Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Obat Herbal Asam Urat Terbaik Buatan Sendiri 100% Aman !

Di masa kini, cara mengobati asam urat dengan herbal telah menjadi alternatif lain daripada harus mengkonsumsi obat - obatan kimia yang pada umumnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Beberapa ramuan herbal di bawah ini memiliki manfaat untuk menetralkan kadar asam urat, meredakan sakit hingga menyembuhkan penyakit asam urat jika dikonsumsi secara rutin dan berkala. Diantaranya sebagai berikut:

9 Obat Herbal Asam Urat:

1. Buah Jeruk Nipis

Anda pastinya sudah tak akan asing lagi dengan nama buah yang satu ini.

Jeruk nipis biasa kerapkali hadir dan dijadikan sebagai pelengkap penambah cita rasa asam pada suatu masakan seperti sayur sup, bakso, soto dan sebagainya atau digunakan untuk penghilang bau amis pada ikan.

Ukurannya boleh saja kecil daripada jeruk pada umumnya, ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk asam urat.

Kandungan jeruk nipis berupa vitamin C, vitamin B1, asam sitrat dan minyak atsiri alami dari tumbuhan inilah yang berkhasiat mengatasi kadar asam urat dalam darah.

Kandungan jeruk nipis berupa vitamin C, vitamin B1, asam sitrat dan minyak atsiri alami dari tumbuhan inilah yang berkhasiat mengatasi kadar asam urat dalam darah. Menggunakan cara ini sangat efektif dan lagipula jeruk nipis sangat mudah didapatkan dengan biaya ekonomis.

Berikut ini adalah cara mengobati asam urat dengan jeruk nipis:
  1. Sediakan 1 buah jeruk nipis segar bewarna hijau tua
  2. Sediakan 1 gelas air hangat
  3. Peras jeruk nipis ke dalam air hangat, selanjutnya aduk hingga merata
  4. Minum ramuan ini setiap hari pada waktu pagi dan sore
Konsumsi ramuan ini 30 menit setelah makan untuk menghindari iritasi lambung bagi yang memiliki penyakit maag.

2. Daun Tempuyung

Tempuyung sebenarnya sejenis tanaman liar yang biasanya tumbuh dibeberapa tempat terbuka dengan cukup sinar matahari, seperti pada perkarangan rumah, pinggiran jalan, kebun dan sebagainya.

Sehingga, tumbuhan obat ini seringkali dianggap sebagai hama atau rumput pengganggu. Wajar saja karena ketidaktahuan akan khasiat daun tempuyung, sebagian besar dari kita mencabut tanaman ini karena dianggap sebagai rumput.

Berdasarkan penelitian oleh sejumlah ahli kesehatan, daun tempuyung setidaknya mengandung 7 jenis senyawa kimia aktif

Bagian tanaman tempuyung yang dapat difungsikan untuk dijadikan sebagai obat herbal asam urat adalah terletak pada daunnya.

Berdasarkan penelitian oleh sejumlah ahli kesehatan, daun tempuyung setidaknya mengandung 7 jenis senyawa kimia aktif yaitu alfalaktuserol, manitol, kalium, inositol, betaktuserol, flavonoid dan taraksasterol.

Diantara manfaatnya yaitu unutk menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat kinerja enzim xantin oksidase dalam tubuh.

Jika anda ingin membuat ramuan herbal asam urat dari tempuyung, pastikan terlebih dahulu bahwa tumbuhan yang anda lihat adalah tumbuhan tempuyung (lihat gambar).

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 30 gram daun tempuyung segar (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
  2. 3 Gelas air bersih
  3. Tata cara membuat ramuan adalah bersihkan terlebih dahulu daun tempuyung. 
  4. Kemudian direbus hingga mendidih dan menyisakan hanya 1 gelas air saja
  5. Kemudian, selagi hangat minum ramuan ini di waktu pagi hari saja. 
  6. Lakukan secara rutin, dalam 1 minggu cukup minum ramuan ini sebanyak 3 kali secara rutin

3. Buah Pare

Salah satu obat herbal asam urat terbaik adalah berasal dari buah pare.

Mengkonsumsi buah pare dapat menjadi solusi terbaik bagi penderita asam urat jika si penderita tidak menyukai mengkonsumsi obat - obatan. Menjadikan makanan sebagai obat adalah cara jitu untuk dilakukan daripada harus mengkonsumsi obat - obatan. 

Kandungan senyawa aktif tersebut sangat berkhasiat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti untuk mengobati asam urat

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, kandungan daun pare terdapat senyawa aktif, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Diantaranya adalah momordin, momordisin, vitamin A, vitamin C, resinat, saponin, resin, trikosanik, minyak lemak dan karantin. Sedangkan pada bagian buah pare terdapat kandungan maranthin, hydroxytryptamine, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kemudian, kandungan biji pare terdapat senyawa alkoloid, saponin, triterprenoid, momordisin dan asam momordial.

Kandungan senyawa aktif tersebut sangat berkhasiat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti untuk mengobati asam urat, penurun panas, menyembuhkan hepatitis, memberantas cacing parasit dalam usus, mengatasi diabetes, malaria, sembelit dan sebagainya.

Namun sayangnya, tak banyak orang menyukai buah pare karena rasa pahitnya dapat menempel dilidah. Walaupun demikian, tetap saja masih ada penggemar setia dari tanaman yang satu ini, terutama mereka yang sadar akan arti nilai kesehatan.

Anda ingin mencobanya ?

Perhatikan petunjuk membuat ramuan herbal dari buah pare berikut ini:
  • Sediakan 1 buah pare agak tua 
  • Ambil bagian daging buahnya saja (buang bijinya), kemudian potong kecil
  • 3 Gelas air bersih
  • Rebus daging buah pare tersebut hingga menyisakan 1 gelas air
  • Selagi hangat, minum ramuan tersebut diwaktu pagi hari dengan aturan 1 minggu 3 kali penggunaan saja
Kami yakin, anda tidak akan menyukai ramuan herbal yang satu ini karena rasanya terlalu pahit. Untuk mensiasatinya, anda dapat memasak buah pare kemudian dijadikan sebagai menu masakan sesuai dengan resep pilihan anda, misalnya dengan cara ditumis, namun jangan terlalu pedas.

4. Buah Mengkudu (Pace)

Buah mengkudu dikenal memiliki beragam multikhasiat, diantaranya sebagai obat herbal diabetes, anti malaria, mengurangi sifat toksin obat - obatan kimia, anti peradangan, anti bakteri dan mengobati asam urat.

Hal itu dikarenakan, kandungan buah pace terdapat beberapa senyawa kimia alami seperti scolopetin, xeronin, asam amino, proxenonin, mineral, damnacanthal dan nondamnacanthal.

Ramuan herbal asam urat dari buah mengkudu ini sangat manjur untuk menurunkan kadar asam urat.

Ramuan herbal asam urat dari buah mengkudu ini sangat manjur untuk menurunkan kadar asam urat. Cara membuat ramuan herbal penurun asam urat pun sangatlah mudah dengan cara mengikuti petunjuk di bawah ini:
  • Sediakan 1 buah mengkudu hampir matang
  • 1 sdm Madu murni
  • Tata cara membuanya adalah bersihkan buah mengkudu kemudian kupas kulitnya dan potong kecil menjadi beberapa bagian
  • Masukkan potongan kecil buah pace tadi ke dalam blender, kemudian tambahkan dengan 1 gelas air matang
  • Blender hingga halus, selanjutnya saring untuk mengambil sarinya
  • Tambahkan madu murni untuk menghilangkan rasa pahit. Konsumsi ramuan herbal ini setiap pagi hari hingga kadar asam urat turun

5. Daun Salam

Adapun kandungan senyawa kimia tanaman salam terdapat senyawa minyak atsiri, tanin dan flavonoida yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai permasalan kesehatan seperti menyembuhkan diare, kencing manis, asam urat, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah stroke dan mengatasi radang lambung.

Bagian tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal terdapat pada bagian daun, kulit batang dan buahnya.

Cara membuatnya:
  • Sediakan 7 lembar daun salam hijau
  • 4 Gelas air bersih
  • Proses pembuatannya dengan mencuci bersih terlebih dahulu daun salam kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga menyisakan 1 gelas air saja
  • Dosis penggunaan : minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari 30 menit setelah makan malam. Lakukan setiap harinya hingga sudah ada perubahan asam urat turun

6. Daun Kumis Kucing

Ada beberapa bagian dari tanaman kumis kucing yang dimanfaatkan sebagai obat herbal antara lain adalah bagian batang, daun dan bunganya.

Kumis kucing sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Beragam manfaat dan khasiat kumis kucing telah terbukti secara klinis untuk menanggulangi sugudang permasalahan kesehatan

Adapun senyawa kimia yang terkandung di dalam tanaman ini antara lain flavonoid, benzokromen, diterpenoid, isopimaran, fenol dan terpenoid.

Tata cara penggunaannya:
  1. Sediakan 100 gram daun kumis kucing masih segar
  2. 3 Gelas air bersih
  3. Terlebih dahulu daun kumis kucing dicuci bersih kemudian direbus dengan air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja
  4. Minum ramuan ini selagi hangat hanya pada waktu pagi hari saja dengan dosis penggunaan selama 1 minggu cukup dikonsumsi sebanyak 3 kali pemakaian hingga asam urat turun

7. Temulawak

Temulawak termasuk ke dalam tumbuhan rimpang karena tumbuhan ini hidup dengan cara menjalar ke dalam tanah. Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza. Selain itu tumbuhan ini juga termasuk ke dalam tumbuhan berbatang semu dan berumpun karena batang dari tanaman ini merupakan gabungan dari beberapa pangkal daun yang berpadu.

Temulawak termasuk ke dalam tumbuhan rimpang karena tumbuhan ini hidup dengan cara menjalar ke dalam tanah. Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza.

Petunjuk membuat ramuan herbalnya:
  1. Sediakan 30 gram temulawak (kikis bagian kulitnya) dan potong tipis
  2. 20 gram Jahe merah
  3. 4 Gelas air bersih
  4. Langkah pembuatan dapat dimulai dari mencuci bersih temulawak kemudian direbus bersamaan dengan air bersih dan jahe merah hingga air menyusut tersisa 2 gelas saja
  5. Jika sudah dingin, tempatkan rebusan temulawak ke dalam 1 gelas
  6. Minum ramuan ini dengan rutin diwaktu pagi dan sore hari 30 menit sebelum makan dengan dosis penggunaan 1 minggu 3 kali pemakain

8. Tumbuhan Landep

Tanaman ini juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Dibeberapa kota besar di Indonesia, landep dijadikan sebagai tanaman penghias taman karena ia dapat tumbuh subur walaupun tidak mendapatkan cukup air.

Tanaman ini juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Dibeberapa kota besar di Indonesia, landep dijadikan sebagai tanaman penghias taman

Khasiat dari landep terdapat pada bagian daunnya yang dapat digunakan sebagai obat luka untuk menghentikan pendarahan dengan cara ditumbuk halus kemudian ditempelkan ke bagian luka.

Untuk mengobati asam urat, daun landep hanya dijadikan sebagai obat luar saja dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan mengempeskan bengkak.

Namun, senyawa aktif flavonoida dan polifenol masih memilki peran untuk bekerja dari luar hingga meresap ke dalam kulit. Cara menggunakannya sangatlah mudah, hanya dengan menumbuk halus daun landep secukupnya ditambahkan dengan 1 sdm air kapur sirih atau secukupnya. Selanjutnya, oleskan pada daerah yang terasa sakit.

9.  Sidaguri

Bagian dari tanaman sidaguri yang dapat dijadikan sebagai obat terletak pada daun dan akarnya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Beberapa senyawa kimia alami yang terkandung di dalamnya antara lain polifenol, flavonoid, alkaloid, steroid, efedrine (pada akar), tanin, fenol, asam amino dan minyak atsiri (pada daun).

Tanaman sidaguri sejak dari dahulu memang sudah dikenal sebagai obat tradisional asam urat oleh masyarakat luas yang dapat membantu proses pembuangan asar urat berlebihan dari dalam tubuh melalui urine.

Selain itu, khasiat dari asam urat untuk mengatasi asam urat adalah dengan cara menghambat kinerja enzim Xantin Oksidase yaitu enzin yang memiliki peran penting dalam proses sintesa asam urat. Kemudian, kandungan flavonoid dan polifenol dapat membantu melarutkan kristal asam urat kemudian diluruhkan bersamaan dengan cairan urine.

Untuk membuat ramuan obat herbal asam urat dari sidaguri, anda dapat mengikuti petunjuk dan tatacara pengolahan di bawah ini :
  1. Sediakan 60 gram akar sidaguri kering
  2. 3 Gelas air bersih
  3. Rebus akar sidaguri kering bersama dengan air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja
  4. Tunggu hingga dingin, kemudian minum ramuan ini dengan dosis pemakaian 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelas di sore hari. Lakukan secara teratur dalam 1 minggu 3 kali pemakaian

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Obat Herbal Asam Urat Terbaik Buatan Sendiri 100% Aman !

0 komentar: