Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

Akibat penyakit jantung koroner yaitu dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan diantaranya si penderita akan merasakan sakit kepala, nyeri dada, penurunan nafsu makan, kesulitan bernafas hingga berakibat dapat meningkatkan resiko kematian secara mendadak.

Mengingat akan bahaya resiko serangan jantung, maka upaya pencegahan penyakit jantung sejak dini sangat perlu dilakukan. Apalagi jika seseorang memiliki faktor resiko, tentu saja tindakan ini wajib ia lakukan untuk meminimalisir dampak buruk tersebut.
Tak hanya itu, kita yang sehatpun dirasa sangat perlu untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Bagaimana caranya ? Simak ulasannya di bawah ini.


Cara mencegah penyakit jantung secara alami :

1. Hentikan Kebiasaan Buruk

Diantara kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit jantung koroner yaitu merookok dan mengkonsumsi minuman beralkoohol. Keduanya dapat meningkatkan kinerja jantung semakin cepat untuk menyalurkan darah ke seluruh organ tubuh dan dapat merusak pembuluh darah koroner di jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Perhatikan gambar berikut ini adalah tabel ukuran tekanan darah untuk usia lebih dari 18 tahun :

Klasifikasi Tekanan Darah Usia > 18 Tahun
Optimal
< 120
< 80
Normal
< 130
< 85
Pre Hipertensi 1
130 - 139
85 - 89
Pre Hipertensi II
140 - 159
90 - 99
Pre Hipertensi III
160 - 179
100 - 109
Waspada Hipertensi
> 180
> 110
Hipertensi Sistolik
> 140
> 90

Kondisi normal tekanan darah sistolik (mmHg) berada diangka kurang dari (<130) artinya antara 121 - 129 (tekanan darah sistolik normal) sedangkan untuk tekanan darah diastolik (mmHg) berada di angka 81 - 84.

Anda perlu waspada jika tekanan darah berada pada tahap hipertensi derajat I apalagi sudah menunjukkan tanda hipertensi derajat ke II, sedapat mungkin berusaha untuk menurunkan tekanan darah tersebut, jika dibiarkan ini petanda tidak baik bagi kesehatan jantung anda.

Untuk mengontrol tekanan darah, periksalah diri kita misalnya dalam dalam satu bulan sekali atau dengan membeli alat pengukur tekanan darah.

3. Hindari Stress

Namanya masalah pasti ada dalam menjalani kehidupan. Namun, hindarilah stres berkepanjangan karena dapat memicu peningkatakan hormon cortisol. Hormon ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan pembuluh darah karena akan membuatnya menjadi kaku.

Bayangkan jika hal ini terus menerus ada dalam diri kita, tentu akan berdampak buruk. Jika sudah begini, sebaiknya kita mencari cara untuk menghilangkan perasaan stress ini.

Cara mencegah penyakit jantung sejak dini yaitu dengan mengontrol stress dengan  mengunjungi tempat wisata, kumpul bersama keluarga dan sebagainya.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kebanyakan orang tak mengetahui bahwa kondisi kesehatan gigi dan mulut memiliki peran sangat penting bagi kesehatan jantung. Menjaga kesehatan gigi dan mulut itu perlu sekali, bukan hanya untuk penampilan semata.

Jika anda mengalami masalah gigi berlubang, bau mulut, plak, dan sebagainya, jangan membiarkannya begitu saja.

Mengapa ?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah timbulnya radang arteri pembuluh darah di jantung. Jika gigi terdapat lubang tentu perlu perhatian khusus, dicabut atau ditambal itu lebih baik daripada nantinya ini akan menjadi salah satu faktor pemicu terkena gejala penyakit jantung.

5. Jalani Pola Makan Sehat

Makanan untuk mencegah penyakit jantung diantaranya adalah kacang-kacangan, ikan salmon, buah dan sayuran karena terdapat kandungan protein, vitamin, asam lemak omega 3 dan serat tinggi.

Mengkonsumsi buah dan sayuran harus dilakukan setiap harinya dan hindarilah mengkonsumsi daging berlebih, makanan dengan kandungan tinggi garam serta berlemak tinggi.

Selain itu hindari mengkonsumsi makanan melalui proses penggorengan dari pemakaian minyak goreng secara berulang-ulang. Kandungan minyak jenuh pada makanan tersebut dapat mengakibatkan radang arteri di pembuluh darah. "Enak namun tidak menyehatkan, tidak perlu mengkonsumsinya jika akan menimbulkan penyakit".

6. Olahraga Secara Teratur

Aktivitas ini sebagai penyeimbang kondisi tubuh untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh berupa keringat. Berjalan santai rutin 2 minggu satu kali misalnya jika sibuk selama 30 menit saja atau sedikit berlari sudah dikatakan olahraga yang sangat minimal untuk kesehatan Jantung anda.

7. Mengkonsumsi Buah-buahan Tinggi Antioksidan

Buah untuk mencegah penyakit jantung diantaranya yaituJeruk, apel, alpokat, strawberry, blewah, lidah buaya, wortel, mentimun, sirsak, kiwi, kulit manggis, delima dan anggur. Ada baiknya kita sering mengkonsumsi buah tersebut. Namun, memilih buah-buahan dengan kondisi segar dan sehat dan waspada terhadap buah-buahan dengan kandungan pengawet atau pewarna.

8. Memilah Makanan Baik dan Buruk

Selagi muda bukan bearti dapat menikmati makanan dan minuman secara bebas tanpa ada batas aturan. Cara mencegah penyakit jantung sejak dini yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dalam menu sehari - hari. Hindari makanan cepat saji, junk food, dan makanan lainnya yang buruk bagi kesehatan.

Baca : Pantangan makanan penderita penyakit jantung

9. Jangan Asal Mengkonsumsi Obat

Hindari penggunaan obat - obatan pereda nyeri, obat penenang dan obat - obatan terlarang. Pastikan anda mengkonsumsi suplement dan obat - obatan berdasarkan petunjuk dokter. Jika tidak, sangat mungkin dampaknya akan anda rasakan dikemudian hari yaitu memperburuk kondisi ksehatan jantung.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

0 komentar: