Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tradisional Mudah Dilakukan

Perut buncit adalah penumpukan lemak di bawah otot perut dan daerah sekitarnya. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami perut buncit dapat kita lihat dari ukuran lingkar perut yaitu di atas 97 cm untuk laki dan 85 cm untuk perempuan.

Kebiasaan buruk ditenggarai menjadi penyebab perut buncit seperti :
  1. Minum - minuman beralkohool dan merookok
  2. Sering mengkonsumsi makanan tinggi kadar gula
  3. Kebiasaan makan sebelum tidur
  4. Mengkonsumsi makanan junk food
  5. Jarang olahraga
Memiliki perut buncit bukan hanya dapat menghambat beragam aktivitas dan mempengaruhi penampilan saja, seperti kesulitan berlari, mudah lelah, kesulitan memilih pakaian yang cocok dan sebagainya.

Akan tetapi ada dampak buruknya bagi kodisi kesehatan tubuh kita secara umum. Diantara akibat perut buncit yaitu  :
  • Meningkatkan resiko serangan jantung, diabetes, stroke dan darah tinggi
  • Menimbulkan masalah gangguan pencernaan seperti sembelit
  • Menghambar sirkulasi peredaran darah
  • Meningkatkan resiko terserang kanker usus dan pankreas akibat pelepasan senyawa sitokin dari lemak perut
  • Gangguan sistem pernafasan
Jika perut anda membuncit, cobalah menggunakan beberapa cara ini untuk mengatasinya.

Setelah kita telah mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan secara umum, Tentu saja, hal tersebut harus kita hindari. 

Bagaimana caranya ? 

Anda dapat melakukan salah satu atau beberapa hal di bawah ini.

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita

1. Mengkonsumsi Gandum Murni

Berbagai makanan termasuk gandum murni diantaranya quinoa, oats, dan gandum dapat membantu mengecilkan perut secara alami karena tingginya kandungan serat berfungsi untuk menjaga level insulin tetap rendah. Insulin akan membantu mengerutkan sel lemak. Dalam sehari, Anda setidaknya harus mengonsumsi sebanyak 6 ons gandum murni.

2. Ikan salmon

Salmon bisa juga digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Karena kandungan asam lemak Omega-3 dan vitamin D. Perlu kita ketahui bahwa kurang vitamin D dalam darah dapat mengakibatkan obesitas, termasuk di area perut. Omega-3 juga dapat membantu tubuh membakar lemak dan mencegah penumpukan lemak diperut.

3. Kuning Telur

Kuning telur mengandung protein dan baik dikonsumsi saat sarapan untuk tambahan energi. Kuning telur juga mengandung vitamin B12 bermanfaat untuk menghancurkan sel lemak, vitamin D, dan choline dapat membantu metabolisme lemak secara efektif.

4. Jeruk Nipis

Cara ini tergolong ampuh dan cepat, karena jeruk nipis memiliki kandungan zat antioksidan tinggi membantuk proses detosifikasi dalam tubuh berjalan dengan baik, vitamin C dapat mendongkrak imun tubuh dan lainnya. 

Adapun cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis sebagai berikut :
  1. Sediakan 2 buah jeruk nipis
  2. Peras dan ambil sarinya
  3. Tuangkan ke dalam 1 gelas air hangat
  4. Tambahkan 2 sendok makan madu murni
  5. Minum di waktu pagi dan malam hari setelah makan 
  6. Gunakan cara ini seminggu 4 kali pemakaian

5. Minyak Zaitun

Lemak sehat jenis monounsaturated dalam minyak zaitun dapat mengaktifkan gen guna membakar lemak. Kandungan lemak sehat dalam minyak zaitun juga membantu mengontrol gula darah sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama serta mengurangi lemak di perut. Cukup tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dalam tiap sajian masakan anda.

6. Asparagus

Asparagus lebih efektif mencegah kembung sebab memiliki kandungan prebiotik yang bisa mengurangi gas dalam perut. Selain itu, kandungan serat dapat menghindarkan perut dari radang serta iritasi. Makan asparagus rebus beberapa kali seminggu dan sajikan dengan sedikit siraman minyak zaitun di atasnya.

7. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga dapat menggunakan buah pisang. Karena, pisang mengandung potasium berguna untuk melepaskan kelebihan sodium dan air di dalam tubuh. Serat larut dalam pisang juga meredakan atau mencegah sembelit yang membuat perut buncit. Konsumsi pisang sebagai camilan atau campuran smoothie. 

Selain itu makanan untuk menyusutkan perut lainnya dari jenis buah dan sayur antara lain ubi jalar, kacang, pepaya, apel, semangka, tomat, sayuran berdaun hijau, dan kurma.

8. Jus Mentimun

Mentimun mengandung banyak air dan rendah kalori sehingga baik untuk menjaga berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengeluarkan racun tubuh. Jadi, tambahkan mentimun dalam sandwich atau salad agar Anda memperoleh manfaat enzim dari mentimun untuk mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan mengurangi lemak perut.

Berikut ini adalah cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga dengan mentimun yaitu :
  1. Sediakan 1 buah mentimun segar dan cuci bersih
  2. Kupas kulitnya dan potong kedua bagian ujung mentimun 
  3. Blender halus bersamaan dengan 1 gelas air
  4. Tambahkan 2 sendok makan madu murni jika diperlukan
  5. Tempatkan ke dalam gelas
  6. Minum jus mentimun 1 kali sehari dalam seminggu 5 kali

9. Minum Air Putih Secara Teratur

Cukup minum air putih setiap hari adalah cara paling mudah dilakukan. Pasalnya, tubuh memerlukan air supaya serat tidak membuat sembelit. Minum delapan gelas sehari atau setara 3 liter merupakan jumlah minimal air harian bagi orang dewasa. Tambahkan penambah rasa alami seperti jeruk nipis, lemon, mentimun, hingga daun peppermint untuk variasi.

10. Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, teh hijau kaya akan zat antioksidan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengikis lemak di pembuluh darah dan sebagainya.

Berikut ini cara mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu dengan teh hijau yaitu :
  1. Sediakan 7 lembar daun teh hijau atau 1 sdm teh hijau kemasan bubuk
  2. Seduh dengan air panas dan diamkan 10 menitan tanpa gula
  3. Aduk rata, jika ada ampasnya saring 
  4. Selagi hangat, minum 1/2 jam sebelum makan
  5. Minum teh hijau 1 hari 2 kali selama 1 minggu atau hingga perut buncit mengecil
Sebenarnya beberapa cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga di atas tidak cukup ampuh untuk dilakukan. Karena membutuhkan waktu lama. Paling tidak, hasilnya akan tampak setelah 1 hingga 4 minggu penggunaan.

Untuk memperoleh hasil secara maksimal, iringi dengan pola hidup sehat dan menjaga kebutuhan kalori tubuh. Sertakan pula olahraga secara teratur. Adapun jenis olahraga untuk menghilangkan perut buncit antara lain :
  1. Joging 
  2. Bersepeda
  3. Renang
  4. Jalan santai
  5. Vertical Leg Crunches
  6. Reverse Crunches
  7. Twist Crunches
  8. Dan jenis olahraga lainnya
Jika anda belum mengetahui secara teknis bagaimana melakukan olahraga tersebut. Cobalah untuk mencari informasi jenis olahraga dimaksud pada youtube. Disana, biasanya dilengkapi panduannya. Semoga, postingan ini dapat memberikan manfaat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tradisional Mudah Dilakukan

0 komentar: