Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Waspada ! 8 Perawatan Kecantikan Berikut Ini Sangat Berbahaya

Anda mungkin tidak akan menyadari bahwa beberapa kebiasaan perawatan kecantikan yang sering anda lakukan ternyata berbahaya bagi kesehatan. Misalnya seberapa seringkah anda mencuci kuas make up anda ? atau tahukan anda bahwa cat rambut dapat mengakibatkan kematian ?

Untuk itulah kami membahas hal ini. Jangan sampai keinginan menjaga kecantikan dan penampilan, juesteru malah membahayakan kesehatan sendiri. Nah, simak informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Tidak Pernah Mencuci Kuas Make Up

Tahukah anda bahwa kuas make up yang anda pakai sehar - hari dapat tercemar oleh sel - sel kulit mati, minyak atau bahkan bakteri dan kuman - kuman berbahaya ?

Kuas make up yang tidak pernah dicuci sangat rawan menimbulkan infeksi kulit, karena terdapat kuman dan bakteri. 

Apakah anda sering melakukan perawatan kecantikan. Waspada ya, kebiasaan seperti ini justeru berbahaya.

Oleh karena itu, perhatikanlah kebersihan alat - alat kecantikan anda, terutama kuas make up. Pastikan membersihkannya dapat menggunakan sampo bayi, air hangat atau sedikit sabun.

2. Meminjam Lipstik dan Make up Teman

Pada zamam sekarang ini, anda mungkin lupa membawa lipstik atau make up karena faktor kesibukan, sehingga pada akhirnya harus meminjam lipstik atau makeup teman anda karena benar -benar membutuhkannya, mungkin untuk meeting atau menemui klien penting

Pernahkah anda melakukannya ?

Sadarkah anda akan potensi bahaya bagi kesehatan anda ?

Diketahui, bibir, mulut dan tenggorokan merupakan sarang kuman.

Anda mungkin tidak sadar saat meminjam ternyata banyak kuman dan bibit - bibit penyakit dapat menular kepada anda. Mungkin anda tidak pernah merasa hal ini berbahaya, tapi sekali lagi hal ini sangat berbahaya. Begitu sebaliknya, ada baiknya anda tidak meminjamkan peralatan make up dan lipstik kepada teman anda.

3. Penggunaan Kikir Kuku atau Gunting Bersamaan

Meminjam gunting atau kikir kuku juga merupakan kebiasaan perawatan kecantikan yang buruk bagi kesehatan anda. Dengan alasan ingin menjaga keindahan dan kecantikan kuku, namun pada akhirnya meminjam gunting dan kikir kuku.

Anda mungkin tidak tahu bahwa di gunting dan kikir kuku anda terdapat kuman atau virus berbahaya. 

Bahkan setitik darah pun mampu menjadi media penularan penyakit.

Mungkin ketika anda menggunakannya anda tidak sengaja memasukkan kuman atau virus pada di gunting kuku dan menyebabkan anda tertular. Apalagi, teman anda menderita penyakit menular seperti hepatitis B, hal ini patut di waspadai.

4. Menggunakan Kosmetik Kadaluarsa

Mungkin beberapa kosmetik favorit anda tidak lagi diproduksi, akhirnya anda memutuskan menyimpan dan menggunakannya tanpa mengecek tanggal kadaluarsa dari kosmetik - kosmetik anda. Hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan anda, sebagaimana makanan, kosmetik juga mempunyai tanggal kadaluarsa. 

Menggunakan kosmetik kadaluarsa sangat berbahaya, karena zat - zat terkadung dalam kosmetik itu dapat rusak setelah beberapa waktu.

Sebagai contoh, pelembab mungkin hanya dapat bertahan beberapa bulan karena mengandung senyawa asam lemak yang tidak bisa bertahan lama.

Selalu cek tanggal kadaluarsa kosmetik anda sebelum anda gunakan, atau ketika anda membelinya. Jangan sampai niat anda ingin menjaga kecantikan malah dapat merusak kulit anda. Selain itu juga perhatikanlah penyimpanan kosmetik anda, simpanlah kosmetik - kosmetik anda sesuai aturan pada dikemasannya.

5. Menggunakan Eyeliner

Tahukah anda bahwa menggunakan eyeliner dapat mengakibatkan kebutaan ?

Menggunakan eyeliner di garis bulu mata berpotensi menimbulkan iritasi kulit hingga kebutaan Dokter mengatakan jika menggunakan eyeliner di garis bulu mata dapat menyumbat pori - pori minyak yang dapat mempengaruhi produksi air mata. 

Hal ini dapat mengakibatkan penyakit sindrom mata kering. Jika sindrom ini terus dibiarkan tanpa mendapat penanganan serius akan mengakibatkan radang dan akhirnya kebutaan.

6. Spa Ikan

Seperti yang anda ketahui, spa ikan sedang ngetren akhir - akhir ini, membiarkan ikan ikan memakan sel - sel kulit mati dan membuat kulit anda menjadi bersih. Cara ini juga berisiko menularkan penyakit kepada anda, meskipun hal ini kemungkinan kecil.

Namun kemungkinan ini menjadi jauh lebih besar ketika anda memiliki luka di kaki atau baru saja mencukur.

Jadi pastikan anda memeriksa kondisi kesehatan anda dan memastikan kaki anda benar benar bersih. Demikian juga pastikan bahwa bak kaki telah dibersihkan.

7. Pijat Refleksi

Pernahkah anda mengalami pijat refleksi namun terasa begitu menyakitkan ?

Hati - hati jika anda mengalaminya, pijat yang terlalu menyakitkan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius dikemudian hari, seperti tendon putus dan tegang otot parah.

Hal ini menjadi lebih berbahaya jika anda memiliki penyakit - penyakit berhubungan dengan otot dan tulang seperti osteoporosis

8. Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut memang menjadi hal sangat penting dalam kecantikan, namun apakah anda telah melakukan prosedur secara benar sebelum melakukan pengecatan ?

Banyak orang yang mengabaikan tes kecocokan cat rambut dengan dirinya. 

Padahal tes ini penting untuk melihat apakah cat yang anda gunakan tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Beberapa pewarna rambut terkadang mengandung senyawa kimia berbahaya, seperti PPD. Jangan menganggap enteng tes cat rambut karena hal ini bisa berakibat fatal, sudah ada orang yang pingsan dan meninggal karenan ketidak cocokan dengan pewarna rambut.

Lebih baik anda menggunakan pewarna rambut yang luntur setelah beberapa minggu daripada anda mengalami kejadian fatal tersebut, dan jangan lupa selalu melakukan tes sebelum mengecat rambut anda karena meskipun anda sudah pernah mengecat sebelumnya bukan tidak mungkin anda menderita alergi dan iritasi kemudian.

Itulah perawatan - perawatan kecantikan mungkin dianggap biasa bagi anda. Namun, jika sering dilakukan maka akan berpotensi membahayakan kondisi kesehatan anda dikemudian hari. Jangan pernah untuk mengabaikannya. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Waspada ! 8 Perawatan Kecantikan Berikut Ini Sangat Berbahaya

0 komentar: