Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


Tips Memilih Pelembab Untuk Beragam Jenis Kulit

Penting sekali untuk menjaga kelembaban kulit, apalagi bagi seorang wanita. Salah satu cara untuk melembabkan kulit secara alami yaitu dengan mencegah tubuh kita agar tidak kekurangan banyak air. Minum dalam jumlah cukup merupakan tindakan yang tepat.

Namun, dirasa tak cukup jika saran tersebut dijadikan sebagai solusi utama. Karena, setiap kulit pada masing - masing orang memiliki karasteristik yang berbeda. Ada type kulit kering, berminyak, sensitif dan sebagainya. Selain itu jenis kulit juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, tempat tinggal seseorang dan lainnya. Maka dari itu, diperlukan solusi yang tepat untuk menjaga kelembaban kulit.

Diantara solusi terbaik agar kulit tetap lembab yaitu menggunakan produk pelembab kulit atau lebih dikenal dengan nama moisturizer cream. Namun, pastikan produk tersebut terbuat dari bahan herbal alami dan terdaftar sebagai produk legal di pemerintahan setempat. Jika tidak, maka kesehatan kulit kita dapat menjadi taruhannya dan akan menimbulkan masalah lainnya seperti iritasi kulit, infeksi jaringan kulit, gatal - gatal dan sebagainya.

Nah, selanjutnya bagaimana memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kita?

Nah, selanjutnya bagaimana memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kita? Kami memiliki saran terbaik untuk anda dalam hal pemilihan produk pelembab kulit. Selengkapnya dapat anda baca di bawah ini :

Memilih Tiga Jenis Pelembab

Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli, di sarankan agar mengenali dulu karakteristik masing-masing pelembab itu agar benar-benar cocok buat kulit. Ada beberapa katagori pelembab yang dijual di pasaran pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Body Mist

Keharuman dan kemasan body mist mirip dengan body spray yang biasanya digunakan untuk mengharumkan tubuh.nBody mist memiliki kandungan minyak dalam jumlah tertentu, berfungsi sebagai pengikat air dalam kulit, sehingga kuit tidak mengalami dehidrasi sekaligus meremajakannya. Pelembab jenis ini cocok untuk kulit normal yang tidak mengalami masalah, seperti pecah-pecah atau kering.

2. Body Lotion

Kadar kelembaban dari body lotion satu tingkat lebih tinggi dibanding body mist. Sehingga pelembab jenis ini sangat baik untuk mereka dengan type kulit normal cenderung kering, tidak terlalu bermasalah dan tidak terlalu sering terkena panas atau AC.

Penggunaan body lotion terbaik adalah setelah mandi. Dapat digunakan pada seluruh tubuh dan ulangi penggunaannya bila kulit terasa kering. Karena bentuknya ringan dan tidak meninggalkan bekas, body lotion bisa digunakan di pagi hari tanpa perlu khawatir bisa menempel di pakaian. Pilihlah lotion jika hidup di iklim yang lembab atau ketika cuaca mulai panas.

3. Body Butter

Body butter memiliki kadar kelembaban paling tinggi. Tingginya kadar lemak pada body butter  membuat bentuknya menjadi seperti mentega atau butter, yaitu berupa krim kental.Pelembab jenis ini sangat baik untuk kulit dengan kondisi sangat kering, pecah-pecah dan kasar, terutama di area siku, lutut, tumit, dan kaki.

Ibu hamil juga sangat disarankan untuk memakai body butter secara teratur. Khususnya di area perut, pinggang, dan paha sejak usia kandungan berusia tiga bulan. Itu penting untuk mencegah timbulnya stretchmarks yang terjadi akibat teregangnya kulit. Untuk mendapatkan hasil secara maksimal, sebaiknya pelembab jenis ini digunakan sesaat setelah selesai mandi.

Pemilihan Pelembab Kulit Berdasarkan Jenis Kulit

Agar manfaat pelembab tubuh itu lebih efektif, di sarankan agar memilih sesuai dengan jenis kulit. Berikut ini di antaranya:

1. Kulit Normal

Untuk kulit normal, semua jenis pelembab bisa digunakan. Tinggal memilih mana manfaat yang ingin dicapai, apakah ingin memutihkan kulit atau untuk meregenerasi kulit. Sebab, saat ini banyak pelembab yang dijual untuk tujuan tertentu. Untuk tujuan meremajakan kulit, misalnya, pelembab biasanya mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Untuk jenis pelembab dengan fungsinya untuk memutihkan kulit juga cukup aman, meski dimulai dengan pengelupasan kulit mati. Sebab, kandungan bahan pemutihnya konsentrasinya relatif rendah.

2. Type Kulit Kering

Pemilik kulit kering sebaiknya memilih pelembab berbentuk krim, karena banyak mengandung air. Dengan begitu, pelembab dapat benar-benar membantu melembabkan kulit. Hindari pelembab berbentuk lotion karena justru bisa membuat kulit jadi kering.

Anda dapat menggunakan pelembab body mist bali ratih. Selain berfungsi sebagai pewangi tubuh yang beraroma begitu khas, juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari dehidrasi. sehingga kelembaban kulit akan selalu terjaga baik, Hal ini akan membantu terjadinya peramajaan kulit secara alami. Keharuman yang menyegarkan akan membuat tubuh anda terasa rilex dan nyaman selama melakukan aktivitas sepanjang hari.

3. Kulit Berminyak

Mereka yang memiliki kulit berminyak, cocok memilih body lotion berbentuk lotion atau bahan dasar alkohol. Sebab, lotion mampu melarutkan lemak berlebihan pada lapisan kulit.

4. Sensitif

Untuk mereka berkulit sensitif atau cepat alergi, sebaiknya lebih berhati-hati. Di antaranya dengan menghindari bahan kimia olahan, seperti pewangi dan pengawet (formalin dan balsam of peru) karena bisa menimbulkan iritasi dan alergi di kulit.

Selain itu, sebaiknya memilih pelembab dengan kandungan banyak air dan hypoallergenic. Karena bahan ini memiliki konsentasi rendah dan jarang menimbulkan alergi.

Cara Memakainya Harus Tepat

Meski sudah benar memilih jenis pelembab, hasilnya tidak akan maksimal bila cara memakainya tidak tepat. Bagaimana memakai pelembab yang tepat?

Di sarankan agar selalu memakai pelembab setelah mandi. Sebab, saat itu kondisi kulit masih dalam keadaan lembab, sehingga pelembab yang dioleskan bisa menjaga kelembaban kulit.

Bila dioleskan saat kulit kering, justru manfaatnya tidak akan optimal, atau bahkan tidak akan bermanfaat, dan malah bisa menyebabkan kulit menjadi gatal. Karena itu, bila kulit dalam kondisi kering, ia menyarankan untuk membasahi dulu dengan air dingin, mengelapnya dengan handuk lembut, baru memakai pelembab.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Tips Memilih Pelembab Untuk Beragam Jenis Kulit

0 komentar: