Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


8 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami

Kaligata atau seringkali kita menyebutnya dengan nama biduran adalah suatu penyakit peradangan kulit ditandai dengan munculnya bercak kemerahan atau putih pada kulit yang menimbulkan rasa gatal, nyeri dan panas.

Adapun penyebab biduran dapat ditenggarai oleh beberapa faktor diantaranya :
  1. Reaksi alergi dari makanan tertentu seperti berasal dari hewan laut, daging, susu dan sebagainya
  2. Alergi terhadap bahan pakaian
  3. Alergi penggunaan obat antibiotik seperti aspirin, ibuprofen, amoxicilin dan sebagainya
  4. Infeksi virus tertentu seperti virus hepatitis
  5. Pengaruh suhu lingkungan sekitar seperti udara dingin dan panas
  6. Alergi terhadap pengawet makanan
  7. Alergi terhadap benda dan zat kimia adiktif 
  8. Alergi terhadap hewan seperti ulat bulu, bulu anjing dan sebagainya
Sebagian besar, penyebab utama penyakit biduran dikarenakan adanya reaksi alergi.

Selain itu, penyakit ini juga dapat dipicu oleh faktor lainnya yang berasal bukan dari makanan seperti dikarenakan gigitan serangga dan pengaruh obat - obatan. Reaksi alergi tersebut dapat merangsang sel mastocyte dalam tubuh untuk melepaskan histamin dalam jumlah banyak. Kondisi ini akan membuat pelepasan plasma dalam darah. Sehingga, berakibat pada munculnya ruam bintik bintik disertai rasa gatal, panas dan nyeri.

Penyakit biduran dapat dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak sangat rentan terhadap penyakit ini. 

Cara menghilangkan dan mengobati biduran secara alami. Biduran atau Urtikaria jika tidak diatas akan menimbulkan gatal yang terasa amat. Atasi segera dengan cara ini hingga tuntas.

Dalam kondisi tertentu tergantung dari penyebabnya, penyakit biduran dapat sembuh dengan sendirinya tanpa diobati setelah munculnya ruam di hari pertama dan biasanya akan sembuh menjelang hari ke 4 dan 5. Namun, jika daya tahan tubuh penderita melemah maka penyakit ini dapat meluas ke seluruh permukaan kulit.

Kondisi inilah yang harus kita waspadai karena gejala lanjutan seperti demam dan iritasi kulit dapat terjadi.

Obat biduran di apotik :
  1. Antihistamin rupatadine
  2. Menthol cream dalam bentuk salep
  3. Antihistamin H1 dan H2 seperti cimetidine, famotidine dan ranitidine
  4. Tablet kortikosteroid seperti prednisolone
Beberapa jenis obat - obatan di atas bertujuan untuk mengurangi produksi histamin, mencegah peradangan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagainya. Namun, perlu kami sampaikan bahwa beberapa jenis obat - obatan di atas harus berdasarkan resep dokter dan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak - anak dan wanita hamil.

Selain, menggunakan obat obatan di atas, kita juga dapat mengatasi biduran dengan cara alami.

Berikut ini adalah cara mengobati biduran secara permanen yaitu :

1. Temulawak dan Buah Asam Jawa

Kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengatasi biduran, karena mampu menghentikan produksi histamin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan 20 gram temulawak dan 2 buah asam
  2. Cuci bersih temulawak dan Iris tipis
  3. Sediakan air bersih sebanyak 3 gelas dan rebus semua bahan hingga mendidih menyisakan sekitar 2 gelas air
  4. Diamkan hingga dingin
  5. Minumlah air rebusan ini diwaktu pagi dan malam hari hingga biduran hilang

2. Sambiloto dan Kunyit

Sediakan 20 gram kunyit, 3 butir bawang merah, 10 gram sambiloto, 30 gram daun kelor. Blender halur kesemua bahan hingga halus. Selenjutnya rebus dengan 600 cc air hingga mendidih dan menyisakan setengah bagian. Saringlah dan minum. Untuk mengilangkan rasa pahit anda dapat menambahkan sedikit gula.

3. Air Kelapa Hijau

Jika biduran disebabkan oleh gigitan serangga dan reaksi alergi akibat dari mengkonsumsi hewan laut seperti udang, kepiting dan sebagainya, maka cara mengatasi biduran secara alami dapat menggunakan air kelapa hijau, karena air kelapa dapat menetralisir toxin dalam darah.

Adapun cara mengobati biduran dengan air kelapa cukuplah mudah yaitu dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin di waktu pagi dan sore hari sebanyak 1 gelas setelah makan besar.

4. Daun Binahong

Binahong sangat baik digunakan untuk pengobatan luar karena daun binahong dapat mencegah peradangan dan menyembuhkan luka pada kulit. Selain itu, rebusan daun binahong dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, membantu mengurangi pelepasan histamin ketika peradangan dan khasiat lainnya. Sehingga, daun binahong dapat anda jadikan pilihan terbaik sebagai obat biduran alami.

Cara mengobati biduran agar tidak kambuh lagi
  1. Sediakan 8 lembar daun binahong segar dan cuci bersih
  2. Remas, namun jangan sampai hancur
  3. Rebus dengan api sedang bersamaan 2 gelas air hingga menyisakan sekitar 1 gelas
  4. Minumlah air rebusan ini secara rutin di waktu pagi dan malam hari 1/2 jam sebelum makan besar
  5. Dosis setiap kali minum sebanyak 1/2 gelas 

5. Daun Jombang

Dianggap rumput, namun memiliki khasiat untuk menyembuhkan biduran secara permanen. Karena kandungan senyawa kimia seperti kholin, inulin dan sebagainya pada daun jombang dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk mencegah peradangan, menetralisir racun dalam darah, melancarkan sistem pencernaan dan sebagainya.

Cara menghilangkan biduran selamanya dengan daun jombang yaitu :
  1. Sediakan 30 gram daun jobang segar dan bersih
  2. Rebus bersamaan dengan 1 liter air hingga mendidih
  3. Tunggu hingga dingin
  4. Minum secara rutin di waktu padi dan malam hari 
  5. Dosis minum 1/2 gelas sekali minum 1/2 jam sebelum makan besar

6. Jahe Merah

Jahe merah juga dapat kita gunakan untuk mencegah peradangan semakin meluas dan menghentikan pelepasan histamin secara berlebihan. Untuk mengatasi biduran, anda dapat mengkonsumsi beragam produk olahan berasal dari jahe seperti wedang jahe, bandrek dan sebagainya. Konsumsi secara rutin 3 kali sekali di waktu pagi, siang dan malam hari hingga biduran sembuh.

Ada beberapa cara untuk mengobati biduran sepert yang telah kami paparkan di atas. Dalam hal ini, daun binahong sangat baik untuk anda gunakan. Kami sarankan pula, untuk pengobatan dalam tidak dianjurkan mengkombinasi menggunakan pengobatan alami dan obat - obatan.

Karena bisa jadi, jika keduanya dikombinasikan maka akan menimbulkan reaksi lainnya dari tubuh anda seperti keracunan dan sebagainya. Sedangkan untuk pengobatan luar tidak ada masalah.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Cara Mengobati Biduran Agar Tidak Kambuh Lagi Secara Alami

0 komentar: