Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


12+ Tips & Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Memiliki rambut sehat dan kuat disertai lurus dan panjang memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Faktor usia, diet, serta ketidakseimbangan hormonal dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal, salah satunya dengan mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah obat penumbuh rambut atau melakukan perawatan rambut di salon kecantikan.

Jika anda memilih perawatan rambut menggunakan produk penumbuh rambut atau mengunjungi salon kecantikan, pastikan bahan - bahan yang digunakan pada produk tersebut terbuat dari bahan herbal dan alami. Pastikan pula produk tersebut memiliki sertifikat khusus dan izin edar resmi dari pemerintah setempat.

Sebab jika tidak, maka impian anda untuk memperpanjangkan rambut pun hanya sebatas mimpi. Alih - alih rambut tambah panjang, justeru masalah lain akan muncul seperti rambut rontok parah dan patah, terasa kasar dan lainnya hingga kebotakan.

Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Lurus

Selain itu solusi tersebut, kita juga dapat memperpanjang rambut secara alami dengan menggunakan bahan - bahan herbal di sekeliling kita. Lagipula, biaya perawatannya terjangkau dan dapat dilakukan di rumah.

Adapun beberapa cara yang kami maksud adalah sebagai berikut :

Namun jika anda menginginkan cara cepat memanjangkan rambut secara alami dalam 3 hari, maka dapat kami katakan mustahil dalam waktu sesingkat itu. Walaupun penggunakan obat penumbuh rambut sekalipun. Karena pada dasarnya, setiap hari rambut tumbuh dengan panjang sekitar 0,33 mm - 0.5 mm.

Paling tidak, jika anda menggunakan beberapa perawatan disalon kecantikan atau lebih memilih dengan cara alami, dalam waktu 1 hingga 2 minggu penggunaan barulah hasilnya mulai tampak.

Adapun beberapa cara yang kami maksud adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk membantu melembutkan rambut kusam dan menjadikannya lebih berkilau, sekaligus dapat membantu untuk menyehatkan rambut serta kulit kepala. Menggunakan minyak zaitun dapat digunakan sebagai minyak penumbuh rambut alami. Banyak orang telah membuktikannya. Disamping itu, aorma minyak zaitu juga wangi sehingga anda tak perlu kuatir dengan bau tak sedap dan lepek pada rambut.

Berikut ini adalah cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun :
  1. Sediakan minyak zaitu secukupnya
  2. Tuangkan 3 hingga 6 tetes di salah satu tangan anda
  3. Usapkan kedua tangan hingga merata
  4. Kemudian, usapkan ke seluruh ujung rambut hingga pangkal rambut
  5. Lakukan pijatan lembut agar kandungan minyak zaitun meresap ke kulit kepala dan lapisan rambut
  6. Diamkan selama 30 menit
  7. Jika anda menginginkan rambut lurus, maka sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang secara perlahan - lahan selama 5 menitan
  8. Bilas rambut anda dengan air bersih
Tak perlu membilas rambut dengan sampo, karena minyak zaitun mengeluarkan aroma wangi dan tidak menimbulkan lepek.

2. Putih Telur

Mungkin terdengar aneh. Namun, keberhasilannya tak diragukan lagi karena kandungan selenium, kalsium dan prootein nabati pada putih telur dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat daripada biasanya. Namun, telur yang akan kita gunakan berasal dari ayam kampung. Karena biasanya ayam kampung tidak terkontaminasi dengan pakan ternak dan obat - obatan.

Langkah penggunaanya cukup sederhana yakni :
  1. Menyediakan 1 hingga 2 butir telur ayam kampung
  2. Pisahkan kuning dan putih telur
  3. Tambahkan 3 tetes minyak zaitun ke dalam putih telur
  4. Cukup diaduk tanpa mengeluarkan busa, kemudian oleskan putih telur secara menyeluruh  ke rambut
  5. Lakukan pijatan lembut selama 5 menitan
  6. Diamkan selama 25 menit
  7. Bilas rambut anda dengan kondisioner 

3. Santan Kelapa Muda

Menggunakan santan merupakan salah satu cara cepat memanjangkan rambut yang sering digunakan. Dengan menggunakan santan kelapa muda segar, rambut menjadi lebih lembut serta lebih mengkilap. Apabila santan ini digunakan secara teratur, maka dapat terlihat hasilnya secara signifikan.

Lakukan cara ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Gunakan santan sekitar 200 hingga 400 ml ke kulit kepala dan rambut secara merata. Tutup rambut yang sudah ada santannya dengan masker penutup rambut. Kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan menggunakan air dingin.

4. Air Kelapa Hijau Muda

Air kelapa kaya akan kandungan protein, kalium, serta zat besi sehingga dapat digunakan oleh orang lanjut usia sebagai bahan untuk perawatan rambut secara alami. Gunakan air kelapa pada rambut secara merata dan biarkan selama 30 menit untuk membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut. Kemudian setelah itu bilas dengan shampoo kondisioner agar rambut tidak menjadi lengket.

5. Kulit Apel

Tak hanya bagian dagingnya yang bermanfaat. Bagian kulit apel juga dapat kita gunakan untuk mempercepat laju pertumbuhan rambut. Hal ini karena kulit buah apel mengandung sebuah vitamin yang dapat memperlancar sirkulasi darah menuju otak.

Bagaimana cara menggunakannya ? Anda dapat mengikuti panduan berikut ini :
  1. Langakh pertama, sediakan kulit buah apel secukupnya
  2. Blender hingga halus dengan bantuan 1/4 gelas air matang
  3. Oleskan  ke seluruh permukaan rambut hingga ke sela - sela
  4. Pijat kulit kepala dengan lembut selama 5 menitan
  5. Diamkan selama 25 menit
  6. Bilas dengan sampo kondisioner
Lakukan secara rutin 1 minggu 3 kali pemakaian di pagi hari untuk hasil maksimal.

6. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut. Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat untuk membantu memanjangkan dan membuat rambut menjadi lebih lebat. Kelupas lidah buaya tersebut lalu ambil gel lidah buaya di dalamnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke kulit rambut secara merata. Diamkan selama 25 menit, selanjutnya bilas rambut dengan air bersih.

7. Gunakan Minyak Biji Jarak

Selanjutnya, cara alami memanjangkan rambut pria dan wanita yaitu dengan menggunakan minyak biji jarak. Minyak ini kaya akan vitamin E , asam lemak esensial dan omega 9 yang baik untuk memicu pertumbuhan rambut. Teksturnya lebih kental jika dibandingkan dengan minyak kelapa atau zaitun. Jika anda kesulitan mendapatnya, dibeberapa toko online menjualnya.

Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan minyak biji jarak secara merata ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas dengan rambut anda dengan sampo kondisioner.

8. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau tersebut yang bermanfaat untuk membuat sirkulasi darah menuju rambut menjadi lebih baik.

Teh hijau juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan sehat. Dengan menyeduh teh hijau. Diamkan hingga dingin terlebih dahulu. Kemudian balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut secara merata. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, setelah sekitar 20 menit bilas hingga bersih.

Tips Cepat Memanjangkan Rambut

Agar hasil rambut dapat tumbuh dengan cepat dalam waktu kurang dari 1 minggu dan tumbuh secara maksimal, selanjutnya ada beberapa tips di bawah ini untuk anda lakukan. Diantaranya :

9. Kurangi Blow - Dry

Blow - dry memang dapat membantu untuk mengeringkan rambut dengan cepat, terutama sedang terburu-buru. Tapi apabila rambut terlalu banyak terkena udara panas dari hair-dryer, hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan patah-patah.

Agar rambut terjaga kesehatannya, keringkan rambut tersebut dengan cara alami, diangin-anginkan pada udara bebas Anda dapat menggunakan hair-dryer dalam jarak tidak terlalu dekat serta suhu yang dihasilkan tidak terlalu panas. atau anda dapat menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut basah.

10. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas setiap hari untuk orang dewasa dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan melancarkan peredaran darah. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih juga dapat mengaktifkan sel-sel pada kulit kepala untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut dan memperkuat jaringan rambut agar tidak mudah rapuh.

11. Mengkonsumsi Protein

Protein sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh serta bagi pertumbuhan rambut. Penuhi kebutuhan protein setiap hari agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Sumber protein antara lain : telur, ikan, ayam, kacang-kacangan, daging merah dan produk olahan susu seperti yogurt.

12. Hindari Sering Berenang

Pada umumnya air kolam renang mengandung klorin. Padahal klorin pada air klorin dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut. Klorin dapat membuat pertumbuhan rambut semakin lambat. Selain air klorin, air asin dari laut juga dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak sehingga dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

13. Cukup Waktu Tidur

Pada saat tidur sel-sel tubuh memulihkan diri kembali dan pada saat itulah tidur sangat penting bagi kesehatan seluruh bagian tubuh. Susah tidur, kurang tidur atau sering begadang dapat mempengaruhi penampilan kulit, kuku, serta rambut dan pada umumnya rambut akan menjadi terlihat kusam serta kering sehingga dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak maksimal.

Semoga dengan beberapa cara cepat memanjangkan rambut di atas, impian anda untuk memiliki rambut panjang, sehat dan berkilau dapat terwujud. Jika anda ingin berlangganan artikel kesehatan setiap minggunya, jangan lupa untuk melakukan submit email anda pada kotak langganan artikel.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 12+ Tips & Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

0 komentar: