Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Tips Jitu Hidup Sehat Bebas Asam Urat Tanpa Obat

Mengingat akan bahaya asam urat seperti yang pernah kami tuliskan beberapa waktu lalu sebenarnya dapat dicegah. Tak hanya itu resiko untuk terkena penyakit asam urat pun dapat dihindari. Upaya pencegahan dinilai jauh lebih efektif untuk dilakukan ketimbang tindakan pengobatan.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi tubuh kita agar terbebas dari asam urat tinggi pada prinsipnya sangatlah sederhana yaitu dengan cara menjalani pola hidup sehat.

Ketika seseorang telah mampu menjalankannya secara konsisten, maka seseorang tersebut akan mendapatkan manfaat dari pola hidup sehat salah satunya terbebas dari serangan penyakit asam urat selama masa hidupnya.

Bukan hanya itu saja, gaya hidup sehat seperti ini juga akan menekan resiko terjadinya gangguan kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Terkait dengan hal ini, bagaimana teknis pelaksaannya ?

Simak uraian lebih lanjut di bawah ini dan tetaplah membaca.

Tips Agar Terbebas Dari Penyakit Asam Urat

1. Ketahui Riwayat Penyakit Anggota Keluarga

Untuk terbebas dari asam urat tinggi adalah dengan mengetahui riwayat penyakit keluarga.

Sebab, bawaan genetik merupakan salah satu faktor resiko yang dapat mempengaruhi timbulnya kondisi hiperurisemia.

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk terbebas dari asam urat tinggi adalah dengan mengetahui riwayat penyakit keluarga.

Karena jika seseorang sadar akan hal ini, maka selanjutnya tindakan pencegahan akan jauh lebih efektif. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah membuat jadwal rutin untuk melakukan pengecekan kadar asam urat dalam darah, apakah berada di ambang batas normal atau lebih.

Kemudian, apabila perlu mengkonsumsi obat alami asam urat dari tumbuhan dapat dilakukan.

Biasanya yang paling umum dilakukan pada tahap pemeriksaan adalah dengan cara mengambil sampel darah melalu salah satu jemari atau menggunakan urin. Ukurannya, jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar asam urat di atas 7 mg/dl untuk pria dan di atas 6 mg/dl untuk wanita, itu bearti seseorang dapat dikatakan menderita penyakit asam urat.

2. Cermat Memilih Makanan

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah berprilaku cerdas dalam memilih bahan makanan untuk dikonsumsi. Hal ini mengingat bahwa produksi asam urat sangat berbanding lurus dengan ketersediaan kandungan kadar purin di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, mengetahui daftar makanan pantangan asam urat berkadar purin rendah, sedang dan tinggi sangat penting sekali. Dengan begitu kita akan mengetahui pula batasan - batasan mana makanan yang dapat dikonsumsi, dikurangi, dihindari atau dilarang dikonsumsi sama sekali.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang cukup akan kandungan karbohidrat kompleks, rendah protein dan lemak, mencangkup unsur vitamin B, vitamin C, vitamin E dan memiliki kandungan potasium tinggi.

Mengapa demikian ?
  • Karbohidrat kompleks merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat kompleks sangat disarankan bagi penderita asam urat karena jenis karbohidrat yang lambat dicerna oleh usus. Hal ini akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat dijadikan sebagai menu pilihan paling tepat untuk menjalani program diet. Diantara sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain roti gandum, oatmeal, nasi singkong dan ketela rambat (ubi).

  • Memilih makanan dengan kandungan rendah protein dan rendah lemak bertujuan untuk menekan peningkatan asam urat dalam darah. Hal tersebut dikarenakan purin dihasilkan dari proses katabolisme tubuh. Sumber protein dapat berasal dari hewani dan nabati. Protein hewani pada umumnnya lebih cepat memicu timbulnya gejala asam urat yang terdapat pada kerang, ikan, daging ayam, daging sapi dan sebagainya. Namun bukan bearti protein nabati dikatakan aman. 

  • Jika dikonsumsi secara belebihan juga dapat menjadi pemicu timbulnya kondisi hiperurisemia. Beberapa protein nabati tersebut diantaranya kacang - kacangan, tempe, susu kedelai, kacang merah, melinjo dan sebagainya. Sedangkan asupan makanan berlemak terlalu tinggi akan menyebabkan proses ekstraksi dan pembuangan asam urat dalam bentuk urine menjadi terhambat. Akibatnya, asam urat dalam darah mengalami peningkatan.

  • Vitamin B, vitamin C dan vitamin E merupakan diantara zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Itu dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin tersebut secara mandiri. Satu - satu cara bagi tubuh untuk mendapatkan suplai vitamin adalah melalui sumber makanan seperti sayuran dan buah - buahan. 

  • Vitamin B banyak sekali jenisnya. Setidaknya ada 8 jenis yang telah dikelompokkan seperti B1 (yuditiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam fantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat) dan B12 (kobalamin). Dari hasil penelitian, Vitamin B12 turut berperan dalam hal mengontrol tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah. Adapun sumber vitamin B yang dapat dikonsumsi antara lain kentang, strawberry, jeruk, ikan tuna, kembang kol dan semua jenis pisang.

    Vitamin C juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh diataranya sebagai sumber alami zat antioksidan, meningkatkan sistem imunitas dan sebagainya termasuk menurunkan resiko terkena asam urat tinggi. 

    Hal itu dikarenakan, vitamin C memiliki peran aktif dalam membantu untuk meningkatkan kemampuan pembuangan tubuh dalam hal meluruhkan asam urat dalam bentuk air seni. Sehingga, proses buang air kecil menjadi lancar. Namun, apabila dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal sangat tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa buah - buahan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, tomat, sirsak, strawberry, jambu biji dan sebagainya.

    Vitamin E juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Sehingga, dapat dijadikan sebagai nutrisi wajib bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin E antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, membantu melancarkan peredaran darah, sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh, meredakan nyeri dan sebagainya. Adapun jenis buah - buahan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi antara lain minyak zaitun, kacang almond, buah kiwi, mangga dan sebagainya.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengantung tinggi potasium dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan karena potasium merupakan zat elektrolit yang memiliki peran penting untuk meningkatkan proses metabilsme tubuh dan memberikan manfaat lainnya seperti mencegah stroke, membantu menjaga stabilitas tekanan darah dan denyut jantung, dan sebagainya.

    Khususnya untuk penderita asam urat sangat penting dikonsumsi karena bermanfaat untuk membersihkan, menetralkan dan menghancurkan kristal asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Adapun sumber potasium dapat ditemukan pada apel merah, semangka, kentang, labu kuning, pisang dan sebagainya.

3. Minum Air Putih Secara Teratur

Langkah Ketiga yaitu mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan.

Jika anda bertanya minum air putih yang baik sehari berapa liter, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang aturan minum air putih.

Adapun pengaruh air dalam hal mengatasi asam urat berkaitan dengan fungsi air sebagai cairan peluruh endapan asam urat karena dapat melancarkan sirkulasi peredarahn darah. Selain itu air putih juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan kinerja ginjal.

Langkah Ketiga yaitu mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan. Jika anda bertanya minum air putih yang baik sehari berapa liter, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang aturan minum air putih

Sehingga, jika organ ginjal sehat maka proses pembuangan racun - racun tubuh pun akan berjalan secara optimal.

Dengan kata lain, organ ginjal akan terhindar dari tumpukan zat - zat berbahaya yang dapat merugikan tubuh. Sedangkan, peran air lainnya bagi tubuh dapat melancarkan sistem pencernaan, sebagai media untuk melancarkan proses detoksifikasi, menjaga kelancarkan sirkulasi darah dan keseimbangan suhu tubuh serta lainnya.

4. Lakukan Kebiasaan Hidup Sehat

Hindari kebiasaan sehari - hari berpotensi merusak tubuh.

Diantara kebiasaan buruk dalam prilaku hidup sehari - hari yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
  • Menghentikan kebiasaan - kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan seperti meroko, mengkonsumsi alkhol, kebiasaan tidur terlalu larut malam di atas jam 11 malam dan kurang melakukan aktivitas olahraga
  • Mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan dampak baik dan buruk bagi kesehatan
  • Menunda - nunda waktu makan padahal perut teraasa lapar
Terkait dengan gaya hidup sehat memang sebagian besar indentik dengan pengaturan tata kelola pada pola makan.

5. Cukup Aktivitas Olahraga

Lakukan aktivitas olahraga secara rutin dan sesuai dengan porsi tubuh. Asupan nutrisi dinilai belum cukup untuk mendapatkan kriteria tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam masalah kesehatan.

Haruslah diimbangi dengan kegiatan olahraga.

Karena dengan olahraga dapat membantu membakar lemak jahat dan menjaga proses sistem metabolisme tubuh berjalan baik.

Olahraga dapat melibatkan seluruh komponen tubuh.

Khususnya bagi penderita asam urat, menggerakkan otot persendian adalah upaya untuk mencegah otot - otot melemah dan semakin kaku.

Gerakan olahraga yang disarankan pun tidak terlalu berlebihan karena dapat mencederai persendian semakin parah. Hindari gerakan - gerakan ekstrem berlari, memukul (tinju), melompat - lompat dan sejenisnya.

Menari, bersepeda, jalan cepat, senam, yoga, jalan santai dan berenang adalah beberapa aktivitas olahraga yang dapat dilakukan. Olahraga tersebut termasuk ke dalam katagori ringan karena tidak terlalu membebani persendian tubuh.

Paling tidak 1 kali dalam seminggu selama 20 menit dan maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

6. Selalu Berfikir Positif dan Hindari Stres

Segala bentuk pikiran yang ada dapat memiliki pengaruh besar terhadap kodisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketika kita menghadirkan sebuah pikiran negatif seperti "aku tidak akan sembuh karena penyakit ini sudah parah", maka sel - sel yang terdapat di dalam tubuh akan menerjemahkan bahwa kita tidak akan sembuh dari penyakit tersebut.

Akibatnya, rasa selalu tidak nyaman, sakit dan proses penyembuhannya pun akan terhambat serta berjalan lambat.

Begitu sebaliknya jika kita berfikir positf, maka sel - sel di dalam tubuh akan merespon positif bahwa sel tersebut akan berjuang untuk mewujudkan sugesti positif dari pikiran kita.

7. Konsumsi Secara Berkala Ramuan Herbal

Ramuan herbal biasanya menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Hal ini dikarenakan tanpa ada unsur tambahan bahan kimia sintesis.

Jamu adalah salah satu diantaranya ramuan herbal cukup terkenal di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Selain itu dapat pula berupa rebusan - rebusan yang berasal dari akar, daun, batang dan bunga dari suatu tanaman obat.

Misalnya saja, daun sirsak yang memiliki ragam khasiat salah satunya dapat menurunkan kadar asam urat.

Walaupun demikian, tetap saja mengkonsumsi ramuan herbal harus memperhatikan dosis penggunaan, tata cara pengolahan yang baik dan benar dan pengetahuan akan dampak baik dan buruknya bagi kesehatan tubuh

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7 Tips Jitu Hidup Sehat Bebas Asam Urat Tanpa Obat

0 komentar: