Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Jenis Obat Amandel Di Apotik dan Harganya [Manjur]

Amandel terletak di kedua sisi rongga mulut bagian luar dengan fungsi sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh manusia untuk melawan infeksi benda asing seperti kuman, bakteri dan virus.

Ketika amandel mengalami pembangkakan, itu bearti organ tersebut terinfeksi. Pada mulanya ditandai dengan permukaan amandel bewarna merah, putih menguning, coklat kemerahan hingga berujung pecahnya amandel.

Gejalanya pun beragam, mulai dari sakit tenggorokan, kesulitan menelan, demam tinggi, gangguan tidur dan sebagainya.

Jika menemukan beberapa ciri ciri tersebut, jangan biarkan berlarut karena dapat menimbulkan serentetan penyakit lainnya seperti flu dan infeksi saluran pernafasan.

Adakah cara untuk mengatasinya ?

Kita dapat menggunakan obat amandel bengkak di apotik tanpa resep dokter di bawah ini.

Disini ada beberapa daftar obat amandel di apotik yang telah lolos dari BPOM. Selain itu, ada juga obat amandel tradisonal yang terbukti menyembuhkan amandel.
Gambar pembengkakan amandel 
Obat amandel bengkak di apotik:

1. Lamandel

Keterangan:
Lamandel terbuat dari ramuan herbal berasal dari bahan - bahan alami seperti ekstrak temulawak, daun pecut kuda dan daun pegagan. Jadi, tidak menimbulkan efek samping penggunaan maupun ketergantungan pemakaian.


Rasanya sangat menyegarkan tenggorokan dan sangat efektif untuk mengobati dan berkhasiat untuk mengatasi amandel dan meningkatkan imunitas tubuh. Cocok dikonsumsi oleh anak - anak ataupun orang dewasa.

Tersedia dalam kemasan sachet dan botol. Dapat dikonsumsi oleh anak - anak dan orang dewasa.

Harga kemasan sachet :  Rp 25.830,- / Pcs
Harga kemasan botol : Rp 38.250,- / Pcs

Dosis: minumlah 3 kali sehari secara teratur hingga sembuh.

2. Ibuprofen 200 Mg

Keterangan:
Obat ini diberikan bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan demam akibat dari pembengkakan amandel. Biasanya, diberikan oleh pasien yang sedang demam, sakit kepala ataupu sariawan. Namun, jika untuk mengatasi amandel, biasanya dokter akan memberikan obat tambahan obat lainnya seperti pemberiannya bersamaan dengan antibiotik khusus untuk menangani amandel.


Jika amandel baru menunjukkan gejala awal, anda dapat membelinya di apotik dan mengkonsumsi obat ini.

Dosis minum untuk orang dewasa : 3 kali sehari 1-2 tablet. Sedangkan untuk anak-anak : 20 mg/kg berat badan/hari 2 kali sehari setelah makan.

Harga Ibuprofen 200 mg : Rp 262,- / Tablet atau per 1 strip isi 10 x Rp 262,- = Rp 2.620,-

3. Tantum Verde Gargle  120 Ml

Keterangan:
Tiap 5 ml mengandung bahan aktif Benzydamine Hcl 7,5mg, Aethanolum 10%. Penggunaannya hanya sebatas sebagai obat kumur saja untuk meredakan rasa sakit radang amandel, pasca cabut gigi dan membasmi infeksi kuman dan bakteri mulut.


Hanya digunakan untuk orang dewasa di atas usia 12 tahun dan jangan di telan.

Tantum Verde Gargle  120 Ml: Rp 43.078,- / Botol

Dosis penggunaan: 2-3 kali dan tidak dianjurkan dilakukan secara terus menerus lebih dari 7 hari.

4. Bactidol 60ml

Keterangan:
Masih dalam satu katagori dengan Tantum Verde Gargle yaitu hanya digunakan untuk obat kumur saja.


Indikasi pada tubuh untuk mengobati radang mulut dan tenggorokan karena infeksi jamur dan bakteri seperti sariawan, radang amandel, pasca pencabutan gigi dan radang gusi.

Obat ini hanya tersedia dalam kemasan botol.

Dosis pemakaian yaitu 2 kali sehari 15ml untuk obat kumur

Harga Bactidol 60 ml: Rp 4.638,- / Botol

5. Sp Troches Melon

Keterangan:
SP Troches memiliki senyawa aktif dequalinium chloride berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan infeksi mulut dan saluran pernafasan bagian atas seperti amandel dan pasca pencabutan gigi.


Penggunaanya dengan cara dihisap dengan dosis 1 tablet hisap 6-8 kali perhari.

Tersedia di apotik tanpa resep dokter dengan harga: Rp 9.730,- / Pcs

6. Osmycin 500mg

Keterangan:
Tergolong dalam jenis obat obatan antibiotik mengandung bahan aktif Spiramycin. 

Indikasi digunakan untuk mengatasi radang tonsilitis, infeksi saluran pernafasan bagian atas dan radang selaput gendang telinga.


Penggunaannya diminum setelah makan dengan dosis untuk orang dewasa : 3 kali sehari 500 mg selama 5 hari dan utuk anak-anak : 50 mg/kg berat badan/hari. Sangat tidak dianjurkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Harga Osmycin 500mg: Rp 6.439,- / Tablet

7. Hexadol Mint Gargle 100 Ml

Keterangan:
Komposisi Hexadol sebagian besar mengandung bahan aktif berupa Hexetidine.

Dapat digunakan untuk meringankan infeksi saluran pernafasan bagian atas, radang gusi, sariawan, peradangan selaput lendir mulut, pembengkakan amandel dan meredakan infeksi sesudah cabut gigi.


Digunakan hanya sebagai obat kumur untuk orang dewasa dengan dosis 15 ml larutan selama 30 detik di waktu malam dan pagi hari. Tidak dianjurkan diberikan pada penderita alergi terhadap reaksi obat.

Tersedia dalam kemasan botol dengan harga: Rp 29.575,- / Botol

Dianjurkan, selama fase penyembuhan sertai pula istirahat dengan cukup, mengkonsumsi makanan dan minuman  sehat serta mengkonsumsi banyak sayuran dan buah - buahan dengan kandungan antioksidan seperti buah jeruk, sayur brokoli dan sebagainya. Kurangi konsumsi makanan yang berminyak, makanan cepat saji dan junk food.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7 Jenis Obat Amandel Di Apotik dan Harganya [Manjur]

0 komentar: