Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil, No.7 Baik Untuk Janin

Buah melon, buah yang manis dan memiliki bahasa latin dengan nama curcumas melo, adalah keluarga dari jenis buah-buahan seperti labu, blewah dan buah semangka. 

Daging buah melon bertekstur lembut dengan rasanya manis dan segar untuk dimakan karena mengandung banyak air. Buah melon biasa disajikan pada acara-acara keluarga seperti pernikahan dan pesti lainnya, biasanya dihidangkan di meja bersama buah semangka maupun buah lainnya. Atau sering juga dijadikan jus buah melon.

Selain enak dikonsumsi ternyata buah melon memiliki manfaat untuk kesehatan, bukan hanya kesehatan namun lebih spesifik lagi ternyata terdapat manfaat buah melon untuk ibu hamil.

Selain enak dikonsumsi ternyata buah melon memiliki manfaat untuk kesehatan, bukan hanya kesehatan namun lebih spesifik lagi ternyata terdapat manfaat buah melon untuk ibu hamil.

Namun sebelum lebih jauh berbicara manfaat apa saja yang terdapat pada buah melon, ada baiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang ada pada buah melon.

Kandungan Vitamin Buah Melon

  • Sumber Vitamin C, seperti yang kita ketahui bahwa Vitamin C sangat penting bagi tubuh. Vitamin dapat sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.
  • Sumber Vitamin A, fungsi vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata, gigi, kulit dan selaput lender. Pada satu melon terdapat sekitar 25% vitamin dari kebutuhan harian.
  • Kalium, atau potassium berfungsi menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darat supaya stabil. Orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium setiap harinya. Dan setiap satu cangkir melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium diserap oleh tubuh.
  • Kandungan Likopen, likopen berfungsi sebagai penurun resiko serangan beberapa jenis kanker dan juiga mencegah serangan jantung. Satu cangki rmelo mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat melon untuk ibu hamil. Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

1. Mengatasi Perubahan Mood

Setiap ibu hamil sering mengalami morning sickness ditandai mood tidak stabil dan itu terjadi di awal masa kehamilan. Ibu hamil mengalami kurangnya hormone serotonin sehingga terjadinya mood-swing, sedangkan seperti informasi yang didapat bahwa hormone serotin merupakan hormone yang memicu rasa senang. 

Setiap buah melon mengandung triptofan salah satunya asam amino, kandungan itu dapat meningkatkan produksi hormone serotonin dan mampu memperbaiki suasana hati.

2. Mengurangi Rasa Mual

Setiap ibu hamil yang mengalami morning sickness terjadi gejala mual hampir dialami oleh 70% wanita hamil. Melon mengandung serat berguna untuk membantu mengurangi rasa mual dan menghindari ibu hamil dari dehidrasi, hal itu dikarenakan jumlah kandungan air yang cukup banyak pada melon. 

Selain itu bagi ibu hamil dianjurkan menhindari makanan dengan kadar asam tinggi sehingga rasa mual dapat dikurangi.

3. Membantu Penumbuhan Tulang dan Gigi Pada Bayi

Ketika ibu hamil, sangatlah dianjurkan mengkonsumsi makana memiliki gizi tinggi hal itu dikarenakan sangat berpengaruh terhadap kondisi perkembangan calon bayi. 

Buah melon dipercaya melon dipercaya memiliki tinggi akan kalsium, hal itu dikarenakan kalsium diperlukan untuk membantu tulang kuat serta struktur gigi pada bayi.

4. Pencegah Anemia Bagi ibu Hamil

Kandungan zat besi pada melon dipercaya mampu membuat atau memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. 

Selain itu, aliran darah pada rongga rahim akan berlimpah, dimana hal itu berguna untuk janin di dalam kandungan.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan kesehatan seringkali terjadi pada ibu hamil ketika memasuki masa kehamilan pada usia kehamilan trimester pertama. Hal ini dikarenakan karena adanya perubahan hormon.

Untuk mengatasinya, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah - buahan seperti melon. Buah ini memiliki banyak kandungan air dan kaya akan serat. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi ibu hamil. 

Selain itu, melon dapat membantu penyerapan nutrisi untuk si janin menjadi lebih baik.

6. Memperkuat Sistem Imun Ibu 

Melon memiliki kandungan karatenoid, dimana berfungsi untuk memperkuat system kekebalan tubuh ibu dan bayi. 

Ketika ibu sakit sangat baik untuk menangkal penyakit lain seperti kanker yang dapat mengancap keselamatan keduanya, sebetulnya karatenoid dapat dijumpai pada buah-buah dan sayuran lain.

7. Mencegah Cacat Bawaan Lahir Pada Bayi

Kandungan vitamin A pada buah melon mencapai 0,03 mg membuat buah melon memiliki kasiat untuk menangkal cacat bayi saat melahirkan. Selain itu kandungan vitamin A juga dipercaya berfungsi mengembangkan fungsi paru-paru, jantung, ginjal, mata dan tulan pada bayi dan ibu.

8. Membantu Pembentukan Jaringan Organ Janin

Ibu hamil sangat membutuhkan mineral fosfor guna mempersiapkan masa persalinan. Mineral ini dapat membantu sistem pembekuan darah menjadi lebih baik. Selain itu, juga dapat menjaga fungsi jantung dan ginjal selama masa kehamilan.

Salah satu buah yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah buah melon, karena melon mengandung banyak fosfor. Dalam setiap 100 gram saja terdapat 0,5 mg fosfor.

Jika anda memasuki masa kehamilan apalagi akan menginjak masa persalinan, mengkonsumsi buah melon dalam bentuk jus atau dikonsumsi secara langsung sangat dianjurkan.

Efek Buruk Buah Melon

Buah melon selain memiliki manfaat bagi tubuh, disamping itu efek buruk buah melon juga dapat kita rasakan.

Namun, anda tak perlu kuatir secara berlebihan.

Karena hanya buah melon yang terkontaminasi bakteri listeria dan toksoplasma dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kedua bakteri tersebut dapat memberikan dampak buruk terutama bagi ibu hamil yaitu dapat menimbulkan keguguran, kelainan bawaan pada bayi ketika lahir hingga kematian pada ibu hamil.

Disarankan memilih buah melon dalam kondisi segar, tidak keadaan layu, tiadk terdapat luka pada kulit buah atau berbau menyengat. Selain itu, penting sekali untuk memperhatikan tekstur dan tempat penjualan buah melon untuk menghindari resiko melon terkontaminasi bakteri.

Itulah beberapa manfaat buah melon untuk ibu hamil yang dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan baru. Tentunya bagi ibu hamil dapat berguna sebagai usaha untuk menjaga proses kehamilannya. Serta dapat menjaga bayinya sampai masa kelahiran bayi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil, No.7 Baik Untuk Janin

0 komentar: