Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah Tanpa Obat

Pada dasarnya, kolesterol adalah suatu zat sejenis lemak bernama lipid yang diproduksi oleh organ hati. Fungsi kolesterol yakni untuk membantu proses pembentukan hormon dan Vitamin D. Bahkan, kolesterol juga akan membantu proses penyerapan nutrisi makanan di dalam tubuh kita

Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam darah anda saat ini menunjukkan angka 220 mg/dl, maka berhati - hatilah.

Karena akibat kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko serangan penyakit stroke, jantung koroner, gangguan sirkulasi peredaran darah dan masalah kesehatan lainnya.


Untuk mencegah hal buruk tersebut, maka menurunkan kolesterol tinggi secara alami merupakan tindakan yang harus segera anda lakukan.

Bagaimana caranya ? ikuti petunjuk di bawah ini.

9 Cara Menurunkan Kolesterol

1. Lakukan Olahraga Rutin 

Olahraga sangat diperlukan bagi tubuh. Dengan olahraga secara rutin, maka sistem peredaran darah menjadi lebih lancar, jantung lebih sehat dan dapat meluruhkan kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh darah.

Tak perlu melakukan olahraga berat dan menghabiskan banyak waktu. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti lari ditempat menggunakan alat threadmill, jogging, renang, senam, bersepeda dan sebagainya. Cukup dilakukan minimal 20 menit 1 minggu 3 hingga 4 kali.

2. Konsumsi Air Jeruk Nipis

Jeruk mempunyai kandungan senyawa vitamin C, pectin dan pithosterol sangat tinggi. Ketiga senyawa ini memiliki peran untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda, melarutkan kolesterol jahat di dinding pembuluh darah, mencegah kerusakan sel dan khasiat lainnya.

Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis:
  1. Sediakan 2 buah jeruk nipis tua
  2. Sediakan 1 gelas air hangat
  3. Peras jeruk nipis ke dalam air hangat
  4. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata
  5. Minum ramuan herbal ini diwaktu pagi dan malam hari 1/2 jam setelah makan besar
  6. Gunakan hingga kadar kolesterol dalam darah turun

3. Hindari Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan yang dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dalam darah antara lain gorengan, jeroan, telur puyuh, junk food, makanan kemasan, mentega, kerang, telur, kepiting, mentega, dan makanan lainnya karena mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat mengendap di pembuluh darah.

4. Menurunkan Berat Badan

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol jahat melebihi batas normal. Hal ini dikarenakan adanya timbunan lemak di lapisan kulit sehingga menghambat sirkulasi peredaran darah. Kehilangan 5% hingga 10% berat badan dari sebelumnya, dapat menurunkan kolesterol.

Cobalah untuk mengubah gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat dan lakukan secara rutin olahraga seperti latihan cardio, berlari di threadmill dan lainnya untuk membakar kalori tubuh.

5. Hindari Stres dan Cukup Istirahat

Sebuah studi ilmiah dilakukan oleh PT. Wertlake menyimpulkan bahwa stres dapat memicu peningkatan kolesterol dalam darah hingga 10 %. Selain itu, stres berkepanjangan dapat menimbulkan ragam penyakit lainnya seperti gangguan sistem pencernaan, gangguan kesehatan jantung, insomnia dan sebagainya.

Sangat dianjurkan bagi anda untuk bersantai sejenak ketika sedang sibuk dalam menjalankan aktivitas sehari - hari. Pastikan, waktu tidur memenuhi 8 jam perhari agar tubuh tidak kelelahan. Pergi liburan patut anda coba.

6. Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

Diantara kebiasaan buruk seringkali dilakukan oleh penderita kolesterol antara lain:
  • Merokook
  • Tidur terlalu larut malam
  • Mengkonsumsi minuman beralkoohol
  • Tidur setelah makan besar
Jika anda sering melakukan beberapa hal tersebut, maka hentikan segera.

Misalnya saja kebiasaan merookok dapat berakibat pada rusaknya pembuluh darah dan mempercepat proses pembentukan plak kolesterol di dinding pembuluh darah hingga menimbulkan gangguan sistem peredaran darah dari dan ke jantung.

7. Minum Jus Jambu Merah

Mengkonsumsi jus jambu merah merupakan salah satu cara enak menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan jambu merah kaya akan senyawa likopen, fitonutrein, kalium, antioksidan, vitamin A, C, B3 dan B6 sangat berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 1 buah jambu merah dan cuci bersih
  2. Potong kecil, kemudian belender hingga halus dengan 1 gelas air
  3. Saring agar biji jambu tidak ikut dikonsumsi
  4. Minum jus jambu 1/2 jam setelah makan besar
  5. Konsumsi minuman ini setiap hari hingga kadar kolestero turun

8. Buah Mengkudu dan Madu

Senyawa kimia alami bernama scopoletin dan proxeronine memiliki peran aktif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah dalam semalam. Selain itu, kedua senyawa ini juga bersifat antkanker. Cara ini terbilang sangat ampuh dibandingkan dengan bahan alami lainnya. Karena khasiatnya dapat dirasakan dengan cepat.

Adapun cara menurunkan kolesterol dalam semalam sebagai berikut:
  1. Sediakan 1 buah mengkudu segar matang dan cuci bersih
  2. Potong menjadi beberapa bagian
  3. Rendam buah mengkudu ke dalam air hangat selama 10 menit
  4. Blender hingga halus dengan 1 gelas air
  5. Saring dan tempatkan ke dalam gelas
  6. Tambahkan 2 sendok makan madu murni dan aduk rata
  7. Minumlah 1/2 jam setelah makan di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur 

9. Berpuasa

Dikutip dari situs republika.co.id, menurut ahli gizi Fiastuti Witjaksono bahwa puasa dapat memberikan manfaat positif bagi sistem metabolisme tubuh. Dengan puasa, dapat membantu menurunkan kolesterol , kadar gula darah dan trigliserida.

Fakta lainnya berdasarkan hasil penelitian di Dubai Uni Emirat Arab tahun 2012 lalu, bahwa dengan berpuasa penderita kolesterol dapat menurunkan kadar triglyserida dan kolesterol jahat dalam darah sebanyak 15%.

Silahkan anda mengatur waktu jadwal puasa. Namun, hindari makanan tertentu seperti kerang, jeroan, keiting, makanan berlemak dan sebagainya ketika sahur dan berbuka.

Itulah 9 cara alami menurunkan kolesterol dalam 5 hari tanpa obat. Anda dapat memilih salah satu diantaranya atau mengkombinasi dari sekian banyak cara di atas. Untuk mengobati disarankan memilih cara No.1, 3, 4, 5, 6, 8 dan 9.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah Tanpa Obat

0 komentar: