Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


4+ Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan Tubuh dan Wajah

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan telah dikenal sejak dari zaman dahulu, diantaranya telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Jawa di Keraton Yogyakarta, penggunaan tumbuhan merambat ini telah dijadikan sebagai bahan baku alami untuk membuat masker wajah guna mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit bagi kaum wanita hingga digunakan untuk mengobati ragam penyakit seperti wasir, keputihan dan sebagainya.

Bahkan, warisan leluhur tersebut hingga saat ini secara turun temurun masih digunakan dan dipertahankan.

Fakta sejarah tersebut tentang khasiat sirih merah sebagai tumbuhan obat di masa lalu membuat sejumlah peneliti diberbagai negara tergerak untuk membuktikan akan hal tersebut.

Salah satunya yang dilakukan oleh seorang apoteker dari Biologi Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta bernama Andayana Puspita Sari, Apt, menemukan sejumlah senyawa fitokimia alami dari hasil penelitiannya secara kromografi berupa flavonoid, polifenolat, alkaloid, steroid, terpenoid, tanin dan beberapa komponen minyak atsiri.

Tumbuhan sirih merah dapat kita manfaatkan untuk membuat berbagai olahan produk kecantikan. Anda dapat melihat tata cara pembuatannya di artikel ini.

Beberapa senyawa tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Misalnya senyawa flavonoid, memiliki sifat antidiabetik (penurun kadar gula darah), antikanker, anti inflamasi (mencegah peradangan), antiseptik dan antioksidan.

Selain itu dalam setiap 100 gram, terdapat juga beberapa kandungan sirih merah berupa senyawa dan mineral penting lainnya yang berguna bagi kesehatan. Diantaranya sebagai berikut : 
  • 85,4 gram Kadar air 
  • 6,1 gram Karbohidrat 
  • 3,5 gram Zat besi 
  • 3,1 gram Protein 
  • 2,3 gram Serat 
  • 0,8 gram Lemak 
  • 230 mgram Kalsium 
  • 40 mgram Fosfor 
  • 5 mgram Vitamin C 
  • 0,7 mgram Asam nikotianat 
  • 9600 IU Karoten 
  • 70 ug Tiamin 
  • 30 ug Ribofavin 
  • dan lainnya 

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan 

Dimasa kini, penggunaan daun sirih merah telah banyak difungsikan sebagai bahan baku untuk membuat beragam olahan produk kesehatan dan kecantikan, misalnya seperti sabun antiseptik, lotion, cairan pembersih wajah, cream pelembab, obat kumur dan sebagainya. 

Bahkan, ditangan Bambang Sudewo seorang lulusan dari jurusan desain komunikasi visual, Institut Seni Indonesia Yogyakarta telah membuat beragam olahan produk herbal berupa teh celup, kapsul dari ekstrak sirih merah, teh pelangsing dan lainnya. Keahliannya ini berawal dari hasil pengalaman beliau dan konsultasi dengan sejumlah pakar tanaman herbal, dokter hingga budayawan.

Seiring berjalannya waktu melalui perusahaannya, Sudewo telah mampu memproduksi produk herbalnya dalam skala besar hingga tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dan diexpor ke negara Malaysia dan Brunai.

Dengan cara yang cukup sederhana, kita sendiri pun dapat mengolah daun sirih merah untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan. Jika anda tertarik ingin mencobanya, ikuti saja pentunjuk dan tata cara pembuatannya di bawah ini :

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan merupakan suatu kondisi kehidupan yang tak dapat terelakkan bagi setiap makhluk hidup. Namun, proses penuaan tersebut bukanlah menjadi suatu masalah jika datangnya tidak terlalu dini. Ketika seseorang berusia 35 tahun, namun sudah tampak tanda - tanda penuaan berupa wajah mulai tampak kerutan, kulit terlihat kusam dan sebagainya. Apalagi bagi seorang wanita. tentu saja hal tersebut menjadi masalah besar baginya. 

Dalam hal ini, peran senyawa flavonoid memberikan pengaruh besar. Karena senyawa ini memiliki khasiat untuk melawan radikal bebas di dalam darah. Sehingga, kualitas darah terhindari dari zat asing yang akan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Jika anda ingin mencoba khasiatnya, ada beberapa bahan - bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Diantaranya sebagai berikut : 
  • 5 lembar daun sirih merah 
  • 100 gram Kacang hijau (sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 15 menitan agar menjadi sedikit lunak) 
  • 10 buah Kurma segar 
  • 40 gram Gingseng talinum 
  • 2 sdm Madu murni 
  • 2 sdm Air jeruk nipis 
Langkah - langkah membuat ramuan sirih merah untuk mencegah penuaan dini adalah sebagai berikut :
  1. Rebuslah semua bahan menjadi satu wadah dengan 4 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air, kecuali jeruk nipis dan madu jangan direbus 
  2. Saring untuk mengambil airnya 
  3. Kemudian masukkan jeruk nipis dan madu. Selanjutnya aduk hingga merata 
Selagi hangat, minumlah ramuan herbal ini dengan dosis penggunaan dalam 1 minggu cukup 1 kali minum saja sebanyak 1/2 gelas sekali minum di waktu pagi hari setelah makan.

2. Menghaluskan Kulit

Memiliki permukaan kulit yang lembut dan halus tanpa adanya bercak noda pada kulit merupakan dambaan bagi setiap orang terutama diimpikan oleh kaum wanita. Jangan heran, untuk mendapatkan hal tersebut kebanyakan wanita rela meroggoh saku mengunjungi salon kecantikan agar impiannya tercapai. Namun, dengan biaya perawatan terbilang tak sedikit, tentu saja tidak semua orang dapat melakukannya.

Untuk mendapatkan kulit lembut dan halus, tak serta merta diraih dengan mengunjungi salon kecantikan. Anda juga dapat melakukan perawatan untuk menghaluskan kulit di rumah dengan cara sederhana dengan menggunakan bahan - bahan alami.

Berikut ini adalah cara menghaluskan kulit dengan daun sirih :
  • 150 gram Ketan putih (rendam selama 15 menit) 
  • 10 gram Gingseng talinum 
  • 1 buah Mengkudu berwarna kuning 
  • 2 ruas Wortel 
  • 2 ruas Temu giring 
  • 5 lembar Daun murbai 
  • 2 sdm Minyak zaitun 
  • 1 buah Jeruk nipis segar 
  • dan tak lupa 5 lembar daun sirih merah segar agak tua 
Ikuti petunjuk membuat ramuan herbal dari daun sirih merah untuk menghaluskan kulit berikut ini :
  1. Pertama, cuci semua bahan hingga bersih 
  2. Potong tipis wortel, daun murbai, temu giring, buah mengkudu, gingseng dan daun sirih merah menjadi beberapa bagian 
  3. Rebuslah semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira - kira menjadi 1/2 gelas, kecuali ketan putih, minyak zaitun dan jeruk nipis jangan di rebus 
  4. Tunggu hingga dingin 
  5. Kemudian, blender halus tanpa air ketan putih, air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun 
  6. Tempatkan hasil blender tadi ke dalam wadah bersih 
  7. Campurkan air rebusan tadi sedikit demi sedikit ke dalam wadah hasil blenderan tadi 
  8. Aduk hingga rasa hingga terbentuk pasta 
  9. Oleskan adonan pasta daun sirih merah ini pada bagian tubuh yang anda kehendaki, misalnya kulit tangan, kaki ataupun bagian tubuh lainnya 
  10. Diamkan selama 15 - 20 menit 
  11. Mandi hingga bersih 
Ramuan herbal ini harus digunakan secara benar. Ada baiknya hanya digunakan dalam waktu 1 minggu cukup 1 hingga 2 kali saja. Penggunaan secara berlebihan terkadang menimbulkan iritasi kulit. Namun, anda tak perlu kuatir karena penggunaan dosis sesuai anjuran tidak akan memberikan efek samping.

3. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Disinyalir penyebab utamanya adalah karena keringat berlebihan. Memang benar adanya. Ketika seseorang mengeluarkan keringat berlebih, maka secara otomatis perkembangan bakteri dan jamur akan semakin pesat. Kemudian, bakteri dan jamur tersebut akan mengurai keringat dan melepaskan bahan kimia yang mengeluarkan bau tak sedap.

Tak heran, dengan permasalahan tersebut dapat dipastikan akan menurunkan tingkat percaya diri seseorang dihadapan khalayak ramai.

Jika anda telah menggunakan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut seperti menggunakan deodoran, parfum dan sebagainya, namun bau tak sedap tak kunjung hilang, maka ada cara menghilangkan bau badan secara alami tergolong sangat ampuh yakni menggunakan daun sirih merah.

Anda dapat mengikuti petunjuk cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih berikut ini : 
  • 4 lembar Daun sirih merah segar 
  • 2 lembar Bunga kantil 
  • 1 tangkai Daun kemangi segar 
Cara membuat dan dosis penggunaannya sebagai berikut : 
  1. Cuci bersih semua bahan dan iris tipis tipis 
  2. Rebuslah semua bahan dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air 
  3. Minumlah ramuan herbal ini sebanyak 1/2 gelas di waktu malam hari saja sebelum tidur dan sesuadah makan. Dosis penggunaan, dalam 1 minggu cukup diminum 2 kali saja 
Untuk menghindari bau badan datang kembali, membiasakan diri dengan pola hidup sehat sangat diperlukan seperti berolahraga secara teratur, mandi dengan sabun antiseptik, mengkonsumsi air putih minimal 8 - 10 gelas perhari bagi orang dewasa, menghindari makanan penyebab bau badan seperti makanan berkuah santan, produk olahan susu, junk food, bawang dan sebagainya.

4. Mengatasi Beragam Masalah Kulit di Wajah

Kulit berminyak, berjerawat dan memiliki banyak komedo, memiliki pori - pori wajah membesar, kulit tampak kusam dan terasa kasar ketika disentuh, terdapat bopeng dan noda flek hitam di wajah dan sebagainya merupakan permasalahan klasik namun seringkali ditemukan pada kebanyakan orang terutama pada usia beranjak dewasa.

Selain menggunakan produk kecantikan untuk mengatasi ragam permasalahan tersebut, anda dapat menggunakan masker daun sirih merah. Saponin, tanin, flavonoid dan alkaloid merupakan senyawa aktif yang dapat memberikan peran besar untuk mengatasi permasalahan kulit di wajah anda.

Ke empat senyawa ini secara garis besar memberikan efek farmakologis yaitu menghambat pertumbuhan bakteri, zat antiseptik dan anti inflamasi alami dan senyawa antimicoba untuk membasmi bakteri, kuman dan virus.

Sebuah jurnal ilmiah yang Kami kutip dari situs jurnal.csdforum.com berjudul "efektivitas penggunaan daun sirih merah untuk mengurangi jerawat pada remaja" oleh Ellyzabeth Sukmawati, menunjukkan bahwa remaja yang menggunakan daun sirih merah lebih efektif dalam mengurangi jerawat jika dibandingkan dengan remaja yang tidak menggunakan daun sirih merah. Pada penelitian tersebut, tampak sebuah peruabahan kearah penyembuhan dalam jangka waktu 7 hari setelah penggunaan masker daun sirih merah.

Beranjak dari hasil penelitian tersebut, maka tak perlu diragukan lagi akan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan dalam hal ini menghilangkan jerawat membandel.

Ikuti petunjuk cara membuat masker daun sirih merah berikut ini : 
  • Sediakan 4 lembar daun sirih merah atau 
  • 25 gram Serbuk sirih merah 
  • 2 sdm Air perasan jeruk nipis 
  • 2 sdm Air perasan buah apel 
  • 1 sdm Madu murni 
  • 1 sdm Susu murni (alternatif) 
  • 1 sdm Putih telur ayam kampung 
Cara membuat masker daun sirih merah :
  1. Cuci bersih daun sirih merah jika anda tidak menggunakannya dalam bentuk serbuk 
  2. Blender atau tumbuk halus semua bahan menjadi satu hingga membentuk pasta 
  3. Tempatkan pada wadah bersih 
  4. Oleskan pada permukaan wajah secara merata 
  5. Diamkan selama 15 hingga 20 menit 
  6. Cuci wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut 
Masker ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, bopeng, noda flek hitam dan sebagainya.

Penggunaan masker sirih merah ini juga memberikan manfaat untuk mengencangkan kulit dan memberihkan sel - sel kulit mati. Karena kandungan madu, susu dan telur di dalamnya, penggunan masker ini juga dapat memberikan nutrisi bagi kulit sehingga wajah tampak cerah dan tidak kusam.

Anda dapat menggunakannya secara rutin. Namun, aturan pakai harus tetap diperhatikan, cukup digunakan 4 kali dalam 1 minggu saja di waktu malam hari saja hingga permasalahan dikulit dapat teratasi. Sedangkan upaya pencegahan, cukup menggunakannya dengan aturan pakai 2 kali dalam sebulan.

Jika ingin menggunakan sirih merah untuk dijadikan sebagai tumbuhan obat guna menyembuhkan ragam penyakit, ada baiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pakar herbal atau membaca artikel yang telah kami tulis terkait dengan manfaat sirih merah dan efek sampingnya pada tautan tersebut.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 4+ Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan Tubuh dan Wajah

0 komentar: