Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


√ 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat - Best Solution !

Apa itu bopeng ? Bopeng adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi kulit wajah berlubang dari bekas jerawat, cacar atau akibat dari gigitan serangga. Namun, pada umumnya penyebab wajah bopeng dikarenakan jerawat batu atau jerawat parah.

Proses terjadinya bopeng di wajah dapat diawali dari akibat memencet atau menggaruk jerawat dengan kuku, sehingga terjadinya pecahan jerawat sebelum waktunya. Pecahan tersebut dapat berupa daging yang membusuk berbentuk gumpalan cairan nanah akibat adanya peradangan atau infeksi kuman dan bakteri pada kulit wajah.

Jika dikeluarkan akan membuat ruang kosong dalam waktu tertentu dan akan menimbulkan bekas luka.

Bekas luka inilah nantinya akan menimbulkan bopeng dikemudian hari. Selain itu, wajah bopeng juga dapat dipengaruhi oleh luka bekas penyakit cacar air yang telah mengering atau akibat gigitan jenis serangga tertentu.

Bopeng bekas jerawat dan cacar kerapkali menjadi masalah utama untuk mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Kondisi permasalahannya pun berbeda - beda. Seperti, terdapat cekungan - cekungan atau bolong pada wajah, permukaan kulit wajah tidak mulus disertai noda hitam, terdapat bintik kecil berbentuk gumpalan daging dan sebagainya.

Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan bopeng di wajah tersebut ?

Apakah wajah bopeng dapat kembali mulus ? Tentu saja bisa.

Menutupinya dengan make up tentu saja bukan solusi yang tepat. Karena pada dasarnya menggunakan make up akan menutupi pori - pori wajah dan dapat menimbulkan masalah jerawat dikemudian hari jika tidak dibersihkan dengan benar.

Bagaimana menghilangkan bopeng bekas jerawat dan cacar ? Gunakan beberapa cara alami berikut ini.
Gambar wajah bopeng parah

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dan Cacar

Selain menggunakan produk alami berbahan herbal seperti cream penghilang bopeng dan pemberian suplemen, kita juga dapat melakukan perawatan menghilangkan bopeng bekas jerawat dan cacar dengan cara sederhana di rumah serta menggunakan bahan - bahan alami. Diantaranya sebagai berikut :

1. Menggunakan Buah Tomat

Kandungan nutrisi pada 100 gram buah tomat antara lain terdapat vitamin A sebanyak 17%, vitamin C 21% dan sisanya terdiri dari serat, protein, gula, zat besi dan kalsium. Tomat dapat kita manfaatkan untuk melembabkan kulit, menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat karena dapat menggantikan kolagen kulit rusak.

Adapun cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dengan tomat sebagai berikut :
  1. Pilih 1 buah tomat segar bewarna merah
  2. Pisahkan buah tomat dari bijinya
  3. Blender tomat hingga halus tanpa menggunakan air
  4. Gunakan tomat halus untuk membuat masker wajah
  5. Diamkan hingga mengering kurang lebih selama 40 menit
  6. Bilas wajah dengan air tidak terlalu dingin hingga bersih
  7. Lakukan perawatan 3 kali dalam seminggu di waktu pagi atau malam hari  

2. Mentimun

Buah mentimun terdapat mineral silika, astringent dan zat antioksidan alami. Berguna untuk membantu mengatasi beragam permasalahan pada kulit seperti mengobati bopeng bekas jerawat dan cacar, flek hitam di wajah, mata panda, merangsang pertumbuhan sel - sel kulit baru dan memberikan kelembapan pada kulit serta mengencangkan pori - pori wajah.

Berikut ini petunjuk dan cara menghilangkan bopeng bekas cacar dan jerawat dengan mentimun yaitu :
  1. Sediakan 2 buah mentimun berukuran sedang
  2. Kupas kulitnya dan buang bagian ujung buah mentimun karena bagian ini banyak mengandung getah
  3. Sediakan 2 irisan tipis mentimun untuk menutupi mata
  4. Sedangkan sisanya di blender hingga halus tanpa menggunakan air
  5. Oleskan secara merata ke seluruh wajah hingga berbentuk masker
  6. Sambil berbaring, tutupi kedua mata dengan 2 irisan mentimun tadi
  7. Diamkan hingga masker mengering sekitar 40 menit lamanya
  8. Bilas wajah dengan air bersih 
  9. Lakukan di waktu pagi atau malam hari dengan 3 kali pemakaian dalam seminggu

3. Es Batu

Anda dapat melakukannya di rumah. Es batu dapat memberikan sensasi menyegarkan, mengendurkan jaringan kulit, membantu mengecilkan kulit bopeng dan pori - pori di wajah serta membantu mempercepat proses pemudaran warna kulit akibat bopeng pada wajah. 

Jika anda ingin menggunakan cara ini, sebaiknya menggunakan air matang untuk membuat batu es.

Jangan gunakan air mentah untuk membuatnya. Karena air mentah akan membuat bakteri di dalam air menjadi beku dan terperangkap di dalam es.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu sebagai berikut :
  1. Sediakan batu es secukupnya
  2. Bungkus batu es dengan kain tipis bewarna putih lembut
  3. Basuh wajah anda dengan air bersih terlebih dahulu
  4. Usapkan batu es yang terbungkus kain tersebut ke wajah bopeng
  5. Usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar dengan interval waktu selama 10 detik, kemudian pindah ke daerah wajah lainnya
  6. Lakukan selama 30 menitan
  7. Gunakan cara ini setiap hari di waktu pagi atau malam hari
Untuk menghindari gangguan sirkulasi peredaran darah pada kulit wajah, jangan terlalu lama menempel es batu di wajah. Lakukan dengan gerakan melingkar ke seluruh permukaan wajah.

4. Tanaman Lidah Buaya

Seringkali dikenal dengan nama Aloe Vera. Lidah buaya termasuk ke dalam katagori tanaman jenis kaktus. berbagai khasiat darinya dapat kita gunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan, seperti panas dalam, malancarkan buang air besar, mambantu pertumbuhan sel baru pasca operasi usus dan hernia, mengatasi kencing manis, sembelit dan wasir.

Selain itu, kita dapat menggunakan lidah buaya untuk membuat agar - agar dan nata decoco serta menjadi bahan dasar untuk membuat produk - produk kecantikan seperti sabun, sampo dan cream wajah.

Lidah buaya termasuk ke dalam katagori tanaman jenis kaktus. berbagai khasiat darinya dapat kita gunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan

Ada berbagai macam zat dan senyawa aktif alami terdapat di dalam tanaman lidah buaya antara lain karbohidrat, lemak, kalori, protein, vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi hormon giberelin dan polisakarida serta zat astringen.

Giberelin dan polisakarida sangat berguna untuk membasmi bakteri dan kuman penyebab jerawat. Sedangkan zat astringen dapat membantu mengecilkan pori - pori wajah, menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru, mengangkat minyak dan kotoran berlebih dan menyamarkan kulit bopeng di wajah.

Cara mengunakannya :
  1. Sediakan 1 tangkai daun lidah buaya ukuran sedang
  2. Ambil bagian dagingnya
  3. Lumatkan atau blender hingga halus tanpa menggunakan air
  4. Oleskan ke seluruh permukaan wajah hingga merata
  5. Diamkan hingga mengering
  6. Basuh wajah anda hingga bersih
  7. Gunakan cara ini dalam 1 minggu 4 kali pemakaian di waktu pagi atau malam hari
Lihat hasilnya dalam waktu kurang lebih 1 hingga 2 bulan pemakaian, wajah bopeng kembai mulus.

5. Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis memiliki asam sitrat dapat mencegah terjadinya infeksi dan membantu proses pengelupasan kulit mati. Sehinga sel - sel kulit baru akan tumbuh. Selain itu, zat astringen di dalam jeruk nipis dapat mengecilkan pori - pori wajah, menyamarkan flek hitam dan mengangkat minyak serta kotoran berlebih.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan jeruk nipis :
  1. Sediakan 2 buah jeruk nipis segar
  2. Peras untuk mengambil sarinya dan tempatkan di wadah
  3. Tambahkan 1 sendok teh madu murni
  4. Oleskan ke seluruh permukaan wajah
  5. Diamkan selama 45 menit hingga mengering
  6. Bilas wajah dengan air bersih 
Sebelum menggunakan cara ini ada baiknya tidak menggaruk atau memencet komedo karena akan menimbulkan rasa perih.

6. Madu Asli

Cara ngilangin bekas jerawat menggunakan madu apakah dapat dilakukan ? Bukannya madu bersifat manis dan apabila dikenakan pada wajah, apakah wajah tidak akan digerumuni semut ?

Anda tak perlu kuatir, karena berdasarkan hasil penelitian membuktikan madu dapat membantu proses pertumbuhan sel kulit baru, memperlamat proses penuaan dini, melancarkan sistem metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan bakteri, kuman dan virus.

madu juga dapat dijadikan untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan kulit seperti bopeng bekas jerawat, menyamarkan kulit hitam, menghilangkan warna kehitaman pada luka bakar, bekas koreng,...

Selain dapat digunakan untuk konsumsi obat dalam, madu juga dapat dijadikan untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan kulit seperti bopeng bekas jerawat, menyamarkan kulit hitam, menghilangkan warna kehitaman pada luka bakar, bekas koreng, melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit, menyembuhkan bibir pecah - pecah dan sebagainya.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan secukupnya atau sekitar 2 sendok madu murni
  2. Basuhlah wajah dengan air bersih
  3. Oleskan madu secara merata di wajah bopeng
  4. Diamkan selama 1 jam
  5. Bersihkan wajah dengan air
  6. Lakukan perawatan ini setiap harinya di waktu pagi atau malam hari

7. Daun Sirih Merah

Daun sirih mengandung antioksidan alami, senyawa flavonoid dan polifenol serta vitamin C. Beberapa senyawa dan vitamin tersebut dapat membantu meremajakan sel - sel kulit mati, mencegah terjadinya peradangan dan menyembuhkan peradangan, menyamarkan bopeng, mengangkat sel - sel mati, mengatasi minyak berlebih di wajah, menghilangkan jerawat dan mengencangkan kulit.

Wajar saja jika daun sirih ini digunakan untuk mengatasi masalah pada daerah kewanitaan seperti keputihan, membuat mis v menjadi keset dan membasmi pertumbuhan bakteri.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 2 hingga 4 lembar daun sirih merah bersih
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Tempelkan pada kulit bopeng
  4. Diamkan selama 45 menit
  5. Bilas wajah dengan air bersih
  6. Cukup dilakukan 3 hingga 4 kali pemakaian dalam seminggu di pagi atau malam hari

8. Minyak Zaitun

Perawatan menghilangkan bekas jerawat selanjutnya dapat menggunakan minyak zaitun. Karena, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E, omega 3 dan senyawa phenolic yang baik untuk memperbaiki sel kulit mati.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bopeng bekas cacar :
  1. Sediakan minyak zaitun asli dalam bentuk kemasan botol
  2. Teteskan di tangan dan oleskan ke seluruh kulit wajah
  3. Lakukan pijatan lembut selama 5 menitan di area wajah bopeng
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Lebih baik diamkan semalaman dan gunakan sebelum tidur
  6. Basuh dengan air bersih setelah menggunakannya

9. Kacang Kedelai

Protein, kalsium, vitamin E dan senyawa antioksidan pada kacang kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga kita dapat menggunakannya untuk mempercepat proses penyembuhan bopeng di wajah. 

Cara menggunaakannya :
  1. Sediakan 1 genggam kacang kedelai dan rendam selama 5 jam
  2. Kupas kulit luarnya dan cuci bersih
  3. Blender hingga halus bersamaan dengan 1/4 gelas air
  4. Saring untuk mengambil sarinya
  5. Jika perlu tambahkan 1 sendok makan madu murni
  6. Oleskan di seluruh permukaan wajah bopeng bekas jerawat dan cacar secara merata
  7. Diamkan selama 40 menit
  8. Cuci bersih wajah dengan air agak dingin
  9. Gunakan cara ini 1 minggu 3 kali pemakaian
Selain itu, mengkonsumsi air kacang kedelai dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

10. Konsumsi Buah dan Sayuran

Belum cukup rasanya kalau kita hanya menggunakan obat luar saja untuk mengatasi masalah bopeng pada wajah. Kita akan menggunakan bantuan buah dan sayuran untuk membantu perawatan tersebut dari dalam. Anda kami sarankan tidak terlalu mengandalkan pengobatan luar untuk ngilangin bekas jerawat. Melakukan keduanya sangat baik.

Karena permasalahan yang kita hadapi adalah mengembalikan wajah bopeng kembali mulus, maka buah dan sayuran baik untuk kulit harus mengandung vitamin E. Vitamin E dapat membantu mengatasi, mencegah, mengobati dan menyembuhkan berbagai permasalahan yang terjadi kulit.

Beberapa daftar buah dan sayuran tersebut antara lain :
  1. Alpukat
  2. Kiwi
  3. Mangga
  4. Aprikot
  5. Jambu biji merah
  6. Pepaya
  7. Tomat
  8. Pisang
  9. Asparagus
  10. Bayam
  11. Brokoli dan 
  12. Paprika.
Demikianlah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama disertai bekas cacar. Lakukan perawatan secara rutin. Paling tidak, anda akan merasakan manfaatnya setelah 1 hingga 2 bulan pemakaian. Jangan lupa untuk berlangganan artikel kesehatan situs ini.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : √ 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat - Best Solution !

0 komentar: