Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


10 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak No.2, 3 & 6 Sangat Manjur

Sebelum kita mengetahui cara menyembuhkan gusi bengkak, ada beberapa hal mesti kita pahami terlebih dahulu. 
  1. Apakah yang dimadsud dengan gusi ? 
  2. Kenapa gusi dapat mengalami pembengkakan ? 
  3. Apa penyebabnya ? 
Dengan kita mengetahui penyebabnya, selanjutnya kita akan lebih lebih mudah untuk mengatasi gusi bengkak dan mengobatinya serta kita juga dapat melakukan tindakan pencegahan dikemudian hari, agar penyakit pembengkakan gusi tidak terulang kembali.

Jika anda tidak ingin membaca informasi tersebut dan ingin segera mengetahui obatnya, temukan caranya di bawah artikel ini. 

Gusi bengkak termasuk ke dalam permasalahan kesehatan gigi dan mulut. Hampir semua orang pernah merasakannya. Sulit untuk mengunyah makanan, terasa sakit saat membuka mulut, sulit berbicara, terasa nyut - nyutan disertai kepala pusing, mengalami kesulitan tidur karena merasakan rasa sakit disertai gelisah dan efek lainnya. Itulah beberapa dari akibat gusi bengkak.

Jika dibiarkan, bukan hanya akan mengganggu aktivitas keseharian, namun akan menimbulkan penyakit yang cukup serius. Seperti : 
  1. Gusi akan memerah
  2. Gusi bengkak bernanah
  3. Panas dalam
  4. Menimbulkan bau mulut
  5. Infeksi dan berdarah mengeluarkan nanah 
  6. Gigi mudah goyah dan berkemungkinan gigi akan lepas dan tak jarang ditemui gejala lainnya disertai demam hingga terjadinya infeksi kronis.
Peran gusi sangat penting untuk menopang gigi. Itu dikarenakan, gusi merupakan jaringan lunak kokoh berfungsi untuk mengikat gigi dan membungkus tulang rahang atas dan bawah. Ada banyak jaringan yang sangat rumit disini. Sehingga, ketika terjadi sesuatu pada gigi, dampaknya dapat dirasakan oleh gusi. Begitu juga sebaliknya.

Penyebab Gusi Bengkak

Dengan mengetahui penyebab gusi bengkak, kita dapat melakukan tindakan pengobatan sekaligus pencegahan dikemudian hari. Cara ini adalah langkah utama mesti dilakukan. 

Apabila penyebabnya masih ada, dapat dipastikan anda akan mengalami masalah gusi bengkak dikemudian hari. Jangan sampai rasa sakit tersebut mengganggu aktivitas dan kesehatan anda secara berulang - ulang.

Kebanyakan mereka yang mengalami pembengkakan gusi mengunjungi dokter gigi. Tentu saja dokter gigi melakukan tahapan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebelum memberikan obat gusi bengkak kepada si pasien. 

Apa yang dokter temukan ? 

Plak, gigi berlubang dan karang gigi merupakan penyebab utama gusi mengalami pembengkakan seringkali ditemukan. 


Inilah beberapa gambar gusi bengkak. Ketahui juga cara mengobati gusi bengkak secara alami dan medis di sini.
Gambar Gusi Bengkak
Itu artinya, pembengkakan sering didominasi oleh permasalahan kebersihan mulut dan gigi. Karena dalam kondisi seperti ini, pertumbuhan bakteri di dalam mulut akan berkembang biak sangat cepat. Bukan hanya bau mulut juga akan timbul, bengkaknya gusi hingga menjadi penyebab penyakit radang tenggorokan seperti amandel akan anda alami. 

Bagaimana dengan kesehatan mulut dan gigi anda ? 

Sudahkah dijaga dengan baik ?

Apabila ini terjadi, tindakan yang perlu dilakukan adalah menghilangkan rasa sakit terlebih dahulu. Karena dapat dipastikan gusi anda mengalami infeksi. 

Jika rasa sakit sudah hilang, langkah selanjutnya adalah menghilangkan sumbernya agar dikemudian hari pembengkakan gusi tidak kambuh lagi. Pembersihan plak dan karang gigi perlu dilakukan. Jika ada gigi berlubang sebaiknya ditambal atau dicabut.

Selanjutnya, tindakan pencegahan yang perlu anda lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara teratur dan benar. Sikatlah gigi secara benar hingga kesela - sela, jangan sampai sisa makanan masih menempel dan akan menimbulkan plak dikemudian hari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan kotoran “tahi gigi” di bagian sela - sela gigi. Tak terkecualit lidah.

Kemudian, penyebab gusi bengkak lainnya antara lain :

1. Timbunan Plak Pada Gigi

Adanya plak, karang gigi atau gigi berlubang yang berkemungkinan besar menimbulkan infeksi atau peradangan pada gusi. Kebanyakan pasien ketika berkunjung ke dokter gigi, mengeluhkan gusinya sakit. 

Hal ini merupakan faktor utama munculnya pembengkakan. Tindakan yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menghilangkan rasa sakit. Barulah kemudian membersihkan plak dan karang gigi, menambal atau mencabut gigi berlubang.

Kemudian, tindakan pencegahan selanjutnya adalah menyikat gigi secara teratur dan benar (tidak dianjurkan sehabis makan untuk menyikat gigi. 

Tunggulah sekitar 20 menit barulah menyikatnya, itu dikarenakan perubahan suhu akan menimbulkan keropos pada gigi dan menimbulkan lubang kecil serta penipisan enamel gigi), kumur - kumur setelah makan dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran disela - sela gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi dan kunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali. 

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Hal ini disebabkan karena sikat gigi yang anda gunakan “bulu sikat gigi” tidak lembut. Sehingga, saat menggosok gigi akan terjadi iritasi dan luka pada gusi. Carilah sikat gigi berbulu lembut sesuai dengan kondisi gusi anda

3. Salah Pilih Pasta Gigi dan Obat Kumur

Menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang tidak tepat. Tidak semua orang cocok dengan semua produk pasta gigi. Obat kumur terkadang ikut menjadi faktor penyebabnya. Kita tidak mengetahui secara pasti cairan apa yang digunakan untuk membuat obat kumur. Carilah produk sesuai dengan kondisi mulut dan gigi anda

4. Kekurangan Vitamin C dan D

Kedua vitamin ini berfungsi sebagai zat alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penguatan komponen tulang dan gigi. Jika keduanya tidak tercukupi, maka dapat berakibat pada gangguan kesehatan gusi.

5. Akibat Makanan Tertentu

Mengkonsumsi makanan tertentu seperti gorengan, makanan berkuah santan, terlalu pedas dan sebagainya dapat menimbulkan peradangan gusi.

6. Akibat Panas Dalam

Akibat panas dalam, biasanya disertai bibir pecah - pecah. Ada kemungkinan disebabkan kekurangan vitamin C dan D atau kekurangan gizi

7. Struktur Gigi Tidak Teratur

Memiliki struktur gigi tidak teratur, kondisi ini akan menimbulkan “tergigit” saat menguyah makanan. Ada kemungkinan gigi akan menggigit gusi secara tidak sengaja dapat menimbulkan sariawan. Dari sariawan, jika kebersihan gigi dan mulut tidak baik akan menimbulkan infeksi.

8. Stres Berkepanjangan

Kondisi stress dapat menyebabkan sistem daya tahan tubuh menurun. Jika kebersihan mulut dan gigi anda tidak terjaga dengan baik, bakteri penyebab gusi bengkak akan tumbuh berkembang cepat

9. Penggunaan Kawat Gigi

Menggunakan kawat gigi dan behel. Pemasangan kawat gigi dan behel terlalu rapat akan menimbulkan tekanan pada gusi. Jika anda menggunakannya, pada saat pemasangan, katakan kepada dokter bahwa ada yang belum pas. Jika sudah katakan sudah pas. Karena ini akan berdampak buruk bagi anda dikemudian hari seperti menimbulkan infeksi cukup serius jika pemasanganya tidak tepat

10. Abses Gigi

Gingivitis atau adanya abses akut maupun kronis biasanya disebabkan oleh plak, karang gigi atau gigi berlubang. Kemudian terjadi infeksi dan menimbulkan gusi bengkak berisi cairan darah atau nanah.

11. Faktor Kehamilan

Kehamilan seringkali menimbulkan peningkatan hormon dan menyebabkan aliran darah ke gusi akan mengalami peningkatan. Sehingga, gusi akan lebih mudah mengalami iritasi. Perubahan hormon saat wanita hamil juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh melawan bakteri dapat menyebabkan gusi bengkak.

12. Tumbuhnya Gigi Geraham

Tumbuhnya gigi geraham terakhir atau tumbuhnya gigi abnormal. Ketika seseorang beranjak dewasa biasanya akan disertai tumbuhnya gigi geraham terakhir, biasanya akan menimbulkan rasa sakit. Selain itu, tumbuhnya gigi secara abnormal seperti gingsul, terkadang membuat gusi terasa sakit

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut penyebab gusi bengkak, kami telah mengupasnya diartikel lainnya secara mendalam. Anda dapat membaca artikel tersebut di link tersebut. 

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Obat di Apotik

Menggunakan obat - obatan melibatkan bahan kimia harus digunakan secara tepat dan harus disertai dengan petunjuk serta resep dari dokter. 

Jangan sembarangan mengkonsumsi obatan - obatan tanpa ada sebuah pengetahuan mengenai fungsi, manfaat dan dampak yang ditimbulkan, seperti bakteri akan menjadi kebal terhadap antibiotik. 

Berikut ini adalah obat gusi bengkak di apotik paling ampuh :

1. Ibuprofen

Obat ini akan membantu mengatasi gusi bengkak. Berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan obat anti peradangan untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Mengenai dosis, anda dapat mengkonsumsinya pagi hari dan sebelum tidur setelah makan.

2. Clindamycin

Clindamycin memiliki fungsi ganda yaitu dapat meredakan rasa sakit sekligus sebagai obat antibiotik untuk menangkal serangan bakteri dan kuman yang masuk ke dalam gusi. Gunakan dosis 150 gram setelah makan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

3. Asam Mefenamat

Biasanya dokter memberikan obat ini bagi mereka yang akan melakukan perawatan gigi seperti pembersihan plak, karang gigi, tambal gigi atau cabut gigi sebelum tindakan tersebut dilakukan. Untuk mengurangi resiko infeksi lebih lanjut karena pada saat cabut gigi misalnya, pembuluh darah akan terbuka lebar. 

Untuk mencegah bakteri dan kuman masuk melalui jalur pembuluh darah, asam mefenamat dapat diberikan. Selain itu dapat mengurangi rasa nyeri dan sebagai obat anti peradangan.

4. Berkumur Dengan Cairan Antiseptik

Ada produk kesehatan menawarkan solusi untuk mengobati sariawan. Tak hanya itu biasanya produk tersebut sekaligus dapat mengatasi pembengkakan pada gusi. 

Namun, terlebih dahulu anda harus baca aturan pakai pada label produk, penggunaan dosis atau apakah dapat menyebabkan resiko dikemudian hari. Cairan antiseptik ini akan mampu mematikan kuman dan bakteri di dalam mulut dan membuat lingkungan mulut menjadi netral.

Gunakan salah satunya saja. 


Kami tidak memberikan izin obat - obatan di atas diberikan kepada anak- anak atau usia balita. 

Obat ini khusus hanya untuk orang dewasa. Anda dapat menggunakan resep obat sakit gigi untuk anak atas petunjuk dari dokter terkait. Karena biasanya, gusi bengkak yang terjadi pada anak - anak disebabkan karena kebersihan mulut dan gigi kurang terawat. Selain itu, timbuhnya gigi juga akan mempengaruhi gusi menjadi bengkak.

Pada umumnya obat gusi bengkak di apotik atau berasal dari resep dokter, biasanya disertai dengan manfaat ganda seperti menghilangkan sakit gigi, meredakan kepada pusing. 

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Banyak sekali bahan alami disekitar kita yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak. Hanya saja, jarang diketahui oleh banyak orang. Walaupun mereka tahu, biasanya mereka menginginkan rasa sakit hilang dalam sekejap. Padahal, menggunakan bahan alami jauh lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dalam jangka waktu panjang. 

Memang terkadang, jika kita menggunakan bahan alami, rasa sakit tidak hilang dalam sekejap. Namun, dapat hilang secara perlahan - lahan. 

Ada beberapa obat gusi bengkak alami antara lain :

5. Bawang Putih dan Air Garam hangat

Bawang putih bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur semata. Slah satu bahan bumbu dapur ini dapat kita jadikan sebagai antiseptik dan anti peradangan alami. Selain dapat menyembuhkan gusi bengkak, ia juga dapat kita gunakan untuk mengatasi permasalahan sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. 

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :

  1. Iris bawang putih tipis - tips
  2. Kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak hingga 20 menit
  3. Berkumurlah dengan air garam hangat
Atau anda juga dapat menghaluskan bawang putih dengan menambahi sedikit taburan garam. Oleskan dengan cara menggunakan kapas streril pada gusi bengkak.

6. Gunakan Minyak Cengkeh

Minyak ini memang memberikan manfaat yang sangat efektif dan ampuh. Minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengempeskan bejolan akibat peradangan dan sifatnya dapat digunakan sebagai anti peradangan untuk mencegah infeksi kelanjutan akibat gigi berlubang.Terbuat dari ekstrak buah pohon cengkeh. 

Namun, anda harus jeli untuk mendapatkannya, karena banyak sekali beredar minyak cengkeh palsu dipasaran. 

Adapun cara mengobati gusing bengkak karena gigi berlubang dengan minyak cengkeh antara lain :
  1. Sediakan kapas atau cutton bath
  2. Teteskan minyak pada kapas
  3. Tempelkan atau oleskan pada bagian gusi yang sakit
  4. Diamkan selama 25 menit, kemudian kumur - kumur dengan air garam hangat  
  5. Lakukan cara ini sesering mungkin terutama setelah makan besar

7. Jeruk Nipis atau Lemon 

Jeruk nipis dan jeruk lemon merupakan bahan alami dengan mudahnya ditemukan. Jika anda sulit mencarinya, di pasar tradisional dapat dipastikan ada pedagang yang menjualnya atau dapat anda temukan di toko buah. 

Jeruk nipis dalam kondisi segar juga dapat kita jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi perut buncit. Bagi anda yang mengalami pembengkakan gusi disebabkan oleh kekurangan vitamin C, buah ini dapat dijadikan alternatif untuk penyembuhan.

Cara menggunakannya sangat sederhana saja. Sediakan 1 gelas air hangat. Teteskan perasan air buah jeruk nipis ke dalam 1 gelas air tadi. Aduk rata. Gunakan air ini untuk kumur - kumur Lakukan pagi dan malam setia harinya hingga rasa sakit hilang.

8. Asam Jawa

Buah asam jawa banyak mengandung vitamin C. Namun, anda harus menggunakan buah asam jawa langsung berasal dari pohonnya. Bukan asam jawa yang sudah dikemas dalam bungkusan. Cukup sulit menemukan asam jawa. Biasanya disaat musim, buah asam jawa dijual dipasaran. Sediakan terlebih dahulu dua buah asam jawa. 

Ambil bagian dagingnya. Selanjutnya seduh dengan air hangat. Adura rata. Biarkan larutan mengendap. Gunakan air tanpa endapan untuk kumur - kumur diwaktu pagi dan malam selama rasa sakit masih ada.

9. Air Garam Hangat

Garam dapat membasmi bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak karena sifatnya antibakteri. Lagipula, menggunakan cara ini sangat sederhana dan ekonomis. 

Anda cukup menggunakan ½ sdt garam halus dicampur dengan 1 gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk kumur - kumur sebanyak 3 kali sehari. Hentikan jika rasa sakit sudah hilang. Jika sudah menghabiskan 1 gelas untuk kumur - kumur, sediakan 1 gelas air hangat untuk menghilangkan rasa asin pada mulut.

10. Merica Bubuk

Merica bubuk dapat anda jadikan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami. Karena bersifat anti bakteri, sebagai obat analgesik alami dan anti peradangan. Penggunaannya pun sangatlah mudah, yaitu siapkan merica bubuk secukupnya dan tambahkan sedikit air. Kemudian, oleskan pada daerah gusi bengkak.

Jika gusi bengkak telah sembuh, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengantisipasi jangan sampai pembengkakan terjadi lagi. Untuk itu anda harus mengetahui terlebih dahulu kenapa gusi anda mengalami pembengkakan. 

Dengan begitu pembengkakan gusi tidak akan terjadi lagi.

Misalnya saja, anda memiliki masalah kesehatan gigi seperti adanya plak atau karang gigi. 

Walaupun, gusi telah sembuh pada saat itu, namun percayalah dikemudian hari gusi akan kembali mengalami pembengkakan. Segera lakukan pembersihan karang gigi dan plak tersebut dengan cara melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Jangan takut untuk mengunjungi dokter gigi, sebab dokter gigi pasti akan memberika solusi terbaik bagi anda.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak No.2, 3 & 6 Sangat Manjur

0 komentar: