Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Cara Menyembuhkan Campak Pada Anak Dengan Cepat

Bahaya campak dapat menimbulkan ruam di permukaan kulit seluruh bagian anggota tubuh. Selain itu, infeksi campak dapat menimbulkan ragam komplikasi serus seperti batuk, gangguan pendengaran, mual disertai muntah, penurunan jumlah trombosit, demam hingga dapat merenggut korban jiwa dalam waktu singkat.

Untuk mencegah hal buruk tersebut terjadi setelah tampak beberapa tanda khusus seperti munculnya ruam, maka perlu dilakukan suatu tindakan pengobatan.

Selaku orang tua, anda harus waspada penyakit campak pada anak. Pahami gejalanya, penyebab dan pengobatannya. Lakukan pertolongan pertama sebelum terlambat.
Gambar penyakit campak pada anak terlihat munculnya ruam bewarna merah secara masif

Berikut ini beberapa cara mengobati campak pada anak:

1. Berikan Asupan Vitamin A

Menyembuhkan campak dapat dilakukan dengan pemberian Vitamin A berfungsi sebagai imunomodulator untuk meningkatkan respons antibodi terhadap dampak buruk virus campak.

Vitamin A juga dapat menurunkan angka kejadian komplikasi parah seperti diare dan pneumonia.

Vitamin A dapat berasal dari buah - buahan seperti buah pepaya. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi minum air putih sesuai aturan dan istirahat yang cukup selama 8 hingga 10 jam dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh si anak.

2. Konsumsi Obat Penurun Panas dan Vaksinisasi

Adanya ruam bewarna merah mungkin saja dapat menyebar dengan begitu cepat seiring dengan melemahnya daya tahan tubuh, untuk itu segera bawalah anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Untuk menurunkan suhu tubuh si anak dan menguatkan imunitas, biasanya dokter akan memberikan obat penurun panas berupa ibu profen dan vitamin A.

Pemberian obat penurun panas wajib dilakukan atas sepengetahuan dokter karena dosis yang diberikan melihat faktor usia dan berat badan si anak.

3. Lakukan Vaksinisasi

Pemberian vaksinisasi MMR mungkin saja akan diberikan jika virus campak sudah menyebar luas anggota tubuh lainnya. Namun, terlebih dahulu dokter akan meninjau kondisi kesehatan anak sebelum vaksinisasi.

4. Berikan si Anak Teh Jahe dan Madu

Jahe dan teh memiliki fungsi sebagai bahan alami anti inflamasi dan relaxsasi bagi tubuh anak. Selain itu, keduanya akan membuat anak nyaman dan hangat serta melegakan pernafasan. Anda dapat memberikannya terutama ketika hendak tidur di waktu malam hari. Tambahkan 1 sendok madu untuk mengurangi gejala mual dan muntah.

5. Konsumsi Bubur Ayam

Disarankan selama anak sakit, berikan kepada anak makanan lembut seperti bubur. Sebaiknya dimasak sendiri dan jangan menggunakan tambahan penyedap rasa pada masakan. Gunakan ayam kampung karena sedikit mengandung lemak. Bubur ayam dapat memulihkan kondisi kesehatan selama sakit.

6. Minum Air Kelapa Muda

Dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa muda segar. Karena air kelapa mengandung kaya akan antioksidan dan elektrolit alami seperti kalsium untuk mengurangi gejala dehidrasi dan membantu melegakan saluran pernafasan. Akan tetapi, jangan berikan air kelapa dingin karena dapat menurunkan suhu tubuh si anak dalam sekejap.

7. Gunakan Jagung dan Daun Binahong

Untuk menghilangkan ruam di permukaan kulit, anda dapat menggunakan jagung muda dan daun binahong secukupnya.

Jagung dan daun binahong tersebut ditumuk halus atau diblender. Tambahkan air secukupnya. Kemudian endapkan sejenak. Ambil pati perasan jagung muda dan daun binahong tadi, selanjutnya pati tersebut dioleskan ke seluruh permukaan kulit yang terdapat ruam. Lakukan cara ini diwaktu pagi dan malam hari hingga ruam hilang.

8. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mengobati campak selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan yaitu dengan mengkonsumsi makanan begizi meliputi buah - buahan, sayuran, protein hewani dan protein nabati seperti jeruk, apel, jus wortel, ikan tenggiri, ikan krisi dan bayam serta air kelapa muda untuk menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan imunitas.

Namun, pastikan anda memperhatikan pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita campak:
  • Makanan digoreng dan pedas
  • Terlalu asin
  • Makanan cepat saji
  • Susu
  • Roti putih
  • Permen atau gula berlebih 
  • Minuman bersoda.

Ciri - Ciri Campak Akan Sembuh

Setelah masa inkubasi, gejala campak pada anak akan timbul berupa ruam bewarna merah.

Biasanya kondisi tersebut berlangsung selama 5 - 10 hari tergantung dari tindakan pengobatan yang diberikan. Setelah mendapatkan penanganan intensif secara medis, gejala berupa ruam, tidak nafsu makan dan sebagainya tersebut akan berangsur - angsur menghilang.

Demam akan menurun dapat menjadi petanda ciri ciri campak akan sembuh.

Selain itu, ciri ciri campak akan sembuh ditandai dengan sikap si anak yang tenang, tidak sering menangis, nafsu makan meningkat, aktivitas semakin lincah, ruam berangsur - angsur menghilang dan sebagainya.

Pada kondisi seperti ini, sebaiknya tidak mandi. Cukup mengusap tubuh anak dengan kain basah hangat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Cara Menyembuhkan Campak Pada Anak Dengan Cepat

0 komentar: