia. Padahal, kondisi ini sebagai petanda bahwa penyakit jantung sudah parah.

6. Keringat Dingin dan Gampang Berkeringat

Mengeluarkan keringat dingin terutama di waktu malam hari dan gampang berkeringat tanpa melakukan akitivitas berat atau terpapar udara panas, maka anda patut waspada karena kondisi ini sebagai petanda ciri ciri penyakit jantung di usia muda yang sudah parah.

Tak jarang, penderitanya akan merasakan nyeri di dada kemudian menjalar ke bahu, lengan hingga ke rahang tenggorokan.

7. Mendengkur

Mendengkur termasuk ke dalam gangguan tidur. Jika tubuh terlalu lelah merupakan sesuatu hal yang wajar. Namun, jika seseorang sering mengalami mendengkur dengan suara keras dan disertai tarikan nafas tidak teratur serta tersedak, maka kondisi ini diperkuat sebagai tanda awal penyakit jantung.

8. Pembengkakan di Kaki

Akibat fungsi jantung menurun, maka sirkulasi darah untuk kembali ke jantung mengalami gangguan. Sehingga, darah akan menumpuk di pembuluh darah terutama di organ terjauh dari jantung yaitu telapak kaki. Jika anda menderita penyakit diabetes, maka kondisi ini akan memperparah penyakit diabetes.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung. Diantaranya sebagai berikut : 
Hentikan merokok 
  1. Kontrol tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi makanan rendah garam dan minum obat penurun hipertensi alami 
  2. Jaga tingkat kolesterol dalam darah 
  3. Konsumsi sayur dan buah buahan mengandung tinggi antioksidan 
  4. Hindari konsumsi gula berlebihan 
  5. Lakukan olahraga secara teratur minimal 2 jam dalam seminggu 
  6. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak, mengandung kolesterol tinggi dan sebagainya 
  7. Jika sudah ditemukan salah satu atau diantara gejala di atas, segera konsultasi dengan dokter
  8. Hindari penyebab penyakit jantung sejak dini 
Mengingat bahaya penyakit Jantung yang begitu besar dapat mengancam kehidupan, alangkah baiknya sejak dini kita tidak menganggap remeh terhadap gejala penyakit Jantung yang dialami seperti pada pemaparan yang telah kami sampaikan di atas. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati, menerapkan pola hidup sehat seperti olah raga teratur, makan - makanan yang bergizi dan sebagainya adalah kunci untuk menghidari hal tersebut terjadi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya Pada Pria & Wanita

0 komentar: