Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


20 Tips Rahasia Agar Selama Puasa Tubuh Tetap Fit Tidak Lemas

Menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam adalah wajib hukumnya. Selama berpuasa aktivitas tubuh seorang muslim akan menahan rasa lapar dan dahaga. Karena perubahan sistem metabolsme tubuh dari awalnya tidak berpuasa menjadi berpuasa selama satu bulan penuh, maka seorang yang menjalani ibadah puasa harus selalu menjaga kondisi kesehatan agar tetap fit. 

Jika melalaikan kesehatan selama berpuasa, bisa-bisa malah jatuh sakit disaat hari raya tiba. Banyak orang kurang sehat setelah puasa karena mereka menjalani pola hidup kurang baik. 

Padahal, jika dilakukan dengan benar, puasa Ramadhan justru akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai sarana terapi untuk mengobati penyakit kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sebagainya.

Cara menjaga kesehatan selama puasa di bulan ramadhan menjadi penting untuk diketahui agar kegiatan sehari-hari bisa berjalan normal seperti biasa. Poin pentingnya untuk menjaga tubuh tetap bugar selama bulan puasa yaitu dengan menerapkan pola makan yang baik ketika sahur maupun di waktu berbuka. 

Bagaimana melakukannya ? Anda dapat mengikuti beberapa tips sehat selama Bulan Puasa Ramadhan berikut ini :

Bagaimana melakukannya ? Anda dapat mengikuti beberapa tips sehat selama Bulan Puasa Ramadhan berikut ini :

1. Memperhatikan Menu sahur dan Berbuka 

Sangat penting untuk memilih menu makanan sehat diwaktu sahur dan buka puasa. Buatlah daftar menu untuk mempermudah ketika akan menentukan apa yang akan dikonsumsi saat buka puasa maupun makan sahur. 

Pastinya, anda harus menempatkan jenis - jenis makanan bergizi tinggi pada menu makanan saat puasa. Jangan pernah mengonsumsi junkfood baik ketika berbuka maupun sahur. Anda juga tak boleh terlalu banyak minum es ketika berbuka. 

Meskipun minuman dingin sangat nikmat untuk disantap ketika berbuka, namun es dapat membuat sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat. Karena itu banyak orang merasa pusing setelah minum es, terlebih jika perut kosong dalam keadaan kosong selama seharian.

2. Pastikan Cukup Minum Air Putih

Salah satu tips agar puasa tetap fit adalah dengan memperhatikan asupan air putih yang masuk ke tubuh. Karena ketika berpuasa, tubuh akan mengalami banyak kehilangan cairan dan akan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, selama waktu berbuka hingga sahur anda harus banyak minum air putih agar kebutuhan cairan bisa tergantikan. 

Hindari mengkonsumsi minuman energi, lebih baik minum air kelapa murni untuk mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga sangat baik diminum saat berbuka.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Selama puasa Anda juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin. Vitamin yang baik bagi tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi buah dan sayur saat buka maupun sahur. Makan buah dan sayur akan memberikan banyak energi selama berpuassa. 

Anda juga tidak diperbolehkan tidur setelah makan sahurkarena akan memperlambat metabolisme. Selain itu, hindari juga minum soda dan kopi terlalu banyak karena bisa memperburuk kesehatan.

4. Cukup Istirahat dan Waktu Tidur

Selama bulan Ramadhan mungkin anda akan mengalami kurang tidur. Sebab banyak aktifitas dilakukan pada waktu malam hari, seperti halnya harus bangun untuk makan sahur. Tetapi, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur yang berkualitas. 

Karena itu aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin. Jika sempat, usahakan untuk tidur pada siang hari selama 1 hingga 2 jam agar tubuh lebih segar. Jika tidak memiliki waktu cukup tidur, ada baiknya tidak melakukan aktivitas terlalu berat menguras tenaga dan cukup waktu beristirahat.

5. Tetap berolahraga

Di bulaan Ramadhan ketika menjalani puasa kita juga tetap harus menjalani olahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus akan membuat tubuh bugar selama berpuasa. Olahraga bisa memperlancar peredaran darah, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme. 

Dengan menjalani olahraga saat puasa, maka tubuh akan tetap sehat dan bugar. Namun, pilihlah olahraga yang tidak menguras tenaga ekstra. Jalan santai atau yoga selama 15 hingga 20 menit dapat anda lakukan.

Selain itu, beberapa hal berikut ini juga dapat anda lakukan. Agar puasa selama 1 bulan penuh dapat berjalan dengan baik. Diantaranya sebagai berikut :

Tips Ketika Makan Sahur dan Selama Berpuasa

Agar puasa anda tetap fit dan tidak lemas diwaktu siang hari, ada beberapa tips yang akan kami berikan untuk anda. Diantaranya :
  1. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah, sayuran dan protein. Ada baiknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi daripada harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi tidak memiliki kandungan gizi
  2. Hindari makan dan minum terlalu manis ketika sahur. Karena keduanya justeru akan membuat tubuh anda lemas di siang hari. Hindari pula minum kopi, minuman bersoda atau sejenisnya
  3. Ada baiknya menyantap sahur 30 hingga 40 menit menjelang imsak. Hal ini untuk menghindari rasa lapar terlalu cepat jika anda sahur diwaktu kurang tepat
  4. Minumlah air putih dengan cukup atau segelas susu untuk memenuhi kecukupan nutrisi bagi tubuh anda di siang hari
  5. Jika perlu konsumsi multivitamin tertentu atas petunjuk dan saran dari dokter
Selanjutnya disaat puasa sedang berlangsung, sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut :
  • Menghindari terlalu lama terpapar oleh sengatan matahari terik atau tidak berada dilingkungan dengan cuaca panas
  • Mengurangi aktivitas fisik di waktu siang hari
  • Tidur menjelang siang hari antara jam 12.20 hingga jam 14.00 selama 1 hingga 2 jam dapat anda lakukan
  • Mandi di siang hari juga dapat anda lakukan jika suhu udara terlalu panas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi tingkat dehidrasi berlebihan

Tips Berbuka Puasa

Setelah menjalani ibadah puasa di siang hari menahan rasa lapar dan dahaga, aktivitas berbuka puasa pun harus anda perhatikan. Terutama makanan dan minuman yang hendak anda konsumsi. Kami memiliki beberapa tips untuk menunjang puasa anda dapat berjalan dengan baik diesok harinya. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Hindari minuman dan makan manis ketika berbuka puasa. Memang benar anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis, tapi bukan berasal dari makanan atau minuman kemasan yang notabene mengandung pemanis sintesis. Mengkonsumsi buah seperti kurma, pepaya, semangka, melon, jus buah dan lainnya merupakan solusi terbaik ketika berbuka puasa
  2. Minumlah cukup air ketika berbuka puasa, namun jangan terlalu banyak karena dapat menimbulkan perut kembung dan anda akan merasakan kenyang dan mudah masuk angin
  3. Sebelum ibadah shalat magrib, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dengan jumlah porsi besar. Setelah magrib atau terawih barulah dapat dilajutkan dengan makanan dan minuman dengan porsi secukupnya tidak berlebihan
  4. Hindari makanan terlalu pedas atau makanan bersantan kental di waktu berbuka puasa karena dapat menimbulkan gangguan sistem percernaan seperti sakit perut dan sebagainya.
  5. Pastikan hidangan menu berbuka puasa kaya akan kandungan serat, protein, karbohidrat kompleks dan vitamin
  6. Untuk menjaga kebutuhan air dalam tubuh, mengkonsumsi 2 hingga 4 gelas air menjelang tidur sangat dianjurkan
Semoga cara menjaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadhan ini dapat bermanfaat untuk anda. Dengan menjalani puasa sehat, maka ibadah yang kita jalani juga akan terasa menyenangkan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 20 Tips Rahasia Agar Selama Puasa Tubuh Tetap Fit Tidak Lemas

0 komentar: