Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


8 Ciri Ciri Gejala Tipes dan Pengobatannya

Tipes termasuk dalam katagori penyakit berbahaya karena dapat menyerang anak - anak maupun orang dewasa tanpa menunjukkan gejala spesifik. Pada mulanya, gejala tipes tidak menimbulkan dampak serius bagi kesehatan hanya berupa gejala ringan seperti :
  • Tubuh terasa kurang nyaman dan tidak bertenaga
  • Menurunnya nafsu makan
  • Kelelahan fisik tanpa melakukan aktivitas berat
  • Demam
  • Mulas dan sakit perut disertai diare ringan 
Namun, jika tidak ditangangi dengan tepat dalam waktu 3 hingga 4 hari setelah gejala awal muncul, maka penyakit tipes dapat menimbulkan pendarahan pada usus dan berakibat terjadinya komplikasi serius di berbagai organ tubuh seperti radang paru - paru dan infeksi selaput otak.

Tipes di Sebabkan Oleh Apa ?

Diketahui bahwa penyebab tipes atau typus adalah karena infeksi bakteri salmonella typhi.

Seseorang dapat terinfeksi bakteri salmonella seringkali disebabkan oleh faktor lingkungan kotor, kumuh dan lembab serta berasal dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi melalui pengolahan kurang bersih.

Demam salah satu gejala tipes patut diwaspadai. Ketahui tindakan pertolongan pertamanya.

Karena bakteri tersebut masuk dalam jumlah banyak, sebagian dari bakteri tersebut akan mati dikarenakan asam lambung. Beberapa diantaranya masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid untuk berkembang biak dengan cara membelah diri dengan jumlah banyak.

Selanjutnya bakteri akan masuk melalui aliran darah (proses berlangsung selama 24-72 jam) dan menembus sel-sel retikuloendotelial. Pada tahap ini bakteri akan mempersiapkan diri dan berdiam dalam beberapa hari. Kemudian, bakteri tersebut akan melepaskan senyawa kimia dalam darah dan menyebar di organ limpa, usus halus dan kandung empedu.

Gejala Tipes dan Pengobatannya

Untuk mencegah hal buruk itu terjadi, kita dapat memperhatikan beberapa gejala tipes seperti berikut ini :

1. Demam Tinggi

Biasanya demam tinggi akan muncul 3 hingga 4 hari setelah gejala awal. Perlahan - lahan suhu tubuh akan mengalami peningkatan terutama menjelang malam hari hingga mencapai 40 derajat celcius. Terkadang gejala demam dapat disertai dengan rasa mual dan sakit kepala.

Demam terjadi dikarenakan perkembangbiakan bakteri sangat cepat. Sehingga memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan sel pirogen. Ketika sel ini dilepaskan, maka suhu tubuh akan mengalami kenaikan dengan maksud mematikan bakteri.

2. Kelelahan Fisik

Walaupun tidak melakukan aktivitas berat, tubuh akan mengalami kelelahan seperti otot- otot tubuh terasa pegal dan terasa lemas tak bertenaga. Gejala ini akan diperparah ketika menjelang malam hari hingga membuat penderita tipes mengalami gangguan tidur.

3. Tidak Nafsu Makan

Nafsu makan menurun dapat disebabkan oleh mual dan lidah terasa pahit serta terdapat bintik bewarna putih di lidah dan tenggorokan. Bahkan, penderita tipes akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan jika keadaannya sudah parah dan mengalami tremor yaitu lidah akan bergetar dengan sendirinya. 

4. Gangguan Sistem Pencernaan

Peningkatan infeksi bakteri salmonella dalam lambung dan usus 12 jari dapat menimbulkan perut kembung, begah, diare dan sembelit. Diare dapat terjadi dengan durasi begitu singkat dikarenakan infeksi bakteri salmonella menghamba penyerapan cairan di dalam usus.

5. Denyut Nadi Melemah

Akbat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan disebabkan nafsu makan menurun dan pelepasan senyawa kimia bakteri salmonella mengikuti aliran darah, maka akan mengakibatkan sistem kerja jantung menurun.

6. Gangguan Kesadaran

Diare dengan intensitas tinggi disertai demam akan memicu tubuh mengalami lelah, letih dan lesu. Bahkan ketika malam hari penderita tipes akan mengigau hingga hilang kesadaran.

7. Mual dan Muntah

Penderita typus akan merasakan pahit dilidah sehingga bawaannya selalu ingin makan makanan asin dan dingin. Karena infeksi bakteri salmonella pada usus dan organ hati maka akan menimbulkan rasa mual disertai muntah - muntah. Seketika itu, makanan yang dikonsumsi akan dikeluarkan kembali dalam keadaan utuh.

8. Adanya Bercak Merah di Kulit

Bintik merah pada penderita tipes ini petanda bahwa adanya penyumbatan berupa gelembung udara pada pembuluh darah. Biasanya, bercak merah akan muncul pada hari ke 5 setelah gejala awal.

Kapan Penderita Tipes Dikatakan Gawat ?
Yaitu ketika penderita telah merasakan sakit perut, diare parah, mual dan muntah - muntah serta timbulnya bercak merah pada kulit.

Pengobatan Tipes

Untuk mengobati tipes dengan segera ada baiknya dibawakan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Pertolongan pertama penderita tipes dapat diberikan obat penurun panas. Pemberikan obat tersebut sesuaikan dengan usia, apakah masih anak - anak atau orang dewasa. Selanjutnya berikan, jus jambu merah untuk membantu pemulihan dan makanan bergizi.

Pada umumnya jika kondisi typus belum terlalu parah dan tidak memerlukan rawat inap dirumah sakit, dokter akan memberikan obat paracetaml untuk menurunkan panas dan tetracyclin dengan dosis 250gr. Obat - obatan pendukung lainnya dapat berupa antibiotik jenis Thiamphenikol, Ciploroxacin, Chloramphenikol dan antibiotik lainnya.

Sedangkan, cara mengobati tipes secara alami sebagai berikut :
  1. Sediakan 15 gram daun samiloto basah, 30 gram temulawak dan 20 gram kunyit
  2. Cuci semua bahan hingga bersih
  3. Iris tipis - tipis semua bahan
  4. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan menyusut
  5. Tunggu hingga dingin
  6. Minum 1/2 gelas air rebusan ini di waktu pagi dan 1/2 di waktu malam hari
  7. Minum ramuan ini setiap harinya hingga tipes sembuh
Selain itu berikan makanan berupa buah dan sayuran dengan kandungan gizi tinggi. Selama masa sakit sebaiknya berikan bubur atau makanan lunak. Hindari mengkonsumsi makanan katagori berat seperti makanan pedas, berminyak dan sebagainya. Pastikan makanan yang hendak dikonsumsi diolah dengan benar dan terjaga kebersihannya.

Mencegah Tipes

Agar tipes tidak kembali kambuh dan terinfeksi untuk kedua kalinya, berikut ini cara mencegah tipes :
  1. Cuci tangan sebelum makan
  2. Hindari mengkonsumsi makanan basi, kotor dan tidak melalui proses pencucian secara benar
  3. Perhatikan makanan yang hendak diknsumsi apakah dihinggapi lalat, jika ia sebaiknya tidak dimakan
  4. Perhatikan pula lingkungan sekita jika anda membeli makanan di warung makan
  5. Hindari minum dari air isi ulang, sebaiknya merebus air sendiri
  6. Jaga lingkungan sekitar tetap bersih
Demikianlah informasi tentang gejala tipes ini kami sampaikan kepada anda. Jangan lupa untuk berlangganan artikel situs ini dengan cara memasukkan email pada kotak langganan artikel.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Ciri Ciri Gejala Tipes dan Pengobatannya

0 komentar: