Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


11 Ciri Ciri Amandel Bengkak Disertai 9 Penyebabnya

Apa itu amandel ?

Amandel adalah salah satu organ tubuh berbentuk kurang lebih seperti bulatan kelereng berisikan jaringan kelenjar getah bening terletak di sisi kanan dan kiri tenggorokan.

Dalam dunia medis, amandel juga dikenal dengan nama tonsilitis.

Jika anda membuka mulut dan menjulurkan lidah, maka amandel akan terlihat. Ukurannya memang kecil, namun fungsi amandel sebenarnya sangat membantu untuk menunjang kondisi kesehatan seseorang, bertugas untuk membasmi, mencegah, menghalangi dan menyaring bakteri, kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi, ataupun bakteri dan kuman berasal dari rongga mulut (karang gigi, gigi berlubang dan sebagainya) ataupun bakteri, kuman atau virus yang masuk ke tubuh melalui jalur pernafasan.

Karena letaknya dijalur pintu masuk sebelum makanan masuk ke dalam perut, maka amandel sangat rentang mengalami peradangan. Tingkat keparahannya pun dapat beragam, dimulai dari pembengkakan memerah, amandel berisi cairan putih hingga pecah.

Yang paling berbahaya adalah jika amandel pecah. Hal ini bisa saja terjadi jika pembengkakan dibiarkan saja tanpa adanya pengobatan. Apabila amandel pecah, maka bakteri, kuman ataupun virus yang ada di dalam organ tersebut akan menyebar melalui media jaringan kelenjar getah bening.

Bahkan dapat menginfeksi organ jantung.

Perhatikan gambar amandel bengkak dan sehat di bawah ini :

Gambar amandel bangkak
Gambar Amandel Sehat
Sebelum kondisi amandel memburuk, kita dapat mencegahnya dengan mengetahui gejala amandel pada anak dan orang dewasa berikut ini :

1. Hidung Tersumbat

Peradangan amandel biasanya akan disertai pilek dan hidung tersumbat. Kondisi ini dapat terjadi jika penyebab amandel berasal dari infeksi saluran pernafasan bagian atas akibat dari radikal bebas asap rokook dan kendaraan serta polutan debu.

2. Rasa Gatal di Tenggorokan

Pada umumnya, gatal ditenggorokan sebuah gejala awal amandel akan bengkak. Penderitanya juga sering merasakan haus karena tenggorokan kering. Untuk mencegah pembengkakan amandel, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dicampur 1sdm jeruk nipis setelah makan.

3. Bau Mulut

Peradangan juga dapat memicu pertumbuhan bakteri, kuman dan virus di dalam rongga mulut berkembang biak dengan pesat yang dapat menguraikan enzim air liur menjadi senyawa kimia penyebab bau mulut. Kondisi bau mulut akan diperparah jika kesehatan gigi dan mulut penderita sangat buruk.

4. Gangguan Saluran Pencernaan

Akibat dari infeksi kuman dan virus maka tonsilitis akan meradang menimbulkan bercak putih di selaput luar. Bercak ini mengandung kuman dan virus. Jika tertelan ketika makan dan minum, maka akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti sakit perut dan dapat meningkatkan asam lambung.

5. Munculnya Bercak Putih

Amandel sehat ditandai dengan warna merah muda. Namun, jika mulai meradang maka tonsilitis akan berubah menjadi merah tua dan terdapat bercak putih disekitarnya. Tak jarang ditemukan, bercak putih ini dapat menutupi seluruh permukaan amandel. Kondisi seperti ini sudah dikatakan parah.

6. Sakit Ketika Menelan

Kondisi ini dapat terjadi karena lapisan permukaan luar amandel mengalami luka akibat munculnya bercak putih berisi cairan nanah. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi makanan lunak seperti bubur.

7. Demam Tinggi

Karena amandel bagian dari kelenjar getah bening, ketika meradang maka dapat menggangu sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Sebagai bentuk pertahanan tubuh untuk membasmi virus, maka sistem imun kita akan menigkatkan suhu tubuh dan menimbulkan demam tinggi terutama di waktu malam hari.

8. Merasakan Lelah

Wajar saja tubuh akan merasakan lelah, hal ini dikarenakan nafsu makan menurun dan penyerapan nutrisi terganggu akibat infeksi virus.

9. Amandel Bengkak

Ciri ciri amandel pada mulanya ditandai dengan munculnya bercak putih, jika tidak ada upaya pengobatan dan sistem kekebalan tubuh melemah maka amandel akan membengkak dengan ukurannya dapat mencapai 3 hingga 4 kali lebih besar dari keadaan normal.

Bahkan, jika sudah parah dapat menutup dan berhimpit antara amandel sisi kiri dan kanan. Pada akhirnya, jika kondisi ini terjadi maka amandel akan pecah.

10. Sakit Kepala

Meningkatnya suhu tubuh dapat membuat syaraf di bagian kepala tegang. Tak hanya sakit kepala saja yang akan dirasakan, biasanya juga disertai dengan meriang, batuk, flu, mata memerah dan perut kembung.

11. Rewel

Salah satu gejala amandel pada anak di usia belia yaitu rewel atau sering menangis. Tanda lainnya juga dapat dikenali jika sianak tidak mau makan dan menyusui. Mengatasi masalah ini, ASI adalah obat paling mujarab untuk mencegah pembengkakan amandel semakin parah.

Penyebab Amandel Bengkak

Pembengkakan amandel disebabkan oleh apa ? Pada umumnya amandel bengkak karena infeksi virus dari jenis Coxsackie dan Epstein Barr atau bakteri berasal dari makanan atau minuman.

Namun, ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko amandel meradang. Diantaranya yaitu :
  1. Tubuh kekurangan vitamin C
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas
  3. Kurang minum air putih dengan aturan normal
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman berpengawet, mengandung prisa atau mengandung alhokol
  5. Seorang perookok
  6. Minum es mengandung bakteri dan kuman
  7. Kurangnya menjaga kebersihan makanan dan minuman
  8. Berpanas - panas di terik matahari
  9. Memiliki permasalahan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, bau mulut, karang gigi dan sebagainya
    Jika anda mengalami pembengkakan amandel, coba perhatikan beberapa penyebab di atas. Mungkin saja ada point atau beberapa point yang diabaikan dan segera mengkonsumsi obat amandel alami.

    Share on Facebook
    Share on Whatapps
    Share on Line
    Tags :

    Related : 11 Ciri Ciri Amandel Bengkak Disertai 9 Penyebabnya

    0 komentar: