Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Tips & Cara Mengatasi Susah BAB Pada Bayi dan Anak (Aman)

Susah buang air besar sering terjadi pada bayi dan anak. Masalah Susah buang air besar atau istilah lainnya sembelit yaitu suatu penyakit disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan yang mengakibatkan tinja menjadi mengeras dan sulit dikeluarkan.

Hal ini sering membuat bayi atau anak merasa tidak nyaman dan sering menangis. Rasa sakit ketika buang air besar yang terjadi pada seorang bayi atau anak tentu akan membuat paraorang tua cemas dan merasa khawatir.

Sembelit atau susah BAB bukan hanya menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi atau anak, tetapi juga dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya jika terus menerus dibiarkan. Biasanya bayi atau anak umumnya buang air besar satu kali sehari, tetapi jika mengalami gangguan pencernaan malah bisa sampai berhari-hari tidak BAB.

Umumnya pada usia di bawah 2 tahunlah yang sering mengalami permasalahan kesehatan ini. Banyak faktor dan penyebab kenapa bayi dan anak susah buang air besar misalnya seperti :
  1. Kurangnya mengkonsumsi makanan mengandung serat
  2. Pemberian susu formula yang kurang tepat atau berlebihan daripada ASI 
  3. Mengkonsumsi makanan terlalu padat dan bertekstur kentar sehingga membuat pencernaan bayi dan anak terganggu dan faktor lainnya.
Bunda tak perlu kuatir dengan bayi dan anak susah bab. Berikut ini cara mengatasi dan melancarkan susah BAB pada bayi dan anak yang cukup efektif.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

Adapun beberapa tips cara mengatasi susah bab pada bayi dan anak sebagai berikut :

1. Memberikan ASI

Untuk usia 2 tahun ke bawah kebutuhan akan ASI (Air Susu Ibu) masih sangat diperlukan dan wajib diberikan karena ASI mengandung bakteri baik yang dapat membuat sistem pencernaan serta kekebalan tubuh bayi menjadi meningkat.

Untuk pemberian ASI ke bayi dan anak, sebaiknya perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi oleh sang Ibu seperti mengkonsumsi makanan tinggi akan serat dan kandungan vitamin.

2. Perhatikan Takaran Susu Formula

Jika si Anak sudah waktunya diberi susu formula, perhatikan takarannya sehingga tepat dan tidak terlalu kental. Lihatlah pada kemasan susu formula untuk mengetahui takaran yang disarankan ketika membuat susu.

3. Meminta Saran Susu Formula yang Cocok kepada Dokter

Meminta rekomendasi susu formula yang cocok kepada dokter harus Anda lakukan. Jika merk susu selama ini yang anda gunakan ternyata salah, maka cepatlah ganti merk susu dengan produk lain yang lebih tepat untuk anak Anda.

Karena tak jarang beberapa anak tidak cocok dengan produk susu merk tertentu. Namun Anda harus memperhatikan untuk tidak terlalu sering mengganti jenis susu formula. Mengganti jenis susu formula terlalu sering justru dapat mengganggu pencernaan anak Anda, hal ini dapat menyebabkan sembelit atau bahkan diare.

4. Oleskan Minyak Bayi di Sekitar Anus Bayi

Tips ini dapat membantu jika pada anus bayi terdapat lecet atau bahkan terluka. Minyak bayi dapat merangsang jalan keluar fases dan membuatnya mudah keluar.

5. Usaplah Perut Anak

Anda harus sering mengusap dengan gerakan melingkar searah dengan jarum jam di sekitar perut si anak dari pusar ke arah luar secara lembut. Gunakan minyak pijat khusus bayi ketika melakukan usapan. Jangan terlalu keras ketika mengusapnya. Karena kulit bayi masih terasa lembut.

6. Baringkan dalam Keadaan Terlentang

Lakukan gerakan kaki pada anak Anda seperti gerakan seperti mengayuh sepeda di udara. Tips ini akan membuat otot perut bergerak dan memberikan stimulasi yang lembut pada usus besar anak Anda sehingga memudahkan untuk buang air besar.

7. Mandikan dengan Air Hangat

Cara ini dilakukan untuk membuat otot-otot pada bayi dan anak menjadi rileks. Sesekali usap-usap pada bagian perut secara lembut dengan gerakan melingkar kearah kanan serta pada bagian punggung.

8. Konsultasi ke Dokter

Jika masih perlu dilakukan untuk menangani masalah ini lebih lanjut, cobalah untuk berkunjung ke dokter spesialis bayi dan anak. Dokter akan terlebih dahulu mendiagnosa apa sebenarnya yang menjadi masalah susahnya BAB. Jika sudah diketemukan, ada beberapa saran dan resep pun diberikan untuk menyembuhkannya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Tips & Cara Mengatasi Susah BAB Pada Bayi dan Anak (Aman)

0 komentar: