Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Fakta ! Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun binahong hingga saat ini belum begitu dikenal secara meluas oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya, sebagian besar memanfaatkan tanaman ini hanya dijadikan sebagai tanaman hias semata untuk mempercantik keindahan perkarangan rumah tanpa menyadari bahwa tanaman binahong sebenarnya termasuk ke dalam tumbuhan obat keluarga yang khasiatnya mampu mengatasi berbagai penyakit akut dan kronis sekalipun.

Hal ini dibuktikan dari sejumlah beberapa negara seperti China, Taiwan, Vietnam dan Korea, dengan cara memanfaatkan bagian akar, batang, daun hingga umbi dari tumbuhan binahong atau lebih dikenal dengan nama Dheng Shan Chi sebagai obat berbahan dasar alami yang seringkali digunakan oleh kalangan tabib atau ahli pengobatan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat seperti luka, meningkatkan stamina tubuh, menurunkan asam urat dan kolesterol, pereda nyeri, menyembuhkan batu empedu dan sebagainya.

Selain itu, beberapa negara lainnya yang seringkali memanfatkan binahong sebagai obat herbal antara lain negara Kolombia dijadikan sebagai obat diabetes dan pereda nyeri, Meksiko menjadikan bagian umbi sebagai obat patah tulang dan luka bakar, Filipina menggunakan bagian daun sebagai obat bisul, Laos menjadikan air rebusan daun binahong sebagai obat peradangan dan diare, Indonesia menggunakan bagian daun sebagai obat penurun asam urat, Amerika menggunakan batang dan daun untuk dijadikan sebagai obat luka, anti hepatotoksik dan anti inflamasi dan beberapa negara lainnya yang belum kami sebutkan.

Sehebat itukah manfaat dari tanaman binahong bagi kesehatan tubuh kita ? Simak uraian penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

Asal Usul dan Ciri Ciri Tumbuhan Binahong

Secara morfologi, ciri ciri binahong mudah sekali untuk kita kenali. Memiliki ciri - ciri berdaun tunggal, bewarna hijau ataupun merah untuk jenis binahong merah, berbentuk seperti hati atau jantung dengan perbandingan panjang dan lebar 2 : 1, daunnya tumbuh pada dahan dengan susunan secara terseling, helaian daun tipis berujung meruncing serta memiliki pangkal daun berlekuk. Jika diperhatikan, tanaman ini memiliki bentuk batang yang mirip dengan kangkung. Namun, perbedaannya binahong dapat menjalar dan merambat dengan panjangnya dapat mencapai 5 - 7 meter tergantung kesuburan tanah dan dapat berumur selama belasan tahun.

Ciri - ciri lainnya yang dapat dikenali terletak dibagian bunganya, Bewarna putih berujung ungu pada bagian kepala sari, berbentuk majemuk rimpang dengan tangkai bunga memanjang seperti anggrek hutan putih dengan aroma wangi dikala mekar. Bunga akan muncul diketiak daun dengan warna mahkota bunga berwarna krem putih berjumlah 5 helai. Kemudian, bagian pada akar berupa rimpang menjalar. Jika akar tersebut disentuk akan terasa lunak.

Tidak diketahui secara pasti dari mana asal tanaman binahong atau dikenal dengan nama latin Anredera Cordifolia pertama kali ditemukan. Ada banyak sumber mengatakan binahong berasal dari negara Amerika Selatan diantaranya tertulis di dalam buku "Daun Ajaib" diterbitkan oleh penerbit Penebar Swadaya cetakan kelima tahun 2013. Namun, referensi lainnya menyebutkan bahwa tanaman tersebut berasal dari negara Vietnam, Korea ataupun China seperti kutipan kami dari situs wikipedia bebas versi bahasa Indonesia dan Inggris pekan lalu.

Untuk mengetahui lebih lanjut ulasan lengkap tentang khasiat daun binahong, anda dapat membacanya di artikel ini.

Cek manfaat akar, batang, daun dan bunga binahong di artikel ini. Ketahui juga hasil riset yang telah dilakukan oleh para ahi.
Gambar bunga binahong
Jika anda belum mengetahui bentuk rupa dari tumbuhan binahong, cobalah sejenak untuk memperhatikan gambar di atas. Dengan begitu, ketika anda melihat tanaman ini akan langsung teringat betapa "saktinya" tanaman tersebut untuk menumpas segala macam penyakit. Sehingga, tumbuhan ini layak anda jadikan sebagai koleksi untuk melengkapi tanaman obat keluarga (apotik hidup) di rumah anda. Dengan begitu, jika sewaktu - waktu diperlukan maka anda dapat memanfaatkannya langsung.

Manfaat Daun Binahong Disertai Fakta Ilmiah

Setelah kita mengenal bentuk rupa dari tumbuhan binahong dan asal usulnya dengan penjelasan yang kami berikan secara singkat di atas, kemudian uraian singkat di bawah ini akan menerangkan manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan, kandungan zat yang terkandung di dalamnya, adakah efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan sejumlah fakta ilmiah yang telah diteliti oleh para ahli kesehatan.

Diantara sekian banyak khasiat yang ada, tumbuhan binahong cukup dikenal untuk mempercepat proses penyembuhan luka bagian dalam maupun luka luar seperti koreng dan beragam penyakit kulit lainnya termasuk koreng diabetes, memelihara membran mukosa pada lapisan kulit, luka akibat benda tajam ataupun luka karena benda berkarat, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, pasca operasi, pasca melahirkan, khitan, radang usus dan sebagainya dengan cara memanfaatkan bagian daun, kemudian diolah melalui proses perebusan, dijadikan santapan sebagai menu lalapan atau ditumbuk halus kemudian ditempel pada bagian luka.

Khasiat tersebut tidak terlepas dari senyawa kimia asam askorbat yang terkandung pada bagian daun binahong. Selain itu, masih ada senyawa kimia lainnya turut berperan aktif dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan dan memberikan manfaat besar secara farmakologis, diantaranya sebagai berikut :
  • Saponin
  • Merupakan senyawa kimia bioaktif yang dapat ditemukan pada bagian akar, daun dan bunga binahong. Senyawa ini pula seringkali disebut sebagai "deterjen alam" dikarenakan memiliki karasteristik berupa buih ketika bercampur dengan air. Hampir disetiap jenis tumbuhan memiliki senyawa ini, namun setiap jenisnya berbeda - beda tergantung pada suatu spesies dalam satu kingkom. Senyawa ini memiliki peran sebagai metabolit skunder yakni untuk mempertahankan diri dari kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan seperti mengatasi hama dan penyakit tanaman.
    Saponin memiliki rasa pahit dan mengeluarkan bau yang dapat merangsang kita bersin ketika menciumnya. Senyawa ini dapat dimanfaatkan manusia untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat - obatan, pewarna makanan dan bumbu masak. Selain itu, kehadiran saponin dapat bermanfaat sebagai senyawa alami antibakteri, antivirus, antitumor dan penurun kadar kolesterol.

    Bukan hanya itu saja, sejumlah ahli kesehatan dunia memanfaatkan saponin pada bagian akar, daun dan bunga binahong untuk dijadikan obat antiinflamasi (mencegah peradangan), analgesik (pereda nyeri), senyawa antionkidan alami (memberikan reaksi pada sel untuk bertahan hidup dari serangan radikal bebas), obat untuk mengurangi penggumpalan darah, meningkatkan vitalitas dan sistem imunitas, menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes dan digunakan sebagai bahan baku sintesis hormon steroid dalam dunia kesehatan.

  • Flavonoid
  • Senyawa kimia ini dapat kita temukan disetiap bagian mulai dari akar, batang, daun dan bunga tumbuhan binahong. Sebagai bentk pertahanan diri dari serangan hama penyakit, senyawa ini sangat berperan aktif sebagai zat antimicroba alami pada tanaman. Beragam riset dilakukan oleh pakar kesehatan, flavonoid memberikan manfaat secara farmakologis sebagai senyawa alami antiinflamasi, analgesik (mengurangi rasa sakit jika terjadi peradangan atau pembengkakan), menghambat pertumbuhan jamur, bakteri dan virus, membantu pelepasan histamin pada radang, mengurangi penimbunan lemak pada pembuluh darah sehingga baik untuk penderita jantung, menurunkan kadar asam urat dalam darah dan sebagainya.

  • Alkaloid
  • Senyawa ini memiliki sifat detoksifikasi berfungi untuk  menetralkan racun di dalam tubuh)dan memberikan efek antihiperglikemik atau membantu menetralkan kadar gula dalam darah. Selain itu, senyawa alkaloid memiliki kempuan sebagai zat antibakteri dengan cara mengganggu komponen penyusun peptidoglikan  (dinding sel bakteri). Sehingga dinding sel bakteri tidak terbentuk secara sempurna, akibatnya bakteri akan mengalami kematian.

  • Asam Askorbat
  • Telah kami jelaskan sebelumnya, senyawa ini sangat berperan aktif dalam mempercepat proses penyembuhan luka, baik itu luka  luar seperti koreng, luka akibat goresan pisau, benda tumpul berkarat, luka diabetes, sariawan, luka bakar dan sebagainya, maupun luka dalam seperti pasca tindakan operasi, khitan, luka pukulan tenaga dalam, memar dan sebagainya.

    Asam askorbat seringkali disebut sebagai vitamin C yang memberikan peran penting dalam membantu mengaktifkan enzim prolil hidroksilase untuk menunjang proses percepatan hidroksilasi ketika kolagen dibentuk dalam tubuh. Dengan adanya peroses percepatan pembentukan kolagen ini, maka proses penyembuhan dapat berangsur singkat.

  • Polifenol
  • Senyawa kimia ini memiliki peran aktif dalam memberikan warna pada daun ketika pertama kali tunas (daun baru) hingga daun gugur. Bersumber dari sebuah karya ilmiah berjudul "Kimia Organik Metabolit Sekunder" disusun oleh Kevin john martin S lumban gaol Jurusan teknologi hasil pertanian Universitas Jambi tahun 2016, senyawa polifenol dapat dijadikan sebagai zat antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, alzheimer dan kanker.

  • Protein
  • Khsusunya di negara Vietnam, pemanfaatan daun binahong dijadikan sebagai menu pelengkap disetiap hidangan khas dengan cara dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan. Bahkan, menurut catatan sejarah yang ditulis dalam situs wikipedia bebas, pada zaman dahulu ketika terjadinya perang Vietnam tahun 1950 melawan Amerika, tentara Vietnam memanfaatkan daun binahong untuk mengobati luka dan bertahan hidup di dalam hutan. Hingga akhirnya mereka mampu bertahan hidup lebih lama dengan stamina tubuh tetap terjaga.

    Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan, ternyata kandunan protein yang terdapat pada bagian daun, memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mempercepat proses regenerasi sel - sel rusak.

  • Asam Oleanolik
  • Senyawa ini termasuk ke dalam golongan triterpenoid. Bagi kesehatan tubuh manusia, senyawa ini dijadikan sebagai sumber alami zat antioksidan dan anti inflamasi. Sistem kerja dari senyawa ini ketika masuk ke dalam tubuh akan mencegah dan meningkatkan sistem pertahanan sel dari racun yang dikeluarkan oleh bakteri, jamur ataupun virus parasit di dalam tubuh manusia.

    Dengan demikian, asam oleanolik berguna untuk menjaga sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi sekaligus dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel rusak. Dengan adanya senyawa ini pula, sebagai salah satu obat herbal paling ampuh untuk menurunkan kadar gula darah, penyakit maag dan mempercepat penyembuhan luka koreng diabetes.

  • Minyak Atsiri
  • Kandungan minyak atsiri pada tanaman binahong dapat ditemukan terutama pada bagian bunga. Memiliki karasteristik beraoma wangi dan mudah menguap. Beberapa peran penting minyak atsiri bagi dunia kesehatan antara lain sebagai bahan hemolitik (menghambat laju hancurnya sel darah merah pada penderita anemia dan kanker darah, pereda nyeri, memberikan efek sedative atau menenangkan saraf dan bersifat enzimatik. Aromanya yang wangi, seringkali dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat beberapa produk kesehatan dan kecantikan seperti parfum, sabun mandi, obat antiseptik kewanitaan dan kosmetik seperti pelembab wajah dan sebagainya.

  • Tanin
  • Manfaat binahong juga tak lepas dari senyawa bernama tanin merupakan senyawa aktif yang dapat dijumpai disetiap bagian mulai dari akar hingga bunga. Bersifat fenol atau memiliki rasa sepet. Tanin dapat difungsikan bagi dunia kesehatan sebagai anti bakteri. Cara kerjanya adalah dengan merusak membran sel bakteri, sehingga perkembangbiakan bakteri akan terganggu dan berujung tragis kepada kematian.
Begitu banyaknya manfaat yang diberikan, sehingga wajar saja dikatakan dari sejumlah kalangan peneliti menamakan binahong termasuk ke dalam katagori "daun ajaib" yang memiliki ragam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Jejak Penelitian Khasiat Binahong Oleh Sejumlah Ahli Kesehatan

Hingga saat ini ditahun 2017, telah banyak jejak penelitian yang telah dipublikasikan kepada masyarakat luas di dalam lembaran buku ataupun pada jounal ilmiah di internet bertujuan untuk memberikan bukti ilmiah tentang khasiat binahong bagi dunia kesehatan. Diantara jejak penelitian tersebut kami tuliskan di situs gejalapenyakit.org yang dapat anda simak di bawah ini :

Sejumlah dokter di Chinese University of Hongkong melaporkan Pien Tze Huang (Anredera cordifolia) atau lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan binahong membuktikan bahwa tumbuhan tersebut memiliki aktivitas hepatoprotektor atau memberikan reaksi perlindungan pada organ hati dari obat - obatan, racun dan lain - lain.

Penelitian serupa juga dibuktikan oleh Himpunan Farmakologi Kesehatan Tradisional China. Dari hasil penelitian tersebut, Zhang Zhou Pharmaceutical telah melakukan claim bahwa kandungan senyawa pada tumbuhan ini dapat mengatasi masalah gangguan liver, hepatitis, perlemahan hari, kerusakan jaringan hati akibat pengaruh obat - obatan dan alkoh*l, menyembuhkan penyakit hati kronis dan menghambat perkembangan kanker hati.

Sedangkan di Indonesia sendiri khususnya bagi masyarakat Bali, penggunaan daun binahong difungsikan sebagai obat untuk mengatasi ragam penyakit seperti mengobati bisul, mengobati flu dan pilek, menurunkan panas, mengobati berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas dan sebagainya serta mempercepat proses penyembuhan luka seperti luka bakar akibat knalpot dan sebagainya. Selain itu, masyarakat Indonesia dibeberapa daerah lainnya juga seringkali menggunakan bagian daun binahong untuk mengobati asam urat, menurunkan kadar gula dalam darah, obat luka dan sebagainya. Walaupun, sebagian besar belum banyak yang mengetahui khasiatnya.

Sejumlah jejak penelitian lainnya kami rangkum di bawah ini :
  • Purnamasari Widyastuti adalah seorang periset dari Universitas Muhammadiyah malang. Dari hasil risetnya, Ia berhasil membuktikan secara ilmiah keampuhan binahong mengobati luka. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukannya pula diketahui bahwa daun binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, alkaloid, terpenoid, dan saponin. Senyawa aktif flavonoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Aktivitas farmakologi dari flavonoid adalah sebagai anti inflamasi, analgesik, dan antioksidan.

  • Sebuah riset penelitian dilakukan oleh Dr. Muhammad Da’i Msi, Apt dan Devi Ristian Octavia berasal dari fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah mengungkapkan bahwa manfaat daun binahong sangat berguna untuk menangkap radikal bebas dalam darah.

    Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengekstrak daun binahong dengan pelarut petroleum eter, etil asetat, dan etanol. Kemudian mencari perbandingan aktivitas penangkap radikal bebas antara binahong dan vitamin E. Nilai IC 50 atau nilai penghambatan 50% radikal bebas pada vitamin E sebesar 18,03 µ/ml. Berdasarkan hasil riset tersebut terbukti bahwa nilai IC 50 tertinggi adalah ekstrak etanol daun binahong yaitu 49,29 µ/ml. Hal ini berarti bahwa daun binahong mempunyai kemampuan menangkap radikal bebas yang hampir menyamai vitamin E

  • Dr. Farida Hayati Msi Apt dan Mir A, Kemila, peneliti dari Univeritas Islam Indonesia melakukan penelitian daun binahong dan diperoleh hasil bahwa daun binahong mampu mengatasi diabetes melitus

  • Dra. Salmah Orbayinah Apt Mkes dan Adhita Kartyanto, adalah periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil membuktikan manfaat binahong sebagai hepatoprotektor dan antioksidan

  • Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Rahmani Arisadita berasal dari Universitas Airlangga Surabaya membuktikan khasiat binahong mengandung senyawa anti bakteri

  • Isnaini Wahyu Hidayati, peneliti dari Universitas Muhammadiyah Surkarta melakukan penelitian terhadap daun binahong, dan diperoleh hasil bahwa daun binahong sangat berkhasiat dalam mengobati luka.

  • Sri Murni Astuti adalah seorang peneliti dari Universitas Malaysia Pahang berhasil membuktikan daun binahong berpotensi mengobati diabetes mellitus, hepatitis, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan pembekuan darah, serta stres mental dan fisik

  • Jauhar Arty Asriani, seorang peneliti dari Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan penelitian mengenai daun binahong sebagai tonikum

  • G.M. Gundidza adalah seorang periset dari Fakultas Ilmu Kesehatan, University Of Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan. Beliau melakukan riset mengenai daun binahong dan berhasil menemukan manfaat lain daun binahong yaitu sebagai afrodisiak. Hasil riset tersebut memperkuat keampuhan binahong untuk mengobati berbagai penyakit
Manfaat daun binahong untuk kesehatan juga telah terbukti secara klinis atas penelitian dari seorang guru besar sekolah farmasi Insitur Teknologi Bandung Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar Apt, menemukan potensi manfaat binahong sebagai tanaman untuk mengobati diabetes, menurunkan kolesterol dan dapat mencegah untuk mengatasi gagal ginjal. Hal ini berkat adanya kandungan senyawa flavonoid, saponin, steroid, asam oleanolik dan kuinon pada binahong.

Penelitian serupa juga telah dilakukan untuk mengetahui manfaat daun binahong untuk kecantikan yang dilakukan Desy Yuliana Putri seorang mahasiwi dari Program Studi Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dalam skripsi berjudul "Pengaruh Penggunaan Masker Daun Binahong (Anredera Cordifolia (ten) steenis) Terhadap Pengurangan Jerawat Pada mahasiswi usia 17-25 tahun". Dari penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari perawatan kulit wajah yang menggunakan masker daun binahong terhadap pengurangan jerawat pada mahasiswi usia 17-25 tahun. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki zat antimikroba yang terkandung dalam saponin, flavonoid (11,230 mgram) sebagai anti inflamasi dan antioksidan, methyl saliciat (2,125 mgram) yang bersifat asam, digunakan sebagai obat luar yang bekerja melalui kandungan asam nya, dan Kalsium (75 mgram) sebagai daya tahan tubuh.

Cara Membuat Ramuan Dari Daun Binahong

Daun binahong sebenarnya dapat dikonsumsi secara mentah dijadkan sebagai menu lalapan dari suatu masakan, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Vietnam atau dapat direbus terlebih dahulu. Namun, dengan catatan jangan sampai daunnya layu, sehingga tidak mengurangi khasiatnya.

Sedangkan, daun binahong untuk mengobati luka seperti terkena knalpot, luka bakar, luka akibat benda tajam, akibat terjatuh dan sebagainya. Cara menggunakannya ditumbuk halus terlebih dahulu, kemudian ditempelkan pada daerah luka. Sedangkan luka akibat komplikasi diabetes, dapat menggunakan bubuk / serbuk daun binahong kering. Kemudian, ditaburi pada bagian koreng.

Cari tahu informasi tentang khasiat binahong pada artikel ini. Diulas secara lengkap.

Dapat pula digunakan untuk obat jerawat alami seperti menghilangkan bopeng bekas jerawat, komedo dan segainya. Cara menggunakan daun binahong untuk jerawat sangatlah mudah yaitu dengan menumbuk halus daun binahong agak tua hingga halus, kemudian tanmabhakn sedikit air dan aduk rata hingga mengental seperti adonan pasta. Tempelkan pada daerah jerawat. Lakukan cara rutin disetiap malam hari.

Selain itu, dapat pula digunakan untuk luka memar akibat terjatuh, terkena benda tumpul dan sebagainya. Cara menggunakannya sama dengan cara ditumbuk terlebih dahulu, kemudian tempelkan pada daerah yang sakit.

Penggunaan binahong untuk obat penyakit dalam seperti asam urat, kolesterol, penyakit gula darah dan lainnya, dapat mengkonsumsi bagian daunnya secara langsung sebagai lalapan atau melalui proses perebusan. Cara membuat ramuannya, sediakan 7 lembar daun binahong agak tua. Kemudian, rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 2 gelas air saja. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari hingga penyakit sembuh.

Jika anda tidak ingin mecarik ramuannya, anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk serbuk teh atau kapsul. Namun, pastikan produk tersebut telah memilik izin edar BPOM. Jangan lupa selalu melakukan pengecekan rutin untuk memantau perkembangan penyakit. Jika telah sembuh, penggunaannya dapat dikurangi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Fakta ! Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar: