Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas & Pecah Pecah

Bibir kering dan mengelupas disertai pecah - pecah dapat menimbulkan rasa kurang nyaman bagi penderitanya, seperti kesulitan untuk berbicara dan mengkonsumsi makanan karena terasa perih.

Selain itu, masalah kesehatan ini kerapkali menimbulkan rasa kurang percaya diri untuk tampil dihadapan orang banyak.

Ada beberapa faktor penyebab bibir kering, diantaranya :
  1. Tubuh kekurangan vitamin C
  2. Dehidrasi berlebihan
  3. Terkena paparan sinar matahari, polusi udara atau debu
  4. Akibat panas dalam
  5. Puasa
  6. Penggunaan lipstik secara berlebihan
  7. Kebiasaan buruk seperti merookok, mengkonsumsi alkoohol, menjilat bibir dan lainnya
  8. Penggunaan pasta gigi dengan kandungan banyakdetergen
  9. Bernafas dengan menggunakan mulut
  10. Penggunaan obat - obatan untuk mengatasi depresi, stress, jerawat dan sebagainya.
Bibir kering mengelupas
Bibir kering pecah pecah

10 Cara Mengatasi Bibir Kering

1. Konsumsi Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan berguna untuk menignkatkan daya tahan tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh dan melindungi kulit dari radikal bebas. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dapat mengobati bibir kering dan hitam.

2. Minum Air Mineral

Kekurangan cairan tubuh dapat menimbulkan ragam masalah kesehatan seperti panas dalam, gangguan pencernaan, kulit kering dan lainnya termasuk bibir kering. Sehingga, jangan biarkan diri anda mengalami dehidrasi. Jika merasa haus sebaiknya minum air putih, paling tidak ukurang untuk orang dewasa minum 8 hingga 10 gelas per hari.

3. Olesi Bibir Dengan Minyak zaitun

Cara menghilangkan bibir kering mengelupas terus menerus dengan minyak zaitun merupakan salah satu solusi terbaik untuk anda lakukan di rumah. Selain digunakan untuk memasak, khasiat minyak zaitun juga berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit berkat tingginya kandungan vitamin E.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan secara rutin setiap harinya.

4. Gunakan Madu

Madu memiliki kandungan air, senyawa antiseptik dan vitamin C berguna untuk melembabkan kulit, mengatasi luka dan mencegah peradangan. Akan tetapi, anda harus menggunakan madu murni.

Cara mengatasi bibir kering dengan madu yaitu dengan mengoleskan madu secara tipis ke bagian bibir hingga merata atau mengkonsumsi madu 2 sendok makan madu secara rutin.

5. Konsumsi Buah Tomat

Tomat juga dapat mengatasi masalah bibir kering dan mengelupas secara alami sebab tomat memiliki  kandungan vitamin C yang tak kalah banyaknya dengan jeruk. Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 1 buah tomat matang berwarna merah
  2. Pisahkan bijinya
  3. Blender halus bersamaan dengan 1/2 gelas air matang
  4. Tambahkan 2 sendok makan madu murni dan aduk hingga merata
  5. Minum 1/2 jam setelah makan besar di waktu pagi

6. Gunakan Irisan Mentimun

Mentimun sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga banyak mengandung vitamin C. Untuk mengatasi permasalahan ini cukup dengan mengoleskan irisan mentimun ke daerah bibir kemudian memakan irisan tersebut atau mengkonsumsi jus mentimun.

7. Minyak Kelapa

Dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir akan membantu menghilangkan bibir pecah pecah dan kering serta bibir terlihat hitam dikarenakan kandungan asam lemak dari kelapa. Lakukanlah secara rutin.

8. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk mengobati masalah kesehatan yang terjadi pada bibir. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memarutnya kemudian tambahkan sedikit air saja, peras dan ambil patinya. Patinya tadi dioleskan pada bibir atau ditempelkan minimal 10 menit.

9. Pelembab Bibir

Ketika suhu udara disekitar panas atau terlalu dingin, maka bibir menjadi mudah kering, mengelupas dan pecah - pecah. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menggunakan pelembab bibir. 

10. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sangat terkenal didunia kecantikan seperti untuk menghitamkan rambut, mengatasi masalah jerawat dan sebagainya. Cara menggunakannya pada bibir cukup oleskan daging lidah buaya pada bibir. Diamkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin hingga kondisi bibir pulih.

Itulah beberapa cara megatasi bibir kering dengan bahan alami. Untuk mempercepat proses penyembuhan, hindari penyababnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas & Pecah Pecah

0 komentar: