Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Bahaya Asam Urat Tinggi Bisa Menyebabkan 5 Penyakit Mematikan

Ketidaktahuan akan bahaya asam urat tinggi menyebabkan sebagian besar penderita penyakit asam urat mengalami permasalahan serius yang terjadi pada kondisi kesehatannya. Berbagai keluhan kronis seperti nyeri persendian hingga timbulnya pembengkaan di daerah persendian, seringkali ditemukan pada sebagian besar pasien ketika berkunjung ke dokter untuk berobat.

Keluhan kronis tersebut dapat terjadi dikarenakan kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit asam urat hanyalah sebuah penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pertolongan medis atau suatu penyakit yang mudah untuk disembuhkan.

Sehingga, beberapa gejala awal seperti nyeri persendian, kesemutan, kulit bersisik dan memerah pada arena persendian seringkali diabaikan begitu saja. 

Berikut ini adalah bahaya asam urat tinggi yang dapat menimbulkan beberapa komplikasi penyakit serius. Cek di sini !

Padahal, akibat bahaya asam urat tinggi dalam darah jika terlalu lama menetap didalam tubuh dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya yang dapat mempengaruhi kualitas dan kelangsungan hidup seseorang.

Inilah beberapa bahaya asam urat tinggi antara lain : 

1. Menimbulkan Gangguan Ginjal

Komplikasi asam urat dapat menimbulkan ganguan fungsi ginjal.

Hal itu dapat terjadi ketika seseorang peningkatan kadar asam urat dalam darah. Kondisi ini akan membuat beban bagi organ ginjal untuk bekerja lebih ekstra mengeluarkan asam urat dalam bentuk urine. Jika diluar kapasistas, maka akan memberatkan kinerja ginjal.

Jika dibiarkan dalam rentang waktu lama diantaranya akan menimbulkan penyakit batu ginjal, gagal ginjal dan kerusakan permanen pada ginjal.

Bagaimana prosesnya ?

Selama kita hidup, ginjal tidak akan berhenti dalam menjalani tugasnya. Setiap hari, ginjal bekerja sesuai dengan koridornya termasuk bertugas untuk menetralkan kadar asam urat dan dikeluarkan dalam bentuk air seni.

Ketika asam urat meningkat, maka ginjal akan bekerja ekstra. Ketika kinerja ginjal telah melebihi kapasitas, maka akan terjadinya daftar antrian asam urat di aliran darah untuk di proses.

Asam urat yang tidak diproses oleh ginjal karena kelebihan kapasitas, maka akan menumpuk di dalam pembuluh darah dan dapat menempel di persendian serta menumpuk di ginjal.

Semakin lama, zat asam urat tersebut sangat berpotensi membentuk kristal tajam dengan kandungan unsur kalsium, oksalat dan asam urat. Kristal ini berangsur lama dapat membatu dan mengeras seperti kerasnya tulang.

Kerusakan ginjal permanen pun dapat terjadi dipicu dengan peningkatan tekanan pada saluran kemih. Ketika saluran kemih terganggu yang diakibatkan oleh bergeraknya kristal asam urat ikut keluar besama urine, secara otomatis akan mempengaruhi aliran pembuluh darah pada ginjal semakin sempit. Akibatnya, kerusakan permanen pada ginjal dapat terjadi.

Akibatnya, tindakan cuci darah dapat saja terjadi seumur hidup anda.

2. Diabetes Melitus

Selanjutnya, bahaya asam urat dapat menimbulkan diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eswar Krisnan seorang asisten Profesor Rheumatology di Stanford University seperti dilansir detik.com, menyimpulkan bahwa kandungan asam urat tinggi dalam darah akan berpotensi menimbulkan resiko diabetes hampor 20% dan memicu resiko timbulnya penyakit gagal ginjal sebesar 40%.

Hasil penelitiannya tersebut pernah di presentasikan pada sebuah pertemuan tahunan acara American Collage of Rheumatology.

Bahaya asam urat jika tidak diobati ternyata dapat menimbulkan komplikasi penyakit diabetes.

Hal ini telah membuka pandangan kita selama ini, bahwa penyakit diabetes bukan hanya disebabkan oleh kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Seperti anggapan kebanyakan orang pada umumnya.

3. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner termasuk ke dalam peringkat 10 besar penyakit mematikan di negara Indonesia.

Diantaranya penyebabnya dikarenakan asam urat tinggi menahun. Bagaimana ini dapat dikaitkan dengan kondisi Hipererusmia menahun ?


Mereka yang memiliki asam urat tinggi sangat berpotensi 3 hingga 5 kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Tentu saja ada kaitannya karena jantung memiliki erat kaitannya dengan organ transportasi oksigen dan darah dalam tubuh manusia. Penyebab utama serangan jantung ini adalah akibat adanya penyumbatan arteri atau nadi koroner oleh kristal asam urat yang di bawa oleh darah menuju ke pembuluh nadi koroner pada jantung. Akibatnya, pembuluh darah tersebut dapat menjadi rusak.

Mereka yang memiliki asam urat tinggi sangat berpotensi 3 hingga 5 kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner dan stroke. 

4. Menimbulkan Efek Psikologis dan Gangguan Emosional

Walaupun hal ini tidak cukup membahayakan, namun perubahan suasana hati seseorang akibat dari rasa nyeri terama sakit seringkali terjadi.

Dampaknya penderita dapat mengalami stres berkepanjangan seperti gangguan tidur, emosial tidak stabil dan sebagainya.

Berawal dari kondisi depresi inilah akan menimbulkan gangguan kesehatan bagi tubuh si penderita. Jika hal ini berdampingan dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah, tentu saja akan memperburuk keaadaan dikemudian hari.

5. Kelumpuhan Permanen (Cacat)

Pada dasarnya, memang penyakit asam urat tidak menimbulkan gejala serius pada penderitanya. Seringkali hanya mengalami rasa nyeri di bagian persendian hanya dalam waktu singkat. Ketika di bawa istirahat (tidur), maka gejala ringan yang muncul akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Namun, sebagian besar penderitanya terlalu meremehkan gejala awal seperti ini.

Wajar saja, gejala ringan tersebut dapat hilang itu dikarenakan kinerja dari ginjal yang menetralkan asam urat.

Namun, kinerja ginjal akan bertambah berat seiring dengan pola makan buruk seperti mengkonsumsi makan berkadar purin tinggi. Akibatnya, rasa nyeri selaku terulang setiap saat terutama di waktu malam hari.

Zat sisa metabolisme tubuh berupa asam urat akan membentuk endapan kristal di dalam darah jika tidak dikeluarkan dalam bentuk urine.
Ilustasi bahaya penyakit asam urat akan menimbulkan tophi dan pembengkakan pada persendian
Zat sisa metabolisme tubuh berupa asam urat akan membentuk endapan kristal di dalam darah jika tidak dikeluarkan dalam bentuk urine.

Kristal kristal tersebut bukan hanya akan mengendap di ginjal saja, tetapi dapat mengendap di semua jaringan pembuluh darah terutama di daerah persendian seperti engsel dan jemari kaki, tumit, siku dan jemari tangan.

Tanda - tanda penyakit asam urat kronis dapat dikenali dengan munculnya pembengkakan atau benjolan dengan warna kulit memerah disertai rasa nyeri teramat sakit terutama ketika menjalani aktivitas. 

Kondisi semacam ini dalam dunia medis disebut dengan Tophi.

Benjolan tersebut pada awalnya terasa lunak jika disentuh, terkadang berisi cairan seperti pasta gigi. Lama kelamaan, cairan tersebut akan menggumpal dan membatu serta memicu pembentukan garam monosodium urat (MSU) pada jaringan dan sendi secara terus menerus.

Timbunan tersebut kemudian dikenali sistem imun sebagai benda asing, sehingga mengaktifkan mediator inflamasi.

Mediator ini menyebabkan kerusakan dan mengaktivasi berbagai sel radang. Sehingga timbul peradangan yang disebut artritis gout.

Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut - larut. akan menimbulkan kelumpuhan permanen seumur hidup.

Bahkan jika penderita mengidap penyakit diabetes, maka akan menjadi kolabarasi terbaik bagi penyakit asam urat untuk menurunkan tingkat kelangsungan hidup seseorang. Terkadang tindakan operasi lokal mungkin akan dilakukan untuk mengangkat benjolan tersebut. Namun, tindakan ini harus memperhatikan kondisi kesehatan seseorang.

Jika Asam Urat Tinggi, Apa Yang Harus Saya Lakukan ?

Apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan ?

Jika belum menimbulkan komplikasi serius pada organ vital, seorang penderita masih memiliki peluang besar untuk dapat sembuh dari penyakitnya.

Faktor kesembuhan dapat dipengaruhi oleh si penderita langsung untuk berkomitmen agar dirinya dapat sembuh, menjaga pola makanan adalah langkah yang tepat seperti memperhatikan pantangan asam urat disertai olah raga teratur.

Untuk melakukan tindakan pertolongan pertama pada asam urat adalah dengan cara melakukan pengecekan kadar asam urat di dalam darah si penderita.

Dengan begitu, seorang dokter dapat mengetahui tingkat akut atau kronisnya suatu penyakit.

Selanjutnya adalah pemberian obat penurun asam urat untuk membantu meredakan rasa nyeri, menetralkan kadar asam urat dalam darah dan pemberian sejumlah vitamin dan mengkonsumsi obat alami asam urat dari tumbuhan.

Setelah melihat daftar komplikasi asam urat yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti paparan kami di atas, dengan begitu diharapkan bagi si penderita tidak mengganggap enteng walaupun gejalanya masih dikatakan ringan. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Bahaya Asam Urat Tinggi Bisa Menyebabkan 5 Penyakit Mematikan

0 komentar: