Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


9 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Kering & Patah

Dari sisi kecantikan, rambut memberikan peran penting dalam hal menunjang penampilan bagi seorang pria maupun wanita. Misalnya saja pada seorang model, memiliki rambut indah, sehat, tidak bercabang dan berkilau merupakan sebuah impian yang harus terwujud. Agar penampilannya di depan khalayak ramai penuh dengan rasa percaya diri.

Bagaimana dengan anda ? Kami yakin anda juga memiliki impian hal yang sama dengan seorang model tersebut.

Namun, bagaimana jika berbagai masalah rambut datang kepada anda ? Misalnya, permasalahan seperti rambut rontok, rambut bercabang, kering, kusam, mudah patah dan sebagainya. Tentu saja, masalah ini akan membuat rasa percaya diri kita turun. Bukan hanya itu saja, kondisi rambut tersebut mencerminkan bahwa seseorang memiliki masalah dengan kesehatannya.

Apakah anda mengalami rambut bercabang ? Ikuti tips cara menghilangkan rambut bercabang secara alami dengan perawatan yang mudah.

Salah satu gangguan kesehatan rambut yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang adalah rambut bercabang, rontok dan patah. Sebelum kita mengetahui cara mengatasi rambut bercabang dan kering, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya, diantaranya sebagai berikut :
  • Sering menggunakan hairdryer berlebihan
  • Penggunaan shampo yang tidak cocok dengan rambut
  • Sering melakukan keramas
  • Penggunaan bahan kimia seperti obat ribonding, pewarna rambut dan sebagainya
  • Faktor cuaca, terlalu lama terkena paparan sinar matahari juga tidak baik untuk kesehatan rambut
  • Rambut kurang nutrisi
  • Menyisir rambut ketika masih basah
Untuk mengatasi permasalahan kesehatan rambut, sebaiknya dilakukan segera. Jika tidak, dikuatirkan lama kelamaan rambut akan mengalami kerusakan secara keseluruhan. Namun, langkah yang dilakukan pun mesti tepat. Pastinya tidak menggunakan produk kimia.

Adapun cara menghilangkan rambut bercabang, kering, rontok dan patah sebagai berikut : 

1. Minyak Zaitun 

Memang tak bisa diragukan lagi manfaat dari minyak zaitun. Bahkan minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah rambut secara alami dan merupakan solusi terbaik.

Berikut ini adalah cara menghilangkan rambut bercabang dengan minyak zaitun tanpa dipotong :
  1. Pastikan rambut tidak dalam keadaan basah
  2. Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke kedua tangan anda
  3. Usapkan hingga merata
  4. Kemudian, usapkan pada seluruh rambut 
  5. Sambil mengusap, lakukan pijatan kecil agar nutrisi minyak zaitun meresep ke kulit kepala
  6. Diamkan selama 25 menit
  7. Basuh rambut anda dengan air bersih
  8. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu

2. Mayones 

Ternyata dengan mayones, dapat membuat rambut menjadi semakin lembut dan dapat meningkatkan minyak alami pada rambut. Petunjuk penggunaannya yaitu dengan melakukan perawatan dengan menggunakan mayones.

Lakukan perawatan ini secara rutin setelah berkeramas dan sesudah rambut anda dalam keadaan kering. Berikan sedikit mayones pada rambut sampai merata. Lalu tutup rambut dengan memakai shower cap. Selanjutnya biarkan beberapa menit supaya mayones meresap ke dalam rambut, mungkin membutuhkan waktu kurang lebih 20 sampai 25 menit. Kemudian, bersihkan rambut dengan shampo.

3. Minyak Kelapa Murni 

Ternyata minyak kelapa murni yang terbuat dari kelapa, bisa digunakan untuk perawatan rambut kering dan bercabang. Minyak kelapa alami juga bisa melembutkan rambut. Caranya cukup mudah. Oleskan minyak kelapa alami ke seluruh rambut, kemudian bungkus kepala dengan menggunakan shower cap. Lalu tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan rambut secara menyeluruh.

4. Alpukat 

Ternyata alpukat juga berguna untuk melembutkan rambut dan memberi kelembapan bagi rambut. Bahkan, Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut yang alami. Caranya yaitu dengan menghaluskan alpukat lalu campur dengan dua butir putih telur, kemudian diaduk hingga merata. Kemudian kombinasikan itu juga sebagai masker rambut. Ketika memoleskannya pada rambut, lakukan pemijatan ke seluruh rambut  secara merata. Setelah itu, diamkan beberapa menit, lalu basuh hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Tanaman ini begitu terkenal dibidang ilmu kecantikan terutama dalam mengatasi permasalahan pada rambut. Dengan menggunakan daun lidah buaya selain menghilangkan rambut kering dan bercabang, disisi lain dapat membuat rambut menjadi tebal, hitam berkilau dan menyehatkan rambut. Cukup mudah melakukannya.

Ikuti petunjuk cara menghilangkan rambut bercabang dan rontok dengan lidah buaya berikut ini :
  1. Ambilah beberapa tangkai daun lidah buaya
  2. Pisahkan bagian daging dan tempatkan ke sebuah wadah
  3. Blender bagian daging lidah buaya hingga halus tanpa menggunakan air
  4. Pastikan rambut anda tidak dalam keadaan basah
  5. Oleskan gel lidah buaya ke seluruh permukaan rambut hingga ke bagian pangkal
  6. Lakukan beberapa pijatan lembut pada kulit kepala
  7. Diamkan selama 25 menit
  8. Cuci bersih rambut anda dengan shampo condisioner
  9. Lakukan cara ini seminggu 2 hingga 3 kali pemakaian secara rutin

6. Pepaya

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, buah ini dapat juga dijadikan sebagai product kecantikan seperti pembuatan masker wajah, mengatasi rambut kering, rontok dan bercabang. Caranya dengan menyediakan buah pepaya merah masak yang segar dan yogurt. Haluskan buah pepaya dan campurkan dengan yogurt aduk hingga rata. Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah cuci bersih dengan air.

7. Cuka Apel

Biasanya cuka apel sering digunakan oleh mereka yang akan diet karena mampu menurunkan berat badan. Namun, cuka apel juga dapat menjaga kesehatan rambut. Dengan menyiapkan 4 Sdm cuka apel yang dicampur dengan air secukupnya kemudian oleskan pada rambut yang bercabang dan kering secara merata. Diamkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air bersih.

8. Kuning Telur

Tak banyak orang melakukan cara ini untuk mengatasi masalah pada rambutnya dikarenakan mungkin berlendir atau berbau amis. Namun, cara ini dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat, tebal dan tidak terlihat kering.

Cara yang dilakukan adalah dengan menyiapkan 1 butir telur ayam kampung kuningnya saja, dicampur dengan 3 Sdm minyak zaitun dan 1 Sdm madu murni. Selanjutnya aduk rata. Oleskan pada bagian rambut yang bercabang atau dioleskan pada seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat jika sudah selesai hingga bersih.

9. Madu dan Air Bunga Mawar

Campuran madu dan air bunga mawar akan memberikan nutrisi kesehatan pada rambut. Caranya adalah sediakan 3 Sdm madu murni dan 1/2 gelas ekstrak air bunga mawar. Aduk rata. dan oleskan saja pada seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Beberapa cara mengatasi rambut bercabang, kering dan patah di atas sangat aman digunakan untuk berbagai jenis type rambut. Dari beberapa cara tersebut, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa murni dan lidah buaya. Namun, anda dapat memilih diantaranya paling mudah bagi anda.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang Kering & Patah

0 komentar: