Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Apakah Hepatitis Menular ? Inilah Penjelasan Dari Dokter Ahli

Apa itu hepatitis ?

Peradangan hati atau dalam istilah kedokteran seringkali kita kenal dengan nama hepatitis adalah suatu penyakit berupa peradangan atau pembengkakan pada organ hati akibat faktor infeksi dan non infeksi. 

Hepatitis yang disebabkan oleh faktor infeksi pada umumnya terjadi karena adanya bakteri, amoeba atau virus hepatitis dari jenis A, B, C, D, E, F, G dan H masuk ke dalam tubuh yang kemudian mencari inangnya di sel hati. Sehingga hati tidak dapat bekerja secara normal sebagaimana mestinya untuk menyaring racun di dalam darah.

Baca juga : Perbedaan Hepatitis a b c

Sedangkan, hepatitis yang disebabkan oleh faktor non infeksi terjadi akibat dari prilaku hidup kurang sehat, pengaruh minuman keras, obat - obatan terlarang, menggunakan barang pribadi secara bersamaan, pengaruh zat kimia pada makanan, kolesterol tinggi, toxin yang menumpuk akibat gangguan sistem metabolisme tubuh dan sebagainya.


Selain itu dalam kondisi tertentu, kelainan genetik pada diri seseorang juga dapat mengakibatkan hepatitis. Kondisi ini terjadi apabila sistem kekebalan tubuh menyerang sel hati. Istilah medisnya disebut sebagai autoimmune hepatitis.

Namun, kasus ini jarang ditemukan. Kebanyakan kasus yang ada disebabkan oleh faktor infeksi dan non infeksi.  

Sulit sekali untuk mengetahui gejala awal hepatitis, karena gejala yang muncul biasanya ditandai dengan flu, kelelahan fisik, gangguan sistem pencernaan dan sebagainya.

Seiring dengan sistem kekebalan tubuh meningkat, maka gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Namun, ketika pertahanan tubuh melemah, penyakit hepatitis akan menunjukkan gejalanya lagi. Sehingga, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi virus hepatitis. 

Kondisi ini jika dibiarkan dalam waktu tertentu, maka akan menimbulkan gejala yang lebih spesifik dan mudah untuk dikenali seperti mengalami nyeri di area perut sebelah kanan, perut membesar, urine bewarna kuning dan sebagainya. Jika ini terjadi, itu bearti penyakit hepatitis yang diderita sudah dapat dikatakan berada dilevel membahayakan dan perlu penanganan khusus dan intensif.

Apakah Hepatitis Menular ?

Seringkali mereka yang telah mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit hepatitis merasa kuatir bahwa dirinya akan menularkan virus hepatities kepada orang - orang terdekatnya.

Kemudian dalam kasus lainnya bagi mereka yang dekat dengan si penderita hepatitis merasa takut jika terlalu dekat dengan si penderita karena kuatir akan terlular virus hepatitis, atau ketika seseorang memiliki status hubungan spesial dengan si pasien, akan meimbulkan pertanyaan bagi diri orang tersebut “jangan - jangan aku sudah terinfeksi virus hepatitis ?

Setelah tertular, apa yang harus dilakukan ?

Beberapa contoh kasus di atas, seringkali kali terjadi dan menimbulkan sederet pertanyaan. 

Pada dasarnya, penyakit apapun yang disebabkan oleh virus dapat menular dengan cepat melalui beragam macam faktor. 

Termasuk penyakit hepatitis dapat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui berbagai macam cara, diantaranya melalui:
  • Hubungan badan
  • Transfusi darah
  • Terkena cairan tubuh pasien seperti keringat, air liur, air seni dan sebagainya
  • Penggunaan barang milik pribadi secara bersamaan
  • Akibat mengkonsumsi makanan terkontaminasi virus hepatitis
  • Penggunaan jarum suntik non-steril
  • Seorang ibu hamil telah dinyatakan positif hepatitis dapat menularkan virus hepatitis kepada si janin dan sebagainya.
Perlu untuk anda ketahui, jenis penyakit hepatitis yang telah teridentifikasi hingga saat ini adalah hepatitis A, B, C, D, E, F, G dan H.

Sehingga, cara penularannya pun dapat berbeda - beda, bahkan tindakan pengobatan yang dilakukan pun berbeda pula. Namun, sebagian besar kasus hepatitis yang   sering ditemukan dari jenis A, B dan C.

Penyakit hepatitis dapat dicegah dengan cara pemberian vaksinasi A, B dan C disertai pola hidup sehat. Jika anda termasuk katagori faktor resiko untuk terjangkit, segeralah untuk melakukan medical check-up lengkap di rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Walaupun belum ada gejala yang muncul, tapi hal tersebut perlu anda lakukan untuk menghindari resiko penyebaran virus hepatitis semakin meluas.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Apakah Hepatitis Menular ? Inilah Penjelasan Dari Dokter Ahli

0 komentar: