Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah Berjerawat Flek & Bopeng

Selama ini belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun binahong untuk wajah. Sebagian besar dari mereka seringkali menggunakan kosmetik dan beragam produk kesehatan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di daerah wajah, seperti jerawat, kulit kusam, komedo, wajah berminyak, bopeng bekas jerawat, flek hitam dan sebagainya.

Namun, cara tersebut belum tentu memberikan hasil 100% aman.

Terkadang malah menimbulkan efek samping berupa peradangan akut dikemudian hari setelah pemakaian karena adanya kandungan kimia berbahaya seperti merkuri, petrolatum, liquid paraffin dan sebagainya.

Walaupun sedikit mengkuatirkan, tak semua produk kesehatan untuk mengatasi pemasalahan di daerah wajah demikian.

Adapula produk kesehatan yang telah melalui serangkaian uji klinis dan telah lolos badan BPOM. Namun terkadang, biaya dikeluarkan untuk membeli produk tersebut lumayan mahal, apalagi jika penggunaannya untuk masa perawatan wajah. Tentu akan menambah biaya penegeluaran bulanan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti kulit wajah berjerawat, noda hitam di wajah ataupun bopeng bekas jerawat yang sudah lama, kita dapat memanfaatkan bahan - bahan alami yang ada disekitar kita. Diantaranya seperti, buah mentimun, jeruk nipis, lidah buaya, madu alami, daun dewa, umbi bengkoang, daun sirih dan sebagainya, termasuk daun binahong di dalamnya.

Khasiat Daun Binahong Untuk Wajah

Manfaat daun binahong untuk wajah berjerawat, menghilangkan noda hitam, memutihkan kulit dan mengatasi beragam permasalahan kulit lainnya bukanlah hal baru digunakan dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Bahkan, mereka yang telah menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat menggunakan daun binahong mengatakan bahwa daun binahong sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dalam waktu beberapa hari saja setelah pemakaian.

Benarkah demikian ?

Selama ini belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun binahong untuk wajah. Simak uraian lebih lanjut tentang khasiatnya diartikel ini.

Dalam sebuah penelitian berjudul "pengaruh penggunaan masker daun binahong (anredera cordifolia) terhadap pengurangan jerawat pada mahasiswi usia 17-25 tahun" dilakukan oleh Desy Yuana Putri berasal dari Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, menunjukkan adanya pengaruh dari perawatan kulit wajah yang menggunakan masker daun binahong terhadap hasil pengurangan jerawat dan noda hitam pada mahasiswi usia 17 - 25 tahun.

Penelitian tersebut berdasarkan setelah dilakukannya eksperimen kepada 10 sampel yang dipilih. Kemudian memperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan jumlah nilai rata-rata kenaikan kadar kelembaban dengan menggunakan masker daun binahong. Hal tersebut dikarenakan pada daun binahong memiliki kandungan zat antimikroba, anti inflamasi dan antioksidan berupa senyawa saponin, flavonoid.

Fungsi dari kandungan senyawa saponin pada daun binahong akan memicu terbentuknya kolagen yang merupakan protein penyusun tubuh.

Sehingga, dengan adanya pembentukan kolagen secara cepat maka proses penyembuhan akan semakin cepat dari biasanya. Senyawa saponin pada daun binahong ini sangat mambantu dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti :
  • Luka bakar
  • Luka memar
  • Goresan benda tajam
  • Mengobati penyakit kadas dan sebagainya 
Termasuk permasalahan di wajah seperti jerawat parah sekalipun.

Peran daun binahong dalam hal penyembuhan luka juga tak lepas dari kandungan senyawa flavonoid. Berdasarkan hasil penelitian di negara Korea Selatan, senyawa tersebut dapat menghambat terjadinya inflamasi (peradangan).

Cara Menggunakan Daun Binahong Untuk Wajah

Tata cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu dengan membuat masker daun binahong. Jika anda belum mengetahuinya, ikuti petunjuk di bawah ini.

Berikut ini adalah cara memutihkan wajah dengan daun binahong :
  1. Sediakan 5 hingga 8 lembar daun binahong segar, kemudian cuci hingga bersih
  2. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk adonan pasta
  3. Oleskan diseluruh permukaan kulit wajah hingga merata
  4. Diamkan selama 20 menit
  5. Basuh wajah anda dengan air bersih
Adapun penggunaan daun binahong untuk flek hitam, menghilangkan bopeng, komedo dan sebagainya dilakukan dengan tata cara pengolahan yang sama seperti di atas. Ada baiknya dilakukan di waktu malam hari sebelum tidur. Karena proses regenerasi sel kulit mati dan sel - sel tubuh kita aktif di malam hari.

Sedangkan pengobatan luar untuk mengatasi penyakit kulit seperti kudis, koreng dan sebagainya, dapat anda lakukan dengan cara melumatkannya kemudian ditempelkan begitu saja hingga mengering.

Lakukan langkah ini secara rutin setiap harinya hingga jerawat menghilang. Pada umumnya, setelah 4 hari pemakaian akan tampak pada kulit wajah.

Perlahan lahan kulit wajah kembali mulus. Masker daun binahong juga dapat anda gunakan untuk menghaluskan kulit, memutihkan kulit, membersihkan komedo membandel, mengencangkan kulit, menutupi pori - pori wajah yang terbuka lebar akibat bekas jerawat dan sebagainya. Selamat menggunakannya...

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah Berjerawat Flek & Bopeng

0 komentar: