Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak No.2, 3 & 6 Sangat Manjur

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya seringkali terjadi pada anak dan orang dewasa yaitu akibat panas dalam, gigi berlubang, menumpuknya karang dan plak pada gigi, penggunaan kawat gigi dan sebagainya.

Beragam keluhan pun akan dirasakan mulai dari rasa sakit berdenyut, kesulitan berbicara, gusi bengkak bernanah, bau mulut dan gigi mudah goyah. Namun, ada pula ketika gusi mengalami pembengkakan tidak merasakan apapun. Padahal gusi sudah terlihat memerah dan tampak ada benjolan.


Inilah beberapa gambar gusi bengkak. Ketahui juga cara mengobati gusi bengkak secara alami dan medis di sini.
Gambar Gusi Bengkak
Walaupun demikian, jangan pernah mengabaikan jika gusi bengkak. Karena, infeksi kuman dan bakteri akan semakin meluas dan dapat memicu pertumbuhan bakteri mulut semakin meningkat serta menimbulkan resiko penyakit serius.

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak :

1. Minum Ibuprofen

Obat ini akan membantu mengatasi gusi bengkak. Berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan obat anti peradangan untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut. Mengenai dosis, anda dapat mengkonsumsinya pagi hari dan sebelum tidur setelah makan.

2. Gunakan Clindamycin

Clindamycin memiliki fungsi ganda yaitu dapat meredakan rasa sakit sekligus sebagai obat antibiotik untuk menangkal serangan bakteri dan kuman yang masuk ke dalam gusi. Gunakan dosis 150 gram setelah makan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

3. Asam Mefenamat

Cara mengobati gusi bengkak dapat meggunakan asam mefenamat. Biasanya dokter memberikan obat ini bagi mereka yang akan melakukan perawatan gigi seperti pembersihan plak, karang gigi, tambal gigi atau cabut gigi sebelum tindakan tersebut dilakukan. Untuk mengurangi resiko infeksi lebih lanjut karena pada saat cabut gigi misalnya, pembuluh darah akan terbuka lebar. 

Untuk mencegah bakteri dan kuman masuk melalui jalur pembuluh darah, asam mefenamat dapat diberikan. Selain itu dapat mengurangi rasa nyeri dan sebagai obat anti peradangan.


Obat di atas khusus untuk orang dewasa. Anda dapat menggunakan resep obat sakit gigi untuk anak atas petunjuk dari dokter terkait. Karena biasanya, gusi bengkak yang terjadi pada anak - anak disebabkan karena kebersihan mulut dan gigi kurang terawat. Selain itu, timbuhnya gigi juga akan mempengaruhi gusi menjadi bengkak.


Pada umumnya obat gusi bengkak di apotik atau berasal dari resep dokter, biasanya disertai dengan manfaat ganda seperti menghilangkan sakit gigi, meredakan kepada pusing. 

4. Berkumur Dengan Cairan Antiseptik

Ada produk kesehatan menawarkan solusi untuk mengobati sariawan. Tak hanya itu biasanya produk tersebut sekaligus dapat mengatasi pembengkakan pada gusi. 

Namun, terlebih dahulu anda harus baca aturan pakai pada label produk, penggunaan dosis atau apakah dapat menyebabkan resiko dikemudian hari. Cairan antiseptik ini akan mampu mematikan kuman dan bakteri di dalam mulut dan membuat lingkungan mulut menjadi netral.

Gunakan salah satunya saja. 

5. Bawang Putih dan Air Garam hangat

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dapat menggunakan bawang putih dan berkumur dengan air garam hangat.

Bawang putih bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur semata. Salah satu bahan bumbu dapur ini dapat kita jadikan sebagai antiseptik dan anti peradangan alami. Selain dapat menyembuhkan gusi bengkak, ia juga dapat kita gunakan untuk mengatasi permasalahan sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. 

Cara menggunakannya :
  1. Iris bawang putih tipis - tips
  2. Kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak hingga 20 menit
  3. Berkumurlah dengan air garam hangat
Atau anda juga dapat menghaluskan bawang putih dengan menambahi sedikit taburan garam. Oleskan dengan cara menggunakan kapas streril pada gusi bengkak.

6. Gunakan Minyak Cengkeh

Minyak ini memang memberikan manfaat yang sangat efektif dan ampuh. Minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengempeskan bejolan akibat peradangan dan sifatnya dapat digunakan sebagai anti peradangan untuk mencegah infeksi kelanjutan akibat gigi berlubang.Terbuat dari ekstrak buah pohon cengkeh. 

Namun, anda harus jeli untuk mendapatkannya, karena banyak sekali beredar minyak cengkeh palsu dipasaran. 

Adapun cara mengobati gusin bengkak karena gigi berlubang dengan minyak cengkeh antara lain :
  1. Sediakan kapas atau cutton bath
  2. Teteskan minyak pada kapas
  3. Tempelkan atau oleskan pada bagian gusi yang sakit
  4. Diamkan selama 25 menit, kemudian kumur - kumur dengan air garam hangat  
  5. Lakukan cara ini sesering mungkin terutama setelah makan besar

7. Jeruk Nipis atau Lemon 

Jeruk nipis dan jeruk lemon merupakan bahan alami dengan mudahnya ditemukan. Jika anda sulit mencarinya, di pasar tradisional dapat dipastikan ada pedagang yang menjualnya atau dapat anda temukan di toko buah. 

Jeruk nipis dalam kondisi segar juga dapat kita jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi perut buncit. Bagi anda yang mengalami pembengkakan gusi disebabkan oleh kekurangan vitamin C, buah ini dapat dijadikan alternatif untuk penyembuhan.

Cara menggunakannya sangat sederhana saja. Sediakan 1 gelas air hangat. Teteskan perasan air buah jeruk nipis ke dalam 1 gelas air tadi. Aduk rata. Gunakan air ini untuk kumur - kumur Lakukan pagi dan malam setia harinya hingga rasa sakit hilang.

8. Asam Jawa

Buah asam jawa banyak mengandung vitamin C. Namun, anda harus menggunakan buah asam jawa langsung berasal dari pohonnya. Bukan asam jawa yang sudah dikemas dalam bungkusan. Cukup sulit menemukan asam jawa. Biasanya disaat musim, buah asam jawa dijual dipasaran. Sediakan terlebih dahulu dua buah asam jawa. 

Ambil bagian dagingnya. Selanjutnya seduh dengan air hangat. Adura rata. Biarkan larutan mengendap. Gunakan air tanpa endapan untuk kumur - kumur diwaktu pagi dan malam selama rasa sakit masih ada.

9. Air Garam Hangat

Garam dapat membasmi bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak karena sifatnya antibakteri. Lagipula, menggunakan cara ini sangat sederhana dan ekonomis. 

Anda cukup menggunakan ½ sdt garam halus dicampur dengan 1 gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk kumur - kumur sebanyak 3 kali sehari. Hentikan jika rasa sakit sudah hilang. Jika sudah menghabiskan 1 gelas untuk kumur - kumur, sediakan 1 gelas air hangat untuk menghilangkan rasa asin pada mulut.

10. Merica Bubuk

Merica bubuk dapat anda jadikan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami. Karena bersifat anti bakteri, sebagai obat analgesik alami dan anti peradangan. Penggunaannya pun sangatlah mudah, yaitu siapkan merica bubuk secukupnya dan tambahkan sedikit air.

Kemudian, oleskan pada daerah gusi bengkak.

Jika gusi bengkak telah sembuh, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengantisipasi jangan sampai pembengkakan terjadi lagi. Untuk itu anda harus mengetahui terlebih dahulu kenapa gusi anda mengalami pembengkakan. 

Dengan begitu pembengkakan gusi tidak akan terjadi lagi.

Misalnya saja, anda memiliki masalah kesehatan gigi seperti adanya plak atau karang gigi. 

Walaupun, gusi telah sembuh pada saat itu, namun percayalah dikemudian hari gusi akan kembali mengalami pembengkakan. Segera lakukan pembersihan karang gigi dan plak tersebut dengan cara melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Jangan takut untuk mengunjungi dokter gigi, sebab dokter gigi pasti akan memberika solusi terbaik bagi anda.


Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak No.2, 3 & 6 Sangat Manjur

0 komentar: