Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah dan Kulit Jarang Diketahui

Tomat merupakan salah satu jenis buah - buahan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Dikarenakan buah ini banyak kita digunakan untuk dijadikan sebagai bahan baku pada masakan. 

Selain itu tomat dapat juga dapat kita makan secara langsung layaknya buah-buah lainnya. Dijadikan sebagai lalapan pada hidangan masakan pecel, urap dan lainnya juga bisa.

Mungkin sebagian besar dari kita tidak pernah menyadari bahwa tomat mengandung banyak manfaat yang dahsyat bagi tubuh. Tak hanya itu, ternyata terdapat manfaat buah tomat untuk kecantikan wajah.

Hal ini dikarenakan buah tomat memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi seperti protein, serat, lemak nabati, ragam vitamin A, C, D, E, K, niachin, riboflavin, asam folat, kalsium dan lainnya. 

Oya, dipostingan kali ini kami akan membahas manfaat buah tomat untuk wajah. Tak ada salahnya jika anda mencoba tips di bawah ini. Karena tomat merupakan bahan alami yang cukup efektif mengatasi ragam masalah pada wajah. 

Oya, dipostingan kali ini kami akan membahas manfaat buah tomat untuk wajah. Tak ada salahnya jika anda mencoba tips yang kami berikan ini.

Bagaimana cara menggunakan tomat untuk wajah ?

Yuk, kita baca lebih lanjut artikel di bawah ini.

9 Manfaat Buah Tomat:

1. Sebagai Masker Tabir Surya Wajah

Manfaat buah tomat untuk wajah yang pertama yaitu sebagai tabir surya. Jika Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, maka tidak ada salahnya jika memanfaatkan tomat sebagai masker alami untuk wajah. Sehingga anda akan terlindungi secara alami dari sinar matahari panasnya dapat menyengat wajah.

Selain sebagai tabir surya, tomat juga dapat diguanakan untuk membantu anda mengatasi masalah peradangan yang timbul karena paparan sinar matahari.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan buah tomat dengan cara diblender, kemudian dicampur dengan yoghurt.

Selanjutnya, anda dapat mengoleskannya ke wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit sebagai masker dan cuci bersih wajah anda jika telah usai menggunakannya.

2. Menghilangkan Komedo, Muka Kusam dan Wajah Berminyak

Khasiat buah tomat untuk wajah lainnya adalah untuk membantu anda menghilangkan komedo di wajah secara alami, serta mengatasi masalah kulit wajah minyak.

Selain itu jika kulit anda kusam dapat diatasi dengan buah tomat.

Jika anda mau mencoba melakukan perawatan buah tomat untuk wajah dan menginginkan hasil secara maksimal ada baiknya dikombinasikan dengan buah alpukat. 

Cara yang dapat dilakukan adalah haluskan satu buah tomat dan satu buah alpukat dengan menggunakan blender. 

Setelah keduanya halus maka oleskan di bagian wajah Anda untuk dijadikan masker, diamkan sekitar 15-30 menit sampai kering.

Kemudian setelah 30 menit basuhlah masker buah tomat dan buah alpukat tersebut dengan air kemudian keringkan wajah anda dengan handuk lembut.

3. Mengatasi Pori-pori Wajah

Tomat dipercaya dapat mengecilkan pori-pori wajah membesar, itu dapat dilakukan dengan cara bersihkan kulit wajah anda dengan air hangat.

Kemudian belah tomat menjadi dua bagian dan gosok-gosokan keseluruh wajah Anda, setelah itu diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya, setelah 20 menit Anda bersihkan wajah dengan air dingin, tetapi tidak terlalu dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin 1 minggu 3 kali.

4. Untuk Menghilangkan Jerawat

Banyak orang percaya setelah mencoba buah tomat sebagai penghilang jerawat. Hal itu dilakukan dengan cara membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat sebelum melakukan perawatan. 

Kemudian siapkan satu buah tomat dan haluskan dengan menggunakan blender, tambahkan perasan jeruk lemon sebanyak dua sendok makan. 

Setelah tercampur kemudian anda oleskan keseluruh wajah anda secara merata, diamkan semalaman supaya hasilnya maksimal lalu bersihkan di pagi hari dengan air hangat dan ulangi dengan air dingin. Perawatan ini dilakukan setiap hari sampai jerawat anda hilang.

5. Membuat Awet Muda

Kandungan lycopenenya dalam buah tomat sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi pada sel, sehingga dengan mongkonsumsi buah ini secara rutin akan membuat anda bisa awet muda. Konsumsi tomat dalam kondisi segar secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus tomat.

6. Menyegarkan Kulit

Setiap hari kulit kita terpapar oleh sinar ultraviolet dari matahari. Kita dapat memanfaatkan tomat untuk mendinginkan dan menetralisirnya dengan mengompres wajah menggunakan irisan tomat segar.

Caranya cukup mudah, tempelkan irisan buah tomat pada wajah, biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

7. Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus

Untuk mendapatkan kulit lebih halus, anda dapat mengkonsumsi buah tomat secara rutin. Dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai menu tambahan pada masakan.

Disamping itu, anda juga dapat membuat masker buah tomat. Namun, disarankan untuk memilih buah tomat segar agak kemerahan. Tak lupa tambahkan putih telur.

Cara menggunakan tomat untuk wajah terlebih dahulu adalah dengan menghaluskan 1 buah tomat dan menambahkan 1 sendok putih telur hingga berbentuk seperti adonan pasta. Kemudian, oleskan ke permukaan kulit wajah. Diamkan selama 15 menit hingga mengering. Jika telah 15 menit, bilas dengan air bersih.

8. Menghilangkan Mata Panda

Selain mentimun, tomat juga dapat digunakan untuk menghilangakan mata panda secara efektif. Nah, jika anda memiliki kantung mata atau mata panda di sekitar mata, tak ada salahnya mencoba tips sederhana yang akan kami berikan ini.

Cara menggunaakannya sangat praktis. Namun, pastikan buah tomat pilihan anda dalam keadaan fresh dan bewarna agak kemerahan.

Potonglah buah tomat menjadi beberapa bagian dengan ketebalan 1 cm. Kemudian, tempelkan pada mata dalam kondisi mata tertutup selama 20 menit. Lakukan pula pijatan lembut disekitar mata selama anda menggunakannya untuk merileksasikan kulit disekitar mata.

Kerjakan cara ini secara rutin setiap harinya, maka penampilan wajah anda akan tampak segar dan masalah kantung mata pun hilang.

9. Membuat Kulit Tampak Putih

Kandungan buah tomat memiliki ragam vitamin dan mineral penting bagi kesehatan tubuh kita, tak terkecuali untuk kesehatan kulit. Perawatan ini sangat mudah dilakukan di rumah.

Bahkan, anda tak perlu untuk mengunjungi salon kecantikan jika ingin mendapatkan kulit tampak putih.

Kolagen dan zat antioksidan pada tomat dapat mencegah kulit terhindari dari serangan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Sehingga, cukuplah menggunakan masker dari buah tomat anda akan memperoleh kulit putih dan sehat.

Jika anda ingin menggunakannya, tata cara pembuatan masker tomat sama seperti cara di atas. Anda juga dapat menambahkan 1 hingga 2 sendok madu murni ke dalamnya.

Nah, itulah beberapa manfaat buah tomat untuk wajah serta tatacara penggunaannya. Hasilnya tidak akan tampak sempurna jika anda hanya melakukannya sekali, maka perlu dilakukan secara rutin hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan keinginan anda. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Manfaat Buah Tomat Untuk Wajah dan Kulit Jarang Diketahui

0 komentar: