Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


11 Buah Untuk Menyembuhkan Penyakit Jantung

Buah - buahan termasuk ke dalam makanan yang baik bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan jantung. 

Akan tetapi tidak semua jenis buah - buahan baik bagi jantung kita.

Misalnya saja, durian, kelengkeng, sawo dan lainnya adalah beberapa jenis buah yang tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Terutama bagi penderita penyakit jantung karena mengandung kadar gula tinggi.

Selain itu jika anda hendak mengkonsumsi buah, pastikan tidak mengandung pestisida, tidak layu atau busuk dan tidak mengandung pengawet lilin. Tentunya harus dikonsumsi dalam keadaan segar agar serat, vitamin, antioksidan dan nutrisi penting pada buah tersebut dapat kita rasakan khasiatnya.


Dibawah ini ada beberapa jenis buah untuk menyembuhkan penyakit jantung, diantaranya sebagai berikut :

1. Anggur

Anggur dapat menjadi salah satu buah pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Buah ini banyak mengandung antioksidan berguna menangkal radikal bebas dalam darah. 

Selain itu senyawa fitokima pada anggur antara lain flavonoid dan resveratrol berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan sel-sel untuk melapisi pembuluh darah dan melebarkan pembuluh darah sehingga akan memperlancar aliran darah. 

Dengan begitu, jantung kita kinerjanya tidak akan terlalu berat dalam mendistribusikan, memfilter ulang darah keseluruh tubuh karena aliran darah menjadi lancar.

2. Alpukat

Berdasarkan informasi dari detik food bahwa llpukat memang memiliki lemak tinggi bernilai antara 71 - 88 % atau sekitar 20 kali lebih besar dari buah lain. 

Namun, lemak tersebut mengandung monounsaturated fatty acids atau lemak tak jenuh tunggal. 

Fakta menyebutkan, lemak monounsaturated di dalam makanan dapat menurunkan kadar triglyceride (kolesterol) atau lemak darah kolestrol jahat. Sehingga, alpukat direkomendasikan menjadi buah untuk penyakit jantung koroner.

Menurut Early Show co-anchor Harry Smith dan disetujui pula oleh CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, bahwa makan alpukat secara teratur dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL pada tubuh yang merupakan sumber lemak baik.

3. Stroberry

Rasanya asam manis menyegarkan. Biasanya dijadikan selai atau bahan pembuat kue. Perlu anda ketahui, ternyata buah ini sangat baik sebagai antioksidan atau penangkal racun dalam darah. 

Selain itu, zat antosianin dalam stroberry atau pigmen tumbuhan hanya terdapat pada stroberry dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi lebih elastis. Dengan begitu, kepingan darah akan mengalir lancar.

4. Tomat

Selain kaya akan vitamin A dan C kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi sebagai antioksidan merupakan zat aktif berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dalam darah. 

Bukan hanya itu lycopene dapat membantu membongkar plak yang menempel dan terdapat pada dinding pembuluh darah. Selain itu, kalium dan vitamin B membantu menurunkan tingkat kolesterol tinggi dalam darah. Anda dapat mengkonsumsi buah tomat segar dengan cara di jus atau sebagai bahan campuran masakan atau dikonsumsi langsung. Dilalap juga boleh dengan cocolan sambal.

5. Kiwi

Pembekuan darah pada otot-otot jantung akan berakibat fatal pada peredaran darah. Kiwi dapat dijadiakan sebagai jus buah sembuhkan penyakit jantung karena dapat mengurangi resiko pengentalan darah.

Senyawa aktif dalam buah kiwi dapat membantu mengencerkan darah. Perlu diketahui, akibat pengentalan darah ini dapat menimbulkan kondisi fisik tubuh tak bersemangat, sering mengantuk, pusing berkunang - kunang dan sebagainya. Bila ini berlanjut akan mempengaruhi kinerja otot jantung.

6. Delima

Kebutuhan akan kalium untuk jantung begitu penting. Sebagai sumber suplai makanan yang baik untuk jantung, buah delima sangat cocok dimakan. Kalium dan antioksidan dalam buah delima akan membantu mencegah oksidasi LDL yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah pada arteri.

7. Buah Naga

Terutama vitamin B3 pada buah naga akan membantu mengurangi kolesterol dalam darah. 

Selain itu masih banyak fungsi lain nya antara lain sebagai antioksidan berguna untuk menetralisir logam berat dalam darah, mengatasi tekanan darah, obat asma, batuk, menangkal radikal bebas dan lain nya. Cara mengkonsumsinya dapat anda jadikan jus, dibuat puding atau mengkonsumsinya secara lansung.

8. Apel

Senyawa aktif berupa flavonoid merupakan antioksidan alami untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, serat buah apel juga berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan kita.

9. Pisang

Vitamin B6, vitamin C, magnesium, potasium dan serat merupakan beberapa jenis vitamin dan mineral sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu mengkonsumsi buah pisang dapat menurunkan tingkat stress dan menormalkan tekanan darah tinggi. 

10. Jeruk Bali 

Dibandingkan dengan jeruk biasa pada umumnya, jeruk bali memiliki kandungan vitamin C, mineral potasium dan kalsium dan senyawa flavonoid paling tinggi berguna untuk membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah, penyeimbang cairan elektrolit dalam tubuh dan khasiat lainnya. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara langsung atau dibuat jus ditambah 1 sdm madu murni.

11. Buah Sukun

Salah satu jenis buah untuk penyakit jantung bengkak dan koroner serta jenis penyakit jantung lainnya adalah buah sukun. Tak banyak orang mengetahuinya bahwa sukun kaya akan senyawa flavonoid (antioksidan) dan sitosterol beruna untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Jika anda seorang penderita penyakit jantung dan ingin mengkonsumsinya maka tidak disarankan diolah dengan cara digoreng. Karena akan mengandung lemak trans. Anda dapat menyantapnya dengan cara dikukus.

Beberapa jenis buah untuk jantung di atas sangat direkomendasikan oleh ahli gizi.

Nah, itulah beberapa jenis buah untuk menyembuhkan penyakit jantung. Selain mengkonsumsi buah, imbangi pula hidup anda dengan menjalani diet secara teratur dan benar serta menghindari makanan yang dapat memicu jantung anda bekerja dengan ekstra.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 11 Buah Untuk Menyembuhkan Penyakit Jantung

0 komentar: