Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


15+ Obat Sakit Gigi Berlubang & Tips Agar Tidak Kambuh Lagi

Ketika mengalami sakit gigi berlubang, hal paling utama terpikirkan oleh banyak orang adalah mengambil obat sakit gigi paling ampuh sedunia dengan segera untuk mengatasi rasa nyeri teramat sakit pada gigi tersebut. Kami yakin, jika saat ini anda sedang merasakan sakit pada gigi maka hal yang sama pun akan anda lakukan. 

Namun terkadang, beberapa cara untuk menyembuhkan sakit gigi telah dilakukan, akan tetapi masalah sakit pada gigi pun tak kunjung hilang alias tidak mempan dengan beberapa obat.

Jika demikian, langkah terbaik untuk menuntaskan masalah sakit gigi yang anda rasakan tersebut sebenarnya adalah dengan segera mengunjungi dokter gigi untuk meminta saran dan resep obat sakit gigi pada saat itu juga. 

Atasi sakit gigi anda dengan menggunakan beberapa cara ini. Efektif untuk mengobati sakit gigi dengan cepat.

Akan tetapi, rasa nyeri pada gigi terkadang timbul secara tiba - tiba tanpa mengenal waktu dan tempat. Sedangkan untuk mengunjungi dokter gigi membutuhkan waktu untuk tiba di sana, padahal seketika itu juga anda menginginkan rasa sakit dapat hilang pada saat itu juga.

Obat apa yang bisa menyembuhkan sakit gigi ?

Inilah Pilihan Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Sedunia :

1. Paracetamol

Pada dasarnya, paracetamol seringkali digunakan sebagai obat analgesik dan antipiretik yakni obat pereda nyeri dan penurun panas. Cara kerja paracetamol untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menghambat zat mediator prostaglandin dalam tubuh menuju sistem saraf pusat di otak, sehingga rasa nyeri akan tertangangi. 

Selain itu jika sakit pada gigi disertai demam, paracetamol adalah obat terbaik untuk mengasi masalah ini. Anda dapat mengkonsumsi obat ini sesuai aturan pada kemasan tablet.

2. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk ke dalam jenis obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Fungsinya dapat membantu meringankan rasa nyeri ringan hingga menengah dan mengatasi peradangan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh ibuprofen antara lain nyeri otot dan persendian, migrain, mengatasi sakit gigi dan mengurangi demam akibat flu

Obat ini dapat Anda temukan di apotik dalam berbagai bentuk kapsul oral, kemasan tablet, dan obat tetes. Ikuti aturan minum pada setiap kemasan untuk menghindari efek samping.

3. Asam Mefenamat dan Mefenamic Acid

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi di apotik paling ampuh. Pada dasarnya, asam mefenamat hanya dapat diberikan melalui resep dokter. Karena jenis obat ini termasuk ke dalam katagori antiinflamasi nonsteroid (NSAID). 

Cara kerja asam mefenamat adalah dengan menghambat zat mediator prostaglandin atau suatu senyawa tubuh yang dapat menyebabkan reaksi peradangan dan rasa sakit. Sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak - anak di bawah 12 tahun dan ibu hamil.

Anda dapat menggunakan asam mefenamat untuk menghilangkan sakit gigi sesuai dengan dosis penggunaan yaitu 25 mg/kg (berat tubuh).

4. Natrium Diklofenak

Natrium diklofenak dapat anda jadikan sebagai obat sakit gigi paling ampuh untuk menghentikan rasa nyeri dengan cepat.

Cara kerjanya mirip dengan asam mefenamat yaitu dengan memblokir atau meminimalisir produksi prostaglandin berkat kandungan natrium diklofenak. Pada umumnya diberikan kepada pasien pasca operasi untuk menghilangkan nyeri. Namun, dapat juga digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang, migrain akut dan arthritis (radang persendian).

Terdapat tiga jenis natrium diklofenak di pasaran yaitu dosis 25 mg, 50 mg dan 75 mg. Untuk meredakan nyeri bagi orang dewasa, anda dapat menggunakan dosis 50 mg diminum 2 kali sehari.  Pemberian dosis harus sesuai dengan kondisi kesehatan dan dapat diminum setelah makan untuk meminimalisir efek samping pada saluran pencernaan. 

Jika nyeri masih berlanjut hentikan penggunaan dan segera kunjungi dokter gigi.

5. Naproxen Sodium

Beberapa masalah kesehatan yang dapat teratasi dengan naproxen sodium antara lain nyeri gigi dan toto, mengurangi tingkat keparahan saat cedera setelah berolahraga, meredakan gejala asam urat dan mengatasi sakit kepala. Sama seperti obat pereda sakit sebelumnya, cara kerja naproxen sodium adalah dengan menghambat produksi senyawa prostaglandin. 

Hindari penggunaan obat ini pada usia kehamilan dan anak - anak di bawah umur 5 tahun.

6. Cataflam

Obat sakit gigi cataflam juga sangat efektif digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang parah, cataflam juga memiliki khasiat lainnya seperti untuk mengurangi rasa sakit radang persendian dan pasca pencabutan gigi, meredakan sakit kepala, nyeri punggung dan khasiat lainnya.

Anda dapat menggunakan catafalm dosis 50 mg untuk 3 kali minum diwaktu pagi, siang dan malam hari. 

Tidak semua orang diperbolehkan menggunakan obat ini jika memiliki riwayat pendarahan saluran pencernaan seperti tukak lambung dan infeksi usus, penderita gagal ginjal, gagal jantung dan hati dan hipersensitif terhadap obat - obatan.

Ingat, kami selalu memberikan peringatan terhadap pengguna situs kami terkait dengan sebuah resep obat yang harus melalui persetujuan dokter ahli. Anda tidak disarankan mengkonsumsi jenis obat tersebut dengan dosis tertentu dalam jumlah banyak, terlalu sering ataupun dalam jangka panjang. 

>>> Obat di atas, tidak dianjurkan untuk digunakan bagi wanita hamil.

Karena, jika penggunaan tidak sesuai dengan dosis maka akan menimbulkan kekebalan resistensi bakteri terhadap antibiotik (bakteri menjadi kebal dan semakin kuat terhadap zat antibiotik).

Selanjutnya, kita akan mengatasi sakit gigi secara tradisional dan menggunakan bahan alami. Diantaranya :

7. Larutan Garam Hangat

Jika diwaktu malam hari setelah makan atau karena tanpa sebab anda merasakan sakit gigi, larutan garam hangat dapat anda gunakan untuk membantu meredakannya. 

Diakui, cara sederhana ini tak cukup efektif dan ampuh untuk mengatasi rasa nyeri teramat parah, hanya sebatas meringankan rasa sakit hingga pada tingkat keparahanan sedang saja. 

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas dan 2 sdm garam halus
  2. Aduk hingga rata
  3. Selanjutnya, berkumurlah secara berulang - ulang, bila perlu diamkan larutan garam hangat tersebut di dalam mulut anda selama 1 menit.
Air garam bersifat osmotik pada gigi yaitu memiliki kecenderungan diserap melalui lapisan permukaan gigi. 

Selain itu, air garam untuk sakit gigi juga bersifat anti bakteri yang mampu membasmi bakteri di dalam mulut dan sela - sela gigi berlubang. Sebelum anda berkumur dengan air garam, sebaiknya gigi berlubang dibersihkan terlebih dahulu dengan kapas. Jika telah selesai, berkumurlah dengan air matang.

8. Gunakan Bawang Putih 

Salah satu cara mengatasi sakit gigi tanpa obat paling ampuh yaitu dengan menggunakan bawang putih. Admin sendiri telah membuktikannya dan mampu meredakan rasa sakit dalam waktu hitungan menit. Walaupun sebenarnya, anda harus siap merasakan rasa yang kurang enak terasa rada pahit dan pedas dari bawang putih. Tetapi tak apa, demi kesembuhan anda harus berani melakukannya.

Apakah benar - benar efektif ? 

Ya. Karena kandungan bawang putih memiliki senyawa minyak atsiri, dan phytochemical. Kedua senyawa ini sangat berperan aktif untuk mengurangi rasa sakit dan membasmi pertumbuhan bakteri pada gigi berlubang.

Adapun cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih sebagai berikut :
  1. Sediakan1 siung bawang putih dan 
  2. Lumatkan hinggat halus
  3. Terlebih dahulu, bersihkan gigi berlubang yang sakit dengan kapas dan berkumur dengan air hangat. 
  4. Selanjutnya, tempelkan hasil lumatan bawang putih tadi pada gigi 
  5. Diamkan selama 5 - 10 menit
  6. Jika telah selesai, berkumurlah dengan air hangat.

9. Sebutir Bunga Cengkeh

Anda dapat menggunakan bunga cengkeh kering atau dalam kondisi basah atau bahan jadi berupa ekstrak minyak cengkeh. Menggunakan cara ini tergolong manjur dan memberikan reaksi cepat seketika. Senyawa saponin dan minyak atsiri pada bunga cengkeh menurut sejumlah penelitian dapat digunakan sebagai obat anti inflamasi dan antibiotik alami. 

Namun, jika anda menggunakannya untuk menyembuhkan sakit gigi dalam jumlah banyak, kemungkinan akan menimbulkan iritasi pada gusi.

Berikut ini adalah cara menghilangkan sakit gigi dengan buga cengkeh :
  1. Siapkan 1 butir bunga cengkeh kering kemudian tumbuk hingga halus
  2. Tambahkan beberapa tetes air hingga berbentuk pasta
  3. Gunakan cutton bud untuk mempermudah mengoleskan pada daerah yang sakit secara merata.
  4. Anda mungkin akan merasakan pahit dan sedikit pedas dilidah
  5. Diamkan selama 10 - 15 menit
  6. Selanjutnya, berkumurlah dengan air hangat.

10. Kompres Dengan Es Batu

Jika anda bertanya tentang cara meredakan sakit gigi dengan cepat, maka jawabannya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membuat peradangan dapat teratasi secara cepat dikarenakan suhu dingin mampu menghentikan sinyal rasa sakit ke syaraf otak. 

Jika anda ingin menggunakan cara ini, pastikan es batu berasal dari pembekuan air matang karena tidak mengandung bakteri. 

Kemudian sediakan, handuk tipis. Selanjutnya bungkus es batu dengan handuk tersebut dan usapkan pada daerah pipi terdekat dengan gigi yang sakit. Untuk memberikan reaksi cepat, anda dapat menyiapkan pecahan es batu kecil dan hisaplah es batu tersebut di dalam mulut hingga mencair. Pengobatan rumah ini cukup sederhana, namun cukup ampuh mengatasi sakit gigi secara alami.

11. Jus Rumput Gandum

Jus rumput gandum dapat mengobati sakit pada gigi

Wheatgrass atau rumput gandum merupakan salah satu obat sakit gigi gusi bengkak paling ampuh untuk meredakan dan menyembuhkan rasa nyeri teramat sakit pada gigi anda. Namun sayangnya, rumput gandum cukup sulit didapatkan di wilayah Indonesia. Walaupun demikian, khususnya di wilayah Jakarta dan kota besar lainnya tidak terlalu sulit mendapatkannya, apalagi telah tersedia di beberapa toko online. Jika di rumah anda tersedia rumput gandum, maka gunakanlah untuk mengobati sakit pada gigi.

Kandungan zat hijau daun atau klorofil mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi gigi dan menyembuhkan peradangan.

Gunakan rumput gandum sebagai obat kumur selama gigi masih sakit. Sangat aman digunakan dalam jangka panjang, bahkan dapat diminum untuk memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Berkumurlah dengan air hangat jika telah menggunakannya.

12. Serai 

Selain dapat digunakan untuk bumbu dapur, serai dapat kita fungsikan sebagai salah satu obat alami sakit gigi paling ampuh saat ini karena kandungan serai memiliki minyak atsiri yang mampu mengatasi peradangan akibat infeksi bakteri gigi berlubang. 

Ada dua tata cara penggunaan untuk  obat nyeri gigi, yaitu dengan menumbuk halus 1 batang serai kemudian ditempelkan pada gigi atau merebusnya untuk digunakan sebagai obat kumur. Gunakan salah satu cara menurut anda paling mudah dilakukan.

13. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih hijau atasi sakit gigi

Ada berbagai senyawa alami turut memberikan peran aktif untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, seperti vitamin C berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan, riboflavin dapat membantu meredakan jerawat parah, senyawa flavonoid dan polifenol berkhasiat sebagai obat anti inflamasi, antibiotik dan antiseptic alami. Kedua zat inilah yang memiliki peran sebagai obat sakit gigi gusi bengkak alami.

Ketika menggunakannya, mungkin anda tidak terlalu suka dengan rasanya pahit dan agak pedas dimulut. 

Adapun cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun sirih sebagai berikut :
  1. Sediakan 1 lembar daun sirih segar
  2. Kemudian lumatkan hingga halus dan oleskan pada bagian gigi yang sakit
  3. Diamkan selama 10 - 15 menit agar senyawa flavonoid dan polifenol dapat meresap ke bagian pulpa gigi
  4. Berkumurlah dengan air hangat setelah menggunakannya.
  5. Lakukan pijatan lembut pada daerah rahang
  6. Lakukan secara rutin 2 kali sehari setelah makan besar

14. Lada atau Merica Bubuk

Pedasnya lada memang memberikan citarasa yang dapat menggugah selera makan. Dibalik rasa pedas inilah terdapat suatu senyawa bernama kavisin berkhasiat untuk meredam aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit pada gigi.

Sehingga lada cukup efektif digunakan untuk meredakan penderitaan sakit gigi tak tertahankan secara alami dengan cepat.

Ikuti Petunjuk cara menghilangkan sakit gigi berlubang parah berikut ini :
  1. Sediakan beberapa butir lada atau anda dapat menggunakan merica bubuk
  2. Tumbuk halus lada dan campurkan beberapa tetes air hingga berbentuk pasta
  3. Oleskan pada gigi dengan menggunakan cutton bud atau kapas lembut
  4. Diamkan selama 10 - 15 menit
  5. Berkumurlah dengan air hangat

15. Membersihkan Gigi

Tindakan ini sangat penting untuk anda lakukan sebagai langkah pencegahan agar rasa sakit tak terulang kembali dan sebagai upaya dari pengobatan rumah. Karena pada dasarnya sakit gigi berlubang parah disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri ini dapat berasal dari timbunan plak dan nanah di gusi, akibat dari pembusukan jaringan dentin, lapisan semen, pulpa, mahkota gigi dan sebagainya.

Jika gigi, gusi dan rahang terasa sakit ketika disentuh bagaimana caranya untuk membersihkan gigi ? Anda dapat mengkonsumsi salah satu dari obat - obatan kimia di atas atau menggunakan pengobatan dari bahan alami. Setelah rasa sakit sudah mereda, bersihkan gigi dengan segera.

Bagaimana caranya ?
  • Sediakan dental floasing, cutton bud, kaca, senter, pasta dan sikat gigi
  • Dental floasing untuk membersihkan sela - sela gigi, cutton bud untuk membersihkan timbunan plak, kaca dan senter untuk melihat bagian gigi berlubang, pasta dan gigi untuk menghilangkan bakteri serta nafas tak sedap
  • Langkah pertama, lakukan dental floasing disetiap sela - sela gigi dan gunakan cutton bud untuk membersihkan plak di area yang sulit dijangkau. Anda dapat melihatnya dengan bantuan kaca dan senter
  • Selanjutnya, sikatlah gigi secara benar terutama pada bagian gigi berlubang dengan perlahan - lahan dan lakukan pijatan ringan pada area sakit
  • Apabila perlu, gunakan cairan pembersih mulut setelah usai menggosok gigi
Menggunakan beberapa cara di atas dapat meredakan dan menyembuhkan sakit gigi hanya dalam waktu sesaat saja.

Selama gigi masih berlubang, anda akan selalu dibayangi oleh rasa sakit yang dapat menimpa diri anda sewaktu - waktu. Untuk itulah penting sekali melakukan perawatan gigi berlubang secara rutin seperti membersihkan plak dalam waktu beberapa hari sekali dan mengikuti tips di bawah ini.

Tips Mencegah Sakit Gigi Berlubang Tidak Kambuh Lagi

Seperti perkataan kami sebelumnya, untuk menyembuhkan sakit gigi berlubang hingga tuntas tak cukup jika hanya melakukan beberapa langkah pengobatan di atas. Tindakan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mencegah jangan sampai gigi berlubang kembali kambuh sakit lagi.

Untuk itulah, mengunjungi dokter gigi setelah atau ketika rasa sakit gigi datang adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Anda dapat melihat beberapa gambar gigi berlubang di bawah ini :

Ini penanganan untuk gigi berlubang seperti yang terlihat pada gambar.
Gambar gigi berlubang parah
Bagaimana cara mengatasi gigi geraham berlubang. Simak artikel ini selengkapnya.
Gigi Geraham Berlubang
Terkadang dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasi permasalah gigi berlubang tersebut. Dokter gigi akan melihat kondisi tingkat keparahan lubang. 

Jika masih memungkinkan untuk dipertahankan maka tindakan penambalan gigi atau perawatan saluran akar gigi akan dilakukan. 

Jika tingkat keparahan sudah tidak dapat ditoleransi, maka pencabutan gigi merupakan jalan terbaik ketimbang anda akan mengalami infeksi bakteri gigi dan merasakan sakit gigi selama hidup.

Beberapa langkah prosedural yang sering dilakukan dokter gigi untuk mengatasi masalah gigi berlubang antara lain :
  • Menggantikan mahkota gigi secara utuh jika mahkota sudah rusak ringan dan masih dapat dipertahankan, dengan catatan saluran akar gigi belum terinfeksi parah

  • Melakukan penambalan pada bagian tertentu jika lubang masih terlihat kecil atau belum menyentuh lapisan dentin. Penambalan akan dilakukan dengan salah satu komponen terbuat dari porselen, emas, resin, porselin fusi logam, atau bahan lainnya.

  • Perawatan saluran akar gigi disertai tindakan penambalan akan dilakukan jika gigi mengalami infeksi ringan dan lubang tidak terlalu parah. Jika masih dapat dipertahankan, sekaligus akan dilakukan penambalan

  • Pencabutan gigi adalah bagian akhir jika stuktur gigi tak dapat lagi dilakukan penambalan
Jangan merasa takut untuk berkunjung ke dokter gigi, karena masalah gigi berlubang bukanlah masalah kesehatan biasa.

Yakinlah bahwa dokter gigi akan memberikan solusi terbaik bagi anda. Beberapa penyakit serius dapat terjadi akibat dari gigi berlubang. Diantaranya seperti infeksi pembuluh darah hingga ke jantung, pembengkakan gusi hingga menimbulkan nanah dan sebagainya. Jangan sampai infeksi bakteri gigi tersebut dapat mengganggu kesehatan anda di masa mendatang.

Beberapa diantara cara ini, mungkin tidak memberikan hasilnya secara cepat seperti pada penggunaan obat kimia, tetapi setidaknya mampu meredakan rasa sakit gigi dalam hitungan menit.

Sekarang anda yang menentukan dan kami telah menyampaikannya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 15+ Obat Sakit Gigi Berlubang & Tips Agar Tidak Kambuh Lagi

0 komentar: