Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dibeberapa negara seperti China, Taiwan, Vietnam dan Korea, khasiat binahong telah digunakan sebagai tumbuhan obat oleh sejumlah tabib dan ahli pengobatan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat seperti luka, meningkatkan stamina tubuh, menurunkan kadar asam urat dan kolesterol, meluruhkan batu empedu dan sebagainya dengan cara memanfaatkan bagian akar, batang, daun hingga umbinya

Sayangnya di negara berkembang seperti Indonesia, manfaat tumbuhan binahong belum dikenal begitu luas oleh masyarakat kita. Padahal, tak sedikit ahli kesehatan telah membuktikan khasiatnya melalui serangkaian penelitian.

Jika anda belum mengenali ciri ciri dari tumbuhan ini, coba perhatikan gambar di bawah ini:

Untuk mengetahui lebih lanjut ulasan lengkap tentang khasiat daun binahong, anda dapat membacanya di artikel ini.
Gambar daun binahong
Cek manfaat akar, batang, daun dan bunga binahong di artikel ini. Ketahui juga hasil riset yang telah dilakukan oleh para ahi.
Gambar bunga binahong
Agar khasiatnya lebih dikenal luas sebagai tumbuhan obat alami, semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai salah satu informasi bagi anda untuk mengenalinya.

9 Manfaat Daun Binahong:

1. Mengobati Hepatitis
Sejumlah dokter di Chinese University of Hongkong melaporkan Pien Tze Huang (Anredera cordifolia) atau lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan binahong membuktikan bahwa tumbuhan tersebut memiliki aktivitas hepatoprotektor atau memberikan reaksi perlindungan pada organ hati dari obat - obatan, racun dan lain - lain.

Penelitian serupa juga dibuktikan oleh Himpunan Farmakologi Kesehatan Tradisional China.

Dari hasil penelitian tersebut, khasiat daun binahonh mampu untuk mengatasi masalah gangguan hati, hepatitis atau kerusakan jaringan hati akibat pengaruh obat - obatan dan alkohool, menyembuhkan penyakit hati kronis dan menghambat perkembangan kanker hati.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Purnamasari Widyastuti adalah seorang peneliti dari Universitas Muhammadiyah malang.

Hasil risetnya membuktikan secara ilmiah keampuhan binahong mengobati luka bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka diabetes. Karena binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, alkaloid, terpenoid, dan saponin. Senyawa aktif flavonoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan daun binahong secukupnya
  2. Cuci bersih
  3. Tumbuk hingga halus
  4. Tempelkan pada luka hingga mengering
  5. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik

3. Mengikat Radikal Bebas

Sebuah riset penelitian dilakukan oleh Dr. Muhammad Da’i Msi, Apt dan Devi Ristian Octavia berasal dari fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah mengungkapkan bahwa manfaat daun binahong sangat berguna untuk menangkap radikal bebas dalam darah.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengekstrak daun binahong dengan pelarut petroleum eter, etil asetat, dan etanol.

Kemudian mencari perbandingan aktivitas penangkap radikal bebas antara binahong dan vitamin E. Nilai IC 50 atau nilai penghambatan 50% radikal bebas pada vitamin E sebesar 18,03 µ/ml. Berdasarkan hasil riset tersebut terbukti bahwa nilai IC 50 tertinggi adalah ekstrak etanol daun binahong yaitu 49,29 µ/ml. Hal ini berarti bahwa daun binahong mempunyai kemampuan menangkap radikal bebas.

4. Mengobati Diabetes

Dr. Farida Hayati Msi Apt dan Mir A, Kemila, peneliti dari Univeritas Islam Indonesia melakukan penelitian daun binahong dan diperoleh hasil bahwa daun binahong mampu mengatasi diabetes melitus. Minum air rebusan daun binahong dapat menurunkan kadar gula dalam sekejap.

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 8 lembar daun binahong agak tua
  2. Cuci bersih
  3. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih
  4. Jika air rebusan sudah susut menyisakan sekitar 1 gelas, angkat
  5. Minum 1/2 gelas setelah makan di waktu pagi dan sore hari
  6. Lakukan secara rutin 1 minggu 4 kali penggunaan hingga kadar gula normal

5. Antioksidan Alami

Dra. Salmah Orbayinah Apt Mkes dan Adhita Kartyanto, adalah periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil membuktikan manfaat binahong sebagai hepatoprotektor dan antioksidan

6. Menghilangkan Jerawat

Seorang peneliti bernama Rahmani Arisadita berasal dari Universitas Airlangga Surabaya membuktikan khasiat binahong mengandung senyawa anti bakteri. Senyawa ini mampu untuk menhilangkan jerawat membandel seperti jerawat batu dan kistik.

Penggunaannya yaitu dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong guna membersihkan darah kotor dan membaluri permukaan kulit berjerawat dengan masker binahong.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Manfaat daun binahong untuk kesehatan juga telah terbukti secara klinis atas penelitian dari seorang guru besar sekolah farmasi Insitur Teknologi Bandung Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar Apt, menemukan potensi manfaat binahong sebagai tanaman untuk mengobati diabetes, menurunkan kolesterol dan dapat mencegah untuk mengatasi gagal ginjal. Hal ini berkat adanya kandungan senyawa flavonoid, saponin, steroid, asam oleanolik dan kuinon pada binahong.

8. Obat Alami Pereda Nyeri

Tumbuhan binahong juga memiliki khasiat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri dengan cara mengkonsumsi rebusan dari binahong. Terbukti, dibeberapa negara seperti Kolombia seringkali menggunakannya.

9. Menyamarkan Bopeng

Masker daun binahong dapat kita gunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, komedo dan mengatasi kulit berminyak. Cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu dengan menumbuk halus daun binahong agak tua hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk rata hingga mengental seperti adonan pasta. Tempelkan pada daerah di bagian kulit yang bopeng.

Jika anda tidak ingin repot membuat ramuannya, saat ini telah tersedia eksrak daun binahong dalam bentuk kapsul dan dalam kemasan teh. Namun, perhatikan kemasan label jika anda ingin membelinya. Pastikan memiliki izin edar dan aman dikonsumsi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar: