Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9+ Jenis Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

Untuk menurunkan darah tinggi tak selamanya harus mengkonsumsi obat - obatan dari rumah sakit dalam jangka panjang. Karena penggunaan dalam waktu tertentu dengan dosis tinggi, justeru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti ketergantungan, gangguan insomnia, kerusakan ginjal dan hati serta dampak buruk lainnya.

Masih ada cara lain untuk mengendalikan tekanan darah tinggi yaitu dengan mengkonsumsi buah penurun darah tinggi dan minum air rebusan dari tanaman paling ampuh mengatasi tekanan darah tinggi.

Turunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah - buahan ini.

Anda tak akan merasakan pahit atau mual seperti halnya mengkonsumsi obat - obatan. Dengan mengkonsumsinya merupakan salah satu cara enak menurunkan tekanan darah.

9 Buah Penurun Darah Tinggi

1. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan senyawa flavonoid, asam linoleat, prosianidin dan vitamin E sangat berguna untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah. Jika anda mengkonsumsi anggur, sebaiknya bersama dengan bijinya. Karena biji anggur memiliki kandungan senyawa polifenol lebih tinggi berguna untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Alpukat

Buah ini memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin A, B1, B3, B5, E serta beberapa senyawa fitokimia alami seperti flavonoid, alkaloid, saponin dan polifenol. Antioksidan tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengendalikan tekanan darah dan kolesterol.

Alpukat sangat cocok dijadikan sebagai buah penurun darah tinggi untuk ibu hamil. Karena memiliki manfaat ganda, untuk anda dan janin dalam rahim. Cukup dikonsumsi secara langsung atau dibuatkan jus alpukat. Pastikan tidak mengkonsumsinya bersama dengan gula.

3. Mentimun

Setiap 1 buah mentimum terdapat 90% kandungan air dan sebagian besar diantaranya mengandung mineral kalium. Mineral ini berfungsi untuk membantu mengeluarkan kadar garam dalam darah melalui urine, keringat dan fases.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 300 gram buah mentimun dan kupas kulitnya
  2. Buang bagian ujung di kedua belah sisi untuk menghindari rasa pahit
  3. Potong kecil dan blender halus dengan 1 gelas air dan 1 sdm gula pasir
  4. Minum jus mentimun setelah makan besar setiap hari 2 kali
  5. Jika darah tinggi normal, cukup dikonsumsi seminggu 1 hingga 2 kali saja

4. Tomat Merah

Jus penurun darah tinggi berikutnya dapat kita buat menggunakan buah tomat berwarna merah dalam kondisi segar. Berdasarkan penelitian, peran tomat dalam menurunkan darah tinggi karena adanya kandungan senyawa asam amino Gamma Amino Butyric (GABA).

Penyajiaannya cukuplah mudah yaitu dengan cara menambahkan tomat ke dalam masakan anda atau dibuat jus.

5. Belimbing Wuluh

Beberapa studi penelitian ilmiah membuktikan bahwa adanya pengaruh signifikan buah tomat sebagai buah obat darah tinggi. Senyawa dalam kandungan belimbing wuluh memiliki sifat antiandrenergik, deuretik dan vasodilator.

Bersifat antiandrenergik yaitu mampu menurunkan produksi, sekreasi dan aktivitas hormon adrenalin. Deuretik yaitu menekan jumlah air dalam plasma darah dan efek vasodilator yaitu melancarkan aliran peredaran darah ke semua organ tubuh.

Dengan begitu, jika kita mengkonsumsi belimbing wuluh dalam bentuk jus, di sayur atau secara utuh maka kita akan terhindari dari penumpukan garam di dalam darah dan aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 3 buah belimbing wuluh dan cuci bersih
  2. Potong tipis menjadi beberapa bagian
  3. Rebus bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih
  4. Jika telah menyisakan kira - kira 1 gelas air maka angkat dan diamkan hingga dingin
  5. Minum air rebusan ini 1/2 gelas setelah makan di waktu pagi dan malam hari

6. Buah Coklat

Salah satu penelitian ilmiah dilakukan oleh Norman Hollenberg seorang profesor kedokteran di Harvard University membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat dalam bentuk batangan ataupun bubuk dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks dan terbuka lebar. Sehingga aliran darah semakin lancar dan tekanan darah pun turun.

Aturan minum yaitu sebanyak 450 mg bubuk coklat per hari dikonsumsi 2 kali. Akan tetapi jika anda mengkonsumsi coklat, pastikan tidak mengandung tinggi natrium. Sebaiknya, gunakan bubuk coklat alami bukan dalam kamasan sachet.

7. Mengkudu

Cara jitu menurunkan darah tinggi selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu. Bau dan rasanya mungkin akan membuat semua orang enek. Akan tetapi khasiat buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi tak perlu diragukan lagi.

Sebuah studi ujipraklinis dilakukan oleh Departemen Farmasi Universitas Indonesia bahwa buah mengkudu mengandung senyawa scopoletin berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 2 buah mengkudu matang dan cuci bersih
  2. Potong kecil menjadi beberapa bagian
  3. Rendam dengan air panas selama 5 menit
  4. Tiriskan dan tunggu dingin
  5. Blender halus buah mengkudu dengan 1 gelas air
  6. Saring dan tempatkan di dalam gelas
  7. Tambahkan 2 sendok makan madu murni dan aduk rata
  8. Minum jus buah mengkudu ini setelah makan besar di waktu pagi
Konsumsi minuman ini setiap harinya cukup 1 kali saja secara rutin selama 1 minggu. Upaya pencegahan cukup dikonsumsi 1 minggu 2 hingga 3 kali. Jika anda tidak menyukai jus mengkudu, anda dapat merasakan khasiatnya dalam bentuk kapsul mengkudu.

8. Blewah

Buah ini masih satu jenis dengan melon. Blewah termasuk ke dalam buah penawar darah tinggi paling mujarab karena tingginya kandungan potasium. Mineral ini berguna untuk mengendalikan tekanan darah dengan cara mengurangi pembentukan plak pada pembuluh darah. Penggunaannya sebagai obat cukup dikonsumsi langsung atau dibuatkan jus blewah tanpa gula.

9. Kiwi

Bentuknya kecil menyerupai sawo, akan tetapi 1 buah kiwi tinggi akan kandungan magnesium sebesar 2%, kalsium 7 % dan kalium sebesar 9 %. Beberapa mineral ini sangat diperlukan untuk tubuh guna mengendalikan tekanan darah. Cukup dengan mengkonsumsi buah kiwi 3 buah perhari, maka tekanan darah anda akan kembali normal.

Selain itu, beberapa jenis buah penurun darah tinggi lainnya yaitu jambu biji, jambu bol, kedondong, nangka masak, jeruk, mangga, apel, semangka, strawberry, pisang, pepaya dan markisa.

Imbangi hidup anda dengan aktivitas olahraga secara rutin dan tidak melakukan kebiasaan buruk seperti merookok serta konsumsi minuman herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9+ Jenis Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat

0 komentar: