Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Cara Melancarkan BAB Yang Keras Dengan Cepat Secara Alami

Siklus buang air besar atau BAB sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga sistem metabolisme agar tetap berjalan normal. Paling tidak, ukuran normal buang air besar dalam sehari sebanyak 2 kali dan selambat - lambatnya 2 hari sekali.

Namun, jika siklus bab telah melewati waktu tersebut maka kondisi ini patutlah diwaspadai dan harus segera diatasi dengan cepat.

Jika tidak, maka seseorang akan mengalami sembelit dan lambat laun dapat memicu timbulnya sel kanker pada dinding usus dan beragam masalah kesehatan lainnya seperti perut kembung, pendarahan usus, infeksi saluran pencernaan dan lainnya.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pembusukan tinja dan infeksi kuman serta bakteri di dinding usus.

Jika anda mengalami susah air besar, jangan anggap remeh. 9 cara mengatasi buang air besar (BAB) secara alami berikut ini dapat anda lakukan.

Cara Melancarkan Buang Air Besar:

1. Konsumsi Sayuran Tinggi Serat

Serat sangat diperlukan oleh tubuh dalam menjaga sistem metabolisme agar berjalan normal, terutama pada sistem pencernaan. Serat juga akan membantu untuk mempertahankan cairan di organ usus besar, sehingga dapat meluruhkan dan melunakkan fases.

Berikut ini beberapa daftar sayuran untuk melancarkan buang air besar yaitu :
  • Kubis
  • Kacang panjang
  • Bayam,
  • Wortel
  • Aprikot

2. Buah Strawberry 

Strawberry adalah buah yang juga dapat untuk memperlancar saluran pencernaan. Kandungan serat dan vitamin dalam buah ini cukup tinggi sehingga dapat meluncurkan obstruksi usus. Selain, strawberry juga sangat baik untuk kesehatan kulit Anda karena kaya akan vitamin C.

3. Rutin Minum Air

Apakah tubuh anda minum cukup air?

Setidaknya 1,5 liter air atau setara dengan 8 gelas air perhari yang perlu anda minum. Dikarenakan dalam kesehariannya tubuh kita beraktivitas membutuhkan air seperti menjaga kestabilan kekentalan darah, menjaga metabolisme, mempelancar sistem pencernaan dan membantu kinerja usus serta sebagainya. Keluarnya keringat juga akan membuat tubuh lemas dehidrasi kekurangan cairan. 

4. Penggunaan Pepaya

Pepaya adalah buah yang mudah sekali ditemukan, dan harganya murah. Buah ini dapat kita dimanfaatkan untuk mengatasi susah BAB. Hal dikarenakan, buah pepaya kaya akan kandunganv itamin C dan serat. Mengkonsumsi secara rutin juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan dan mendinginkan perut akibat panas dalam.

Cara melancarkan bab yang keras dengan pepaya:
  1. Sediakan 150 gram buah pepaya matang
  2. Blender halus dan tambahkan 1/4 gelas air matang
  3. Tambahkan 3 sendok makan madu
  4. Tuangkan di dalam gelas
  5. Konsumsi jus buah pepaya ini 1 jam sebelum makan besar di waktu pagi, siang dan malam hari hingga bab lancar

5. Dengan Kopi

Ambil 1 sendok makan kopi dengan tambahan gula dan tidak lupa menambahkan garam secukupnya kemudian minumlah, akan membantu anda memperlancar BAB.

6. Olahraga Secara Rutin

Olahraga teratur akan membantu gerakan di semua sistem tubuh kita termasuk berkenaan dengan pencernaan yang akan membuat otot-otor di dalam usus bekerja dengan baik. Selain itu anda akan mendapatkan segaran tubuh anda kembali.

7. Gunakan Lemon Juice

Lemon bertindak sebagai stimulan yang baik untuk sistem pencernaan. Di dalam tubuh, lemon juga membantu menghilangkan racun dan sisa makanan tercerna dalam usus besar.

Adapun cara melancarkan bab yang keras dengan cepat dapat menggunakan buah lemon:
  1. Sediakan 1 buah lemon segar dan 1 cangkir air matang hangat
  2. Peras lemon dan aduk hingga merata 
  3. Konsumsi minuman ini 1/2 jam setelah makan besar 2 kali sehari

8. Jauhi Kebiasaan Buruk

Terkadang dikarenakan sibuk, kita harus menunda Buang Air Besar yang sudah terasa. Jika ini terus dilakukan, kemungkinan efek sembelit akan menyerang kita. tidak peduli seberapa sibuk anda, untuk masalah ini jangan dianggap remeh karena tidak baik untuk kesehatan kita.

9. Perbanyak Mengkonsumsi Protein Nabati

Mengkonsumsi daging terlalu sering dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan sulit BAB karena tinja keras.

Kondisi ini akan bertambah buruk jika kita tidak suka makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk mengatasi BAB anda dapat memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, brokoli dan biji-bijian. protein nabati umumnya merupakan pilihan bagi pelaku diet karena rendah lemak. Namun demikian, anda masih perlu asupan protein sebagai nutrisi penyeimbang.

10. Melakukan Pijatan

Belum banyak yang mengetahui teknik ini. Namun, sejumlah penelitian membuktikan, bahwa gerakan pijatan perineum dapat merangsang fases cepat keluar dan membantu melancarkan persalinan bagi wanita hamil. Namun, sebagian kecil orang enggan melakukannya karena memiliki kesan jorok. Akan tetapi tak ada salahnya anda melakukan gerakan memperlancar bab di bawah ini.

Cara memperlancar bab dengan pijatan:
  1. Sediakan minyak zaitun atau minyak dengan kandungan tinggi vitamin E
  2. Pastikan anda melakukannya diruangan tertutup tanpa diketahui orang lain
  3. Bersihkan jari jemari anda, jika terdapat kuku panjang potonglah terlebih dahulu
  4. Dalam keadaan duduk, posisikan kedua kaki akan hingga merenggang
  5. Lumasi jari jari dengan minyak zaitun
  6. Usapkan minyak zaitun di daerah organ reproduksi dan disekitaran saluran pembuangan
  7. Lakukan pijatan lembut membentuk huruf U di bawah organ reproduksi
  8. Lemaskan otot - otot agar fases dapat terangsang untuk keluar
  9. Ulangi pijatan selama 8 - 10 menit
Biasanya dalam waktu hitungan menit dan jam, anda akan merasakan rasa ingin buang air besar. Ketika itu datang, bersegeralah. Semoga tips ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Cara Melancarkan BAB Yang Keras Dengan Cepat Secara Alami

0 komentar: