Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


17+ Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, No 4 & 17 Luar Biasa

Buah alpukat atau dalam bahasa latin bernama Persea americana termasuk dalam keluarga Lauraceae merupakan suatu tanaman berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Namun, saat ini buah alpukat telah banyak ditemukan dan dibudidayakan diberbagai negara di dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

Buah alpukat atau seringkali disebut apokat pertama kali dikatakan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan ini telah diperkenalkan kepada penduduk Eropa tengah abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, seorang pemimpin pasukan Spanyol saat menjajah Amerika Tengah. 

Dari situlah Indonesia mengenal alpukat karena pada masa penjajahan Belanda banyak kiriman buah dengan tujuan sebagai pengisi perut.

Saat ini, buah alpukat  merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Buah alpukat inipun berhasil menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan tekstur daging buah yang lembut, menjadikan buah ini mudah dikonsumsi dan sangat lezat di lidah.

Alpukat Banyak Mengandung Vitamin Apa?

Buah ini juga diketahui memiliki banyak nilai nutrisi di dalamnya, termasuk karbohidrat, lemak, serat, protein, dan lainnya. Berikut ini kandungan gizi buah alpukat dalam 100 gram:
  1. Kalori 85,00 kal
  2. Protein 0,90 gram
  3. Lemak 6,50 gram
  4. Karbohidrat 7,70 gram
  5. Kalsium (Ca) 10,00 mgram
  6. Fosfor (P) 20,00 mgram
  7. Zat Besi (Fe) 0,90 mg
  8. Vitamin A 180,00 S.I.
  9. Vitamin B1 0,05 mgram
  10. Vitamin C 13,00 mgram
  11. Air 84,30 mgram
  12. Serat 1,40 gram
Untuk mengkonsumsi alpukat sendiri, biasanya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada orang yang suka mengkonsumsi alpukat begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu. Namun ada juga diolah dengan berbagai macam cara, seperti dibuatkan jus buah alpukat, ditambahkan es atau dibuat sup buah.

Apa Manfaat Buah Alpukat?

Kandungan karbohidrat pada buah alpokat cukuplah tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai menu makanan pengganti karbohidrat. Bagi mereka yang menjalani program diet, buah ini sangat baik dikonsumsi karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, beberapa ahli berasal dari Loma Linda University melakukan sejumlah penelitian bahwa khasiat buah alpukat dapat memberikan respon pada pembentukan insulin, menurunkan kadar gula darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan menjaga stabilitas berat badan.

Simak ulasan lengkap tentang khasiat buah alpukat pada artikel ini.

Nah, jika belum mengetahui manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan lainnya, anda dapat membaca informasi lebih lanjut di bawah ini : 

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi buah alpukat diketahui bisa menurunkan kolesterol LDL (atau kolesterol jahat). Tak hanya itu, buah alpukat juga membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol baik). Hal ini merubah pandangan semua orang dengan mitos alpukat dapat meningkatkan kolesterol. Padahal tidak. Karena alpokat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan senyawa beta sitosterol.

2. Menurunkan dan Mengontrol Tekanan Darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium terdapat dalam alpukat.

3. Mengontrol Gula Darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) dapat membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

4. Mencegah Mutasi Sel

Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

5. Mencegah Peradangan

Buah alpukat juga memiliki kandungan yang baik sebagai anti inflamasi dan juga anti peradangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi guna membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

6. Meningkatkan dan Mempertahankan Berat Badan

Mengonsumsi alpukat adalah cara sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori cukup tinggi dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. Karena alpukat memiliki jumlah karbohidrat tinggi, jika masih kenyang tetap mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan berat badan.

7. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Ekstrak buah alpukat juga seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembabkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan alami berguna kesehatan rambut agar tampil sehat dan indah.

Vitamin E dalam buah akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi ini, maka buah alpukat dapat membantu untuk menutrisi kulit dari dalam. Sehingga akan memberikan manfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menjaga kehalusan kulit.

8. Memberikan Energi Bagi Tubuh

Alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan kalori tinggi. Dengan mencampurkan gula pada pembuatan buah alpukat, maka anda akan memperoleh energi. Energi ini dapat anda manfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari dan juga sebagai camilan sehat pada jam-jam tanggung.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berhubungan erat dengan kelancaran dari peredaran darah dan juga meminimalisir penyumbatan pembuluh darah. Dengan terjaganya kesehatan jantung dengan baik, maka suplai darah ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Penyumbatan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab dari munculnya stroke.

10. Mambantu Program Diet

Tampil cantik dengan menjalani program diet

Dengan kandungan vitamin dan juga nutrisi tinggi, seperti serat, protein, dan berbagai mineral lainnya, buah alpukat sangat efektif untuk membantu program diet, apalagi kandungan karbohidrat kompleks dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat ternyata juga memiliki kandungan vitamin A, meskipun tidak setinggi wortel. Vitamin A ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan mata.  Masker alpukat juga mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dengan cara diblender halus terlebih dahulu. Kemudian, diamkan selama 20 menit.

12. Anti inflamasi

Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

13. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat lainnya adalah buah alpukat dapat menangkal radikal bebas, yang dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, juga dapat menimbulkan penuaan dini atau proses aging.

Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

14. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat pada buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan pada pencernaan, seperti : susah buang air besar, wasir, diare, dan sulit buang air kecil

15. Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Vitamin K dan kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga dapat mencegah munculnya berbagai macam gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis dan pengapuran tulang.

16. Meningkatkan Stamina Pria

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan vitalitas pria ketika berhubungan. Salah satu alasan mengapa buah ini dapat meningkatkan stamina  pria adalah karena itu mengandung banyak nutrisi sehat.

17. Mencegah Kecacatan Bawaan Pada Janin

Selanjutnya, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dapat mengurangi resiko cacat bawaan pada janin dalam rahim. Hal ini dikarenakan, daging buah memiliki kandungan asam folat. Selain itu, asam folat dapat mengoptimalkan perkembangan janin dan tumbuh kembang otak si bayi ketika ia lahir nantinya.

18. Makanan Sehat Bagi Otak

Alpakat adalah salah satu makanan terbaik bagi otak manusia. Jika anda sering mengkonsumsinya, maka akan membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E pada daging buah memberikan peran utama untuk menghentikan laju penyakit Alzheimer.

Demikianlah ulasan singkat tentang khasiat buah alpukat ini kami sampaikan kepada anda. Semoga dapat menjadi referensi dan sumber ilmu pengetahuan untuk semuanya. Jangan lupa jika anda ingin mendapatkan update mingguan artikel kesehatan, submit email anda pada menu yang telah disediakan. Jangan kuatir, kami tidak akan mengirimkan spam.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 17+ Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, No 4 & 17 Luar Biasa

0 komentar: