Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


Benarkah Makan Jambu atau Cabai Bersama Bijinya Menyebabkan Usus Buntu ?

Seringkali terdengar oleh kita dari beberapa orang tua melarang anaknya ketika mengkonsumsi jambu biji bersama dengan bijinya. Tak hanya itu, hampir sebagian besar orang percaya bahwa makan biji bijian menyebabkan usus buntu.

Bahkan hingga saat inipun, kita masih bertanya - tanya bolehkah makan jambu biji dengan bijinya ?

Apakah hal tersebut benar atau hanya sebatas mitos ?

Menanggapi hal tersebut, di artikel ini kami akan membahasnya.

Kita mulai dari penyebab usus buntu :

Pada umumnya kebanyakan kasus ditemukan bahwa. penyebab usus buntu dikarenakan adanya infeksi bakteri. Timbulnya infeksi disebabkan oleh sumbatan (obstruksi) pada bagian pencernaan di lumen usus buntu.

Sumbatan atau obstruksi dapat terjadi dapat dipicu oleh beberapa hal yaitu :
  1. Fases mengeras akibat sembelit
  2. Pembengkakan jaringan limfoid (kelenjar getah bening di dinding usus) akibat dari infeksi saluran pernafasan bagian atas
  3. Tumor usus buntu
  4. Parasit cacing askariasis.

Penyebab Usus Buntu

Selain itu ada beberapa faktor penyebab usus buntuk lainnya :

1. Berasal Dari Makanan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah serat dapat menimbulkan masalah gangguan pencernaan.  Diantaranya akan mengalami susah buang air besar, sembelit dan memicu peradangan usus buntu.

Penyebab usus buntu apakah akibat dari makan jambu biji dan cabai.

Kebiasaan memakan makanan cepat saji seperti mie instan sebaiknya dihindari. Mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan asin juga tak baik bagi kesehatan usus kita karena akan menghambat proses pencernaan berlangsung.

Selain itu, ada baiknya agar tidak terlalu sering mengkonsumsi  goreng - gorengan  karena mengandung lemak jenuh. Hindari pula makanan yang mengandung vetsin (penyedap rasa dan bumbu instan), daging unggas yang diberi makanan penggemuk dan suntikan, daging kemasan dan makanan yang di bakar atau dengan cara di panggang di api.

Karena beberapa jenis makanan tersebut dapat menimbulkan peradangan pada usus buntu.

2. Mengkonsumsi Biji Bijian

Apakah makan biji bijian menyebabkan usus buntu ?

Menurut penjelasan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, makan jambu biji bersama bijinya dapat menimbulkan usus buntu, akan tetapi kemungkinannya kecil.

Dikutip dari detik.com "Jika makanan yang dicerna kemudian diantarkan dari usus kecil ke dalam usus besar melewati usus buntu, maka kontraksi otot dinding usus buntu akan memaksanya keluar. Namun, jika ada penyumbatan ketika pembukaan usus buntu yang melekat pada usus besar, maka akan menyebabkan radang usus buntu atau dikenal dengan appendiksitis".

Selain itu, alasan lainnya jambu biji tidak mudah hancur ketika berada di saluran pencernaan dan akan keluar bersamaan dengan fases dalam bentuk utuh.

Sedangkan mengkonsumsi biji cabai tak akan masuk ke dalam usus buntu. Akan tetapi, biji cabai bersifat panas. Ketika dicerna di dalam sistem pencernaan akan menimbulkan panas dalam dalam usus. Panas dalam ini dapat berdampak pada peradangan usus

3. Kebiasaan Buruk 

Ada lagi anggapan yang beredar pada masyarakat kita selama ini, bahwa berlari setelah makan dan menahan BAB dapat menimbulkan usus buntu. Benarkah ?

Pada dasarnya berlari setelah makan tidak dianjurkan untuk anda walaupun bukan menjadi penyebab usus buntu. Rasa sakit bisa saja timbul, itu dikarenakan akibat dari sirkulasi darah menuju bagian usus teralihkan ke bagian otot dikarenakan gerakan di daerah perut, yang mana otot - otot perut mengalami kontraksi padahal makanan belum dicerna sepenuhnya.

Untuk itulah, anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan berat apabila hendak berolah raga.

Begitu juga tidur setelah makan tidak akan berakibat pada peradangan usus buntu. Justeru, jika kebiasaan ini tetap anda jalani hingga menjadi rutinitas atau keseringan akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya bagi tubuh anda, ini dikarenakan proses metabolisme tubuh yang tidak sempurna.

Efeknya dalam jangka panjang jika kebiasaan itu tetap anda lakukan, maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti meningkatnya asam lambung, bagi penderita diabetes dan jantung tidak baik melakukan ini.

Kemudian, menahan BAB juga tidak baik.

Walaupun ini terkesan konyol, ternyata ada juga yang melakukan hal ini dikarenakan faktor kesibukan. Menunda - nunda karena kesibukan bekerja.

Ketahuilah, jika sudah waktunya untuk BAB sebaiknya jangan anda tahan karena kotoran tersebut akan menumpuk pada usus dan menimbulkan bibit penyakit jika tidak dikeluarkan segera. Tak ada kaitannya usus buntu dengan menahan BAB, justeru akan menimbulkan bibit penyakit baru bagi kesehatan anda dikemudian hari.

4. Parasit Cacing

Beberapa kasus ditemukan, cacing parasit dalam usus manusia juga dapat menimbulkan penyakit usus buntu. Jenis cacing dimadsud bernama cacing askariasis. Cacing ini tergolong cukup berbahaya jika sudah menetap di dalam usus.

Karenasatu cacing dewasa betina dapat hidup dan berkembang biak serta menghasilkan sebanyak 200.000 telur setiap harinya. Bayangkan jika cacing ini tetap hidup dan menetaskan telurnya. Akan terjadi infeksi berat.

Selain itu, cacing ini dapat berpindah ke organ disekitarnya seperti usus buntu, hati, jantung, paru - paru, usus halus dan sebagainya. Bahkan, infeksi cacing askariasis jika sudah parah dapat menimbulkan muntah cacing.

Semoga, dengan artikel ini pertanyaan kita selama ini mengenai apakah makan biji bijian menyebabkan usus buntu.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Benarkah Makan Jambu atau Cabai Bersama Bijinya Menyebabkan Usus Buntu ?

0 komentar: