Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


12 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Apa itu stretch mark ?

Stretch mark adalah tanda garis pada kulit dengan bentuk tak beraturan bewarna putih atau kemerahan disebabkan oleh perenggangan atau elastisitas kulit secara berlebihan.

Pada umumnya, stretch mark hanya timbul di bagian tubuh tertentu seperti di payudara, bokong, paha, pinggul, bahu, lengan bagian atas dan perut bagian bawah daerah pusar.

Tanda garis ini biasanya seringkali dialami oleh wanita hamil di bagian tubuh tertentu seperti perut, payudara dan paha. Hal ini dikarenakan ketika hamil elastisitas kulit terutama di bagian perut dan payudara akan meningkat signifikan disebabkan tumbuh kembang janin dalam rahim.

Selain itu, stretch mark pada ibu hamil dipengaruhi oleh perubahan hormon dan bertambahnya berat badan serta kekurangan vitamin A, C dan E.
Stretch mark memang bukan penyakit berbahaya.

Namun, kehadirannya dapat berimbas pada tingkat kepercayaan diri seseorang menurun. Seperti tidak percaya diri ketika mengunakan pakaian mini, rasa bersalah ketika berhubungan dengan suami dan masalah lainnya.

Apakah stretch mark dapat dihilangkan ?

Ya. stretch mark dapat dihilangkan. Anda dapat mengikuti panduan untuk menghilangkannya di bawah ini.

Gambar stretch mark di paha betis kaki

12 Cara Menghilangkan Stretch Mark:

1. Gunakan Krim Penghilang Stretch Mark

Banyak sekali pruduct kecantikan berupa krim atau salep yang dapat anda temui di apotek, salah satunya dermatix ultra. Walaupun harnya cukup mahal yaitu antara Rp 150.000,- hingga Rp 230.000,- per 15 gram. Krim ini dapat merangsang pertumbuhan kolagen lebih cepat.

Penggunaannya pun sangatlah mudah, cukup dioleskan sedikit krim dermatix, kemudian lakukan gerakan melingkat dan iringi dengan pijatan lembut. Krim dermatix mampu menghilangkan stretch mark dalam waktu singkat antara 4 hari hingga 2 minggu setelah pemakaian pertama.

2. Terapi Laser

Cara kerja dari laser adalah dengan menyinari bagian yang terdapat tanda kerutan.

Kemudian sinar laser tersebut akan diserap oleh pembuluh darah di bawah lapisan stretch mark yang membuatnya berubah warna menjadi putih. Sebenarnya cara ini bukan menghilangkan, tapi membuatnya menjadi tidak tampak atau menyamarkan.

Selanjutnya kita akan beranjak ke cara menghilangkan stretch mark secara alami.

3. Menggunakan Kentang 

Kentang adalah jenis umbi-umbian memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang adalah bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan tanda kerutan.

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 1 buah kentang dan kupas kulitnya
  2. Potong kecil dan blender hingga halus tanpa air hingga membentuk adonan pasta
  3. Oleskan pasta kentang ke kulit dengan tangan diringi pijatan lembut selama 5 menitan
  4. Diamkan selama 25 menit
  5. Lakukan cara ini paling tidak 1 minggu 4 kali
  6. Lebih baik setiap hari secara rutin di waktu pagi atau malam hari

4. Pasta Kopi 

Kopi bukan hanya dapat diminum. Tetapi, kita dapat memanfaatkannya untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antioksidan dan kafein pada kopi dapat meningkatkan aliran darah dan mengendurkan lapisan kulit. Namun, kopi yang digunakan bukanlah kopi bubuk dalam kemasan.

Cara menghilangkan stretch mark dengan kopi:
  1. Sediakan 2 sdm kopi bubuk asli bukan kopi sachet
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu murni
  3. Tambkan secukupnya air hangat dan aduk rata hingga membentuk adonan pasta
  4. Sebelum kulit diolesi pasta kopi, lakukan pijatan lembut dipermukaan kulit stretch mark selama 5 menitan
  5. Olesi kulit dengan pasta kopi hingga merata
  6. Diamkan selama 30 menit
  7. Bersihkan kulit dengan air 
  8. Gunakan cara ini setiap harinya, paling tidak 1 minggu 4 kali pemakaian

5. Putih telur 

Ambil telur ayam kampung atau telur bebek. Pecahkan telur tersebut kemudian pisahkan kuning telurnya. Kemudian kocok hingga mengeluarkan sedikit busa atau buih. Oleskan putih telur dengan rata pada bagian kerutan. Diamkan selama 30 menit dan bilas kulit dengan air hingga bersih. 

6. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Walaupun tips iini kurang ampuh, namun mengkonsumsi air putih dapat menjaga kelenturan kulit. Sehingga, lambat laun bagian kerutan pada kulit sedikit demi sedikit akan menghilang. Untuk orang dewasa, konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari secara rutin.

7. Menggunakan Tumbuhan Lidah Buaya

Tanaman ini memang sungguh luar biasa manfaatnya yang dapat digunakan sebagai obat tradisional maupun sebagai bahan olahan product kecantikan. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil secukupnya gel lidah buaya dan oleskan pada bagian yang terdapat kerutan. Diamkan selama 15 menit agar meresap ke lapisan dermis kulit. Cuci bersih dengan air hangat.

8. Bubuk Coklat

Kandungan kolagen dalam bubuk coklat akan mampu menormalkan kembali kondisi kulit. Akan tetapi, anda harus menggunakan bubuk coklat murni, bukan dalam kemasan.

Penggunaannya sebagai berikut:
  1. Sediakan 2 sendok makan bubuk coklat murni
  2. Tambahkan 1 sendok makan madu dan air secukupnya
  3. Aduk rata hingga terbentuk adonan pasta
  4. Olesi kulit secara merata dan lakukan pijatan lembut selama 5 menitan
  5. Diamkan selama 30 menitan
  6. Cuci bersih kulit anda

9. Wortel

Penggunaanya dengan mengambil pati hasil parutan wortel. Dari pati tersebut dioleskan/tempelkan pada bagian yang memiliki stretch mark dan diamkan selama 25 menit. Mengkonsumsi jus wortel juga dapat membantu meningkatkan kolagen kulit.

10. Buah Lemon

Kandungan senyawa vitamin C pada buah ini cukup tinggi dapat membantu mengoptimalkan reproduksi sel-sel kulit mati dan membantu memperoduksi zat kolagen dalam tubuh. Penggunaannya pun sangat sederhana saja, hanya dengan mengoleskan hasil potongan buah lemon kemudian dioleskan pada bagian guratan. Diamkan selama 25 menit.

11. Minyak Jarak

Memang agak sulit untuk menemukan pohon ini. Namun, khasiat sudah terbukti mengatasi ragam permasalahan kulit seperti menghilangkan selulit, agar kulit tampak kencang dan tetap awet muda. Cara yang dilakukan sama dengan yang lainnya, cukup dengan mengoleskannya dan diamkan selama 30 menit.

12. Minyak Zaitun

Berbagai nutrisi dalam minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin A, D dan E yang dapat memperbaiki lapisan kulit hingga ke bagian paling dalam. Banyak orang menggunakan minyak ini untuk mengobati jerawat parah, menebalkan rambut, mengatasi rambut rontok dan sebagainya.

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun sebagai berikut:
  1. Sediakan minyak zaitun asli dalam kemasan
  2. Kompres kulit stretch mark dengan handuk hangat selama 5 menitan
  3. Teteskan minyak zaitun ke telapak tangan anda
  4. Olesi kulit dan lakukan pijatan lembut selama 5 menitan
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bersihkan kulit dengan handuk dingin
  7. Gunakan cara ini setiap harinya
Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami dan medis. Anda dapat memilih salah satunya saja. Namun untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan krim dermatix, biji kopi, minyak jarak dan minyak zaitun.

Selanjutnya, ikuti beberapa tips mencegah stretch mark di kulit berikut ini:
  1. Tidak mengkonsumsi obat-obatan dengankandungan tinggi kortikosteroid dalam jangka waktu yang panjang
  2. Jangan biarkan berat badan turun naik terlalu drastis dalam waktu singkat
  3. Apabila sedang dalam masa kehamilan, gunakan stagen dengan tujuan untuk menopang agar kulit bawah perut tidak terlalu melar
  4. Gunakan minyak zaitun secara rutin ketika hamil, misalnya 1 minggu sekali dioleskan ke perut
  5. Lakukan olahraga dan diet yang sehat
  6. Biasakan mengkonsumsi makanan sehat mengandung kaya vitamin E dan C

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 12 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

0 komentar: