Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Apa Itu Kolesterol ? Sebagian Besar Orang Salah Kaprah

Seringkali banyak orang membicarakan kolesterol.

Namun, sebagian besar orang memahami bahwa kolesterol adalah penyakit berbahaya yang dapat memicu resiko serangan jantung, stroke, batu empedu dan sebagainya.

Padahal, kolesterol sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga agar sistem metabolisme tubuh berjalan normal dan menjadi salah kompenon pembentuk dinding sel - sel di dalam tubuh kita serta fungsi lainnya.

Lantas, kenapa kolesterol selalu dikaitakan dengan penyakit ? 

Ketahui penjelasannya di artikel ini.

Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kolesterol !

Kolesterol adalah substansi penting di dalam tubuh kita bentuknya seperti lilin cair bewarna putih yang merupakan salah satu bagian dari komponen lemak tubuh. Diantara fungsi kolesterol yaitu :
  1. Molekul pembentuk dinding sel - sel di dalam tubuh
  2. Ikut serta membantu memproduksi cairan empedu
  3. Bahan baku untuk membentuk vitamin D di dalam tubuh
  4. Membantu membentuk hormon - hormon sepert hormon esterogen, testoteron dan lainnya
Melihat begitu pentingnya fungsi kolesterol bagi tubuh, maka dapat disimpulkan bahwa tanpa adanya kolesterol maka sistem metabolisme di dalam tubuh kita tidak akan berjalan dan manusia tidak akan hidup.

Darimanakah Kolesterol Berasal ?

Melalui sebuah penelitian oleh sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa kolesterol sebagian besar sekita 70 hinga 80 persen di hasilkan oleh organ hati dan sisanya sekitar 20 hingga 30 % sisanya berasal dari luar tubuh.

Cukup dengan 1/5 bagian dari kue tart dengan kadar gula dan kolesterol tinggi sudah cukup memenuhi kebutuhan kolesterol di dalam tubuh kita. 

Perlu anda ketahui bahwa tubuh kita memiliki fitur yang sangat canggih seperti pengatur suhu otomatis. Jika tubuh kekurangan kolesterol, maka secara otomatis tubuh kita akan memproduksi kolesterol sebanyak yang diperlukan oleh tubuh. 

Akan tetapi, jika jumlah kadar kolesterol dalam darah melebihi yang diperlukan oleh tubuh maka kondisi tersebut dapat memicu hiperkolesterolemia.

Kelebihan kolesterol ini ditenggarai oleh faktor dari luar tubuh, seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak, jeroan dan sejenisnya, gaya hidup buruk seperti merookok dan aktivitas merugikan bagi tubuh.

Sehari dua hari jika kadar kolesterol melebihi batas normal tak akan jadi masalah. Karena tubuh akan menetralkan melalui proses pembakaran lemak tubuh seiring dengan aktivitas keseharian.

Namun, jika dibiarkan dalam jangka waktu hitungan bulan dan tahun, maka kolesterol akan menjadi sebuah penyakit yang dapat memicu ragam komplikasi penyakit mematikan seperti stroke, batu empedu, jantung, gangguan sistem pencenaan dan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, kolesterol yang melekat seperti lilin diding embuluh darah yang menumbuk. Lambat laun akan menjadi penghambat sirkulasi peredaran darah.

Sebagai ilustrasi anda dapat melihat gambar kolesterol di atas.

Semoga dengan penjelasan singkat ini, sekarang anda telah mengetahui apa itu kolesterol.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Apa Itu Kolesterol ? Sebagian Besar Orang Salah Kaprah

0 komentar: