Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


13+ Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Mengobati Ragam Penyakit

Jahe adalah tumbuhan rimpang yang paling banyak difungsikan sebagai bumbu rempah di dapur untuk menambah cita rasa pada masakan. Selain itu, manfaat jahe juga kerap kali dijadikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh dikala cuaca sedang dingin dan dipergunakan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk dan meringankan flu.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jahe sangat efektif untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan. Bahkan, tumbuhan rimpang ini telah dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk obat - obatan herbal.

Jahe memiliki sifat anti-mual, anti-spasmodik, anti jamur, anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri, antivirus dan antitusif (penekan batuk). Selain itu, kandungan jahe juga terdapat beberapa vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh seperti vitamin A, C, E, dan B kompleks, magnesium, fosfor, kalium, silikon, natrium, zat besi, zinc, kalsium dan beta-karoten.

Beberapa manfaat jahe dan cara penggunaanya yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan antara lain : 

1. Meredakan Sakit Perut

Selain itu, manfaat jahe juga kerap kali dijadikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh dikala cuaca sedang dingin dan dipergunakan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk dan meringankan flu.

Sifat karminatif yang hadir dalam jahe dapat digunakan untuk meredakan sakit perut. Jahe juga dapat membantu merilekskan otot-otot pencernaan dan mencegahnya terjadinya kembung. Para ahli kesehatan sering merekomendasikan jahe untuk mengobati penyakit perut seperti dispepsia atau mulas-mulas. Jahe juga sering digunakan dalam pengobatan diare. Untuk meningkatkan pencernaan, cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe setiap 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jahe dapat digunakan untuk meredakan gejala keracunan makanan.

2. Mencegah Demam dan Flu

Jahe bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengobati flu dan pilek. Selain itu, jahe mengandung antivirus, bersifat antitoksin dan sifat antijamur. Oleh karenya setelah mengkonsumsi jahe, tubuh akan merasa hangat dan berkeringat yang mana juga dapat mengurangi demam ringan.

Mengkonsumsi jahe ketika menderita pilek atau flu, akan membantu mendetoksifikasi tubuh dengan cara alami. Hal tersebut akan membuat tubuh merasa lebih baik dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Mengatasi Mual Ketika Ngidam

Wanita hamil yang menderita mual saat mengidam dapat menggunakan jahe untuk menyingkirkan masalah mual tersebut. Jahe bekerja seperti vitamin B6 dalam pengobatan gejala mual disaat ngidam. Vitamin B6 diketahui efektif dalam menyingkirkan mual-mual saat hamil. Bahkan ketika Kita menderita mual biasa, Kita dapat menggunakan jahe untuk mengatasinya dengan cepat. Namun, minum air jahe secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping malah justeru membuat rasa mual.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jahe bukan hanya dapat membantu untuk meredakan sakit perut saja seperti yang telah kami sebutkan di atas. Khasiat jahe juga dapat mengatasi permasalahan gangguan pencernaan lainnya seperti menghilangkan rasa mual, menambah nafsu makan, mengurangi gejala keracunan terhadap makanan tertentu, melancarkan buang air besar dan mengobati perut kembung.

5. Mengurangi Nyeri Persendian

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengobati rasa sakit yang terkait dengan encok, rematik dan nyeri sendi. Menurut sebuah studi oleh sejumlah pakar herbal pada tahun 2001, ekstrak jahe dibuktikan efektif dalam mengurangi gejala berkaitan dengan nyeri persendian seperti meredakan penyakit asam urat, rematik dan lainnya.

6. Mencegah Kanker

Dari kanker ovarium sampai kanker kolorektal, jahe telah terbukti bermanfaat untuk mencegah terjadinya jenis kanker tersebut. Sebuah studi oleh University of Michigan Comprehensive Cancer Center menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe dapat membunuh sel-sel kanker pada kanker ovarium.

Studi lain oleh University of Minnesota menemukan bahwa jahe juga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal dan dengan demikian membantu mencegah tumbuhnya kanker usus besar. Jahe juga memiliki kemampuan untuk memerangi kanker jenis lain, termasuk kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat dan kanker pankreas.

7. Mengurangi Nyeri Haid

Sifat anti inflamasi pada jahe dapat dijadikan sebagai obat pereda nyeri alami untuk menghilangkan rasa sakit ketika nyeri dikala datang haid bagi wanita. Wanita yang menderita nyeri haid dapat menggunakan bubuk jahe atau jahe kapsul untuk mendapatkan manfaatnya. Atau juga bisa dengan minum teh jahe. Ini akan memberi pertolongan cepat untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri akibat kram yang sering terjadi pada awal siklus menstruasi bulanan.

8. Mengatasi Migrain

Manfaat jahe lainnya juga dapat membantu untuk mengatasi migrain ketika datang secara tiba - tiba. Jahe dapat menghentikan senyawa prostaglandin yang memberikan respon rasa sakit ke sistem saraf otak dan mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

Coba minumlah teh jahe ketika migran untuk memblokir rasa sakit tak tertahankan dan menghentikan pusing serta mual.

9. Meredakan Batuk Pilek Radang Tenggorokan dan Flu

Jahe adalah analgesic dan obat penghilang rasa sakit alami. Oleh karena itu, jahe dapat digunakan untuk menenangkan rasa sakit dan iritasi disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Jahe adalah analgesic dan obat penghilang rasa sakit alami. Oleh karena itu, jahe dapat digunakan untuk menenangkan rasa sakit dan iritasi disebabkan oleh sakit tenggorokan. Hal tersebut juga dapat membantu mengobati batuk, terutama ketika disebabkan oleh flu biasa. Aroma hangat dari wedang jahe juga dapat membantu menghilangkan lendir dari paru-paru yang dapat menyebabkan batuk.

Anda dapat mengunyah beberapa akar jahe segar atau minum jus atau teh jahe untuk menekan batuk. Kemudian, anda juga dapat memijat dada dan punggung dengan minyak jahe untuk membantu meringankan dan mengatasi batuk.

10. Menurunkan Berat Badan dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum jahe sebelum tidur dapat anda rasakan khasiatnya yaitu dapat menurunkan berat badan, melancarkan sirkulasi peredaran darah dan mengecilkan perut buncit. Nah, jika anda ingin menyukseskan program diet, minum setengah gelas jahe setelah makan malam dengan porsi kecil dilakukan sebelum tidur dapat membantu program diet anda berjalan dengan sukses.

Wedang jahe juga dapat membantu merileksasisakan sistem saraf otak anda yang dipenuhi dengan beban pikiran, sehingga jka anda minm air jahe sebelum tidur akan membuat tidur anda nyenyak dan proses regenerasi sel ketika tidur dapat berjalan dengan baik.

11. Meningkatkan Stamina Pria dan Wanita

Jahe dapat membantu melancarkan peredaran darah yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan seperti penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, pengentalan darah dan sebagainya. Jika minum wedang jahe secara rutin, paling tidak 1 minggu 2 kali maka anda akan terhindar dari masalah kesehatan tersebut.

Jika anda seorang pria ataupun wanita mengalami gangguan dengan tingkat kesuburan, maka wedang jahe dapat anda minum 1 gelas secara rutin dengan dosis 2 - 3 kali dalam seminggu sebelum tidur dicampur dengan 1 kuning telur ayam kampung dan 2 sendok madu murni. Perlahan - lahan stamina akan kembali prima dan tidak mudah lelah.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfat air jahe telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol, mengatur tekanan darah, dan membantu mencegah darah dari pembekuan, sehingga dapat membantu mengurangi berbagai risiko penyakit jantung. Tinggi akan kalium, jahe juga sangat bagus untuk kesehatan jantung serta kandungan mangan dalam jahe dapat membantu melindungi jantung, pembuluh darah dan saluran kemih.

13. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Jika anda seringkali melakukan perjalanan jauh melalui jalur udara, darat dan laut dengan pesawat, kereta api, kapal laut, bis dan sebagainya, mengkonsumsi air jahe sebelum berangkat sangat dianjurkan untuk menghindari mabuk perjalanan. Hal itu dikarenakan, kandungan jahe berupa zat zingiberol yang dapat mengatasi rasa mual mabuk di perjalanan.

Namun, anda tidak diajurkan jika telah mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan karena dapat menimbulkan kepala pusing, gangguan pencernaan dan sebagainya. Minum air jahe hangat juga dapat menghilangkan mabuk perjalanan setelah perjalanan berlangsung.

Bahkan, sejumlah produk kesehatan ternama saat ini telah menggunakan jahe sebagai bahan baku untuk membuat obat - obatan herbal dengan campuran madu dan bahan lainnya yang sudah dikemas secara praktis dan mudah untuk dibawa kemana - mana. Ikuti aturan minum jika anda mengkonsumsinya. 

14. Mengontrol Diabetes

Khasiat wedang jahe juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah dan meningkatkan efektivitas insulin dan dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Para ahli menyarankan untuk minum satu gelas air hangat dicampur dengan satu sendok jahe merah bubuk di pagi hari untuk mengatur gula darah. Berbagai komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes juga dapat diatasi dengan bantuan jahe.

Asupan jahe yang teratur dapat mengurangi kadar protein urin, mengurangi asupan air dan output urin, dan mengurangi risiko berbagai jenis kerusakan disebabkan oleh gula darah yang tidak terkontrol.

Sebagai catatan, bagi mereka yang sedang dalam pengobatan darah tinggi dan jantung, sebaiknya dalam mengkonsumsi jahe harus di bawah pengawasan seorang profesional kesehatan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 13+ Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Mengobati Ragam Penyakit

0 komentar: