Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Sering Sakit Pinggang Kenapa Ya ? Gejala Penyakit Ginjal Kah ?

Keluhan sakit pinggang bagi seorang pekerja buruh bangunan, mungkin keluhan tersebut sebagai hal yang wajar dikarenakan respon tubuh lantaran memikul beban pekerjaan berat turut membebani tulang, otot dan bagian syarat disekitar pinggang.

Namun, bagaimana jika kita sering mengalami sakit pinggang padahal kita sendiri tidak melakukan pekerjaan yang terbilang berat.

Apakah ini petanda penyakit ginjal?

Mengangkat beban berat dengan cara menunduk kemudian mengangkatnya adalah cara yang salah, mencangkul terlalu lama membungkuk, posisi tidur yang salah, olahraga berlebih dan aktivitas lainnya bisa jadi merupakan beberapa diantara penyebab itu muncul.

Namun, adanya rasa sakit pada pinggang memiliki ragam penyebabnya, inilah yang harus diketahui. Karena bisa jadi, rasa sakit tersebut merupakan petanda dari gejala penyakit serius.

Penyebab Sakit Pinggang

Beberapa penyebab berikut ini mungkin perlu anda ketahui, sehingga rasa sakit yang dihadapi dikemudian hari dapat dicegah atau dengan mengetahui hal ini setidaknya sebagai langkah untuk mendeteksi dini dari gejala penyakit sifatnya serius.

1. Salah Posisi Tidur

Permukaan alas tidur tidak rata akan menjadi penyebab tulang belakang mengikuti pola alas tidur. Khususnya di malam hari sebaiknya tidur ditempat permukaan yang rata dengan cara meluruskan kaki.

2. Sikap Ketika Mengangkat Beban Berat

Sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri pada saat mengangkat beban berat, apalagi beban tersebut setengah dari berat badan kita. Mengangkat beban berat dengan cara membungkuk kemudian mengangkatnya adalah cara salah, berjongkoklah terlebih dahulu kemudian barulah mengangkatnya adalah tindakan benar.

3. Mencangkul Terlalu Lama

Profesi sebagai petani tentu saja sudah menjadi rutinitas keseharian. Jika tidak terbiasa mencangkul dengan posisi dan sikap tubuh yang salah ketika mengayunkan cangkul akan munculnya rasa sakit diarea pinggang.

4. Kurang Olahraga

Olahraga sangat diperlukan sekali oleh tubuh sebagai usaha detoksifikasi racun didalam tubuh, melancarkan peredaran darah, melenturkan persendian dan otot-otot dan manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh kita. 

Jarang aktivitas olahraga, lari 100 meter saja nafas sudah terbata-bata kemudian kaki akan keram , hal ini berbeda dengan orang yang berolahraga justeru akan merasakan kesegaran.

5. Menggunakan Sapatu Tinggi

Khusus untuk wanita, menggunakan sepatu bertumit tinggi akan menyebabkan lengkungan tulang punggung akan terlalu melengkung ke depan sehingga memberikan beban yang berlebihan ke depan.

6. Fakto Kehamilan

Salah satu penyebab sakit pinggang pada wanita yaitu karena faktor kehamilan.

Hal tersebut dipastikan akan dialami oleh wanita yang sedang mengandung pada usia kehamilan 5 bulan ke atas. Dikarenakan berat tubuh naik karena ada si bayi, tentu saja akan membuat tulang punggung belakang bertambah bebannya. 

Olahraga ringan khusus ibu hamil ini perlu dilakukan untuk menjaga kelenturan tulang, otot-otot agar tidak kaku.

Sikap dan posisi tubuh memang sangat mempengaruhi kemuncula sering sakit pinggang.

Kesalahan dalam sikap maupun posisi tubuh pada umumnya menjadi penyebab keluhan rasa sakit pinggang sebelah kiri dan kanan dikarenakan berat tubuh disokong oleh ruas tulang belakang, otot, bantalan ruas tulang belakang, dan jaringan ikat.

Sering mengalami sakit pinggang, kenapa ya ? Apakah tanda dari gejala penyakit ginjal ? Atau penyakit lainnya ? Ketahui disini !

Dikarenakan sikap dan posisi tubuh sangat mempengaruhi, segala aktivitas tubuh sebaiknya dikontrol seperti menyesuaikan tempat duduk kursi.

Jika bekerja di kantor disesuaikan sikap duduk sempurna, memperhatikan alas tidur, tidak menggunakan alas kaki bertumit tinggi, olahraga secara rutin dan tidak melalukan aktivitas berat karena dapat membebani tulang belakang seperti kegiatan mengangkat atau aktivitas lainnya.

Selain itu, penyebab sakit pinggang lainnya antara lain :

1. Penyakit Osteoporosis

Kepadatan tulang belakang yang sudah menurun tentu saja akan mempengaruhi rasa sakit itu muncul. Jika anda mengalami penyakit ini, sebaiknya tidak melakukan aktivitas telalu berat seperti mengangkat beban berat, menggendong, memikul dan kegiatan lainnya.

2. Kelainan Tulang Belakang

Pada umumnya ini adalah bawaan lahir, jika sering mengalami rasa sakit pada pinggang ada baiknya konsultasikan ke dokter terkait untuk mendapatkan kejelasan pasti.

3. Akibat Peradangan Sendi

Biasanya ini hanya terjadi bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut, usia di atas 50 tahun. Faktor makanan mestilah diperhatikan

4. Cidera Tulang atau Otot

Cedera akibat terpeleset, terkilir, terbentur, retak akibat kecelakaan, terjatuh ini bisa jadi penyebabnya. Jika anda mengalami hal ini, kemudian ada rasa sakit disekitar pinggang segera periksakan diri ke dokter untuk melakukan rontgen untuk mengetahui pasti apa ada masalah dengan tulang belakang anda.

5. Pertumbuhan Tumor

Misalnya saja penyakit tumor prostat dan payudara akan sering mengalami rasa sakit pinggang kiri dan perut bawah. Untuk kasus ini, berkonsultasi dengan dokter atau ahli dibidangnya adalah langkah terbaik.

Sakit Pinggang Apakah Sakit Ginjal ?

Sakit pinggang sebalah kiri dan kanan apakah petanda bahwa saya menderita penyakit ginjal ?

Sebuah asumsi ini telah melekat dimasyarakat kita, bahwa ketika sakit pinggang langsung saja dikaitkan dengan masalah kesehatan organ ginjal.

Apakah itu benar ?

Untuk memastikannya, kita harus melakukan diagnosis sesuai dengan gejalanya seperti
  • Sifat nyeri apakah terasa begitu menusuk atau nyeri biasa atau menjalar hingga ke ujung kaki
  • Mempelajari riwayat terjadinya apakah dipengaruhi faktor penyakit tertentu atau karena kesalahan aktivitas yang dilakukan oleh tubuh
Jika itu sudah dilakukan, kemudian tahap selanjutnya jika perlu adalah memastikannya dengan melakukan foto rontgen tulang belakang untuk mengatahui struktur tulang, atau untuk mengetahui apakah ada infeksi, kanker atau pengeroposan tulang.

Jika ginjal mengalami masalah, maka ada beberapa gejala khusus yang dapat kita kenali. Antara lain sebagai berikut :
  • Mengalami demam
  • Nyeri kepala
  • Sering merasakan mual
  • Muntah - muntah
  • Perubahan pola buang air kecil umumnya tidak teratur
  • Warna urine berubah tidak seperti biasanya. Warna urine berubah menjadi keruh, kemerahan atau seperti warna darah dan bercampur darah
  • Rasa nyeri mulas dan melilit hingga menjalar ke perut dan area kepribadian pria dan wanita.
Sebagai saran saja dari kami, jika sering mengalami beberapa gejala khusus tersebut, sebaiknya tidak dilakukan pijat atau urut.

Perhatikan terlebih dahulu apa penyebabnya. Jika sakit yang dirasakan bersumber dari urat/saraf terjepit, osteoporosis, akibat cedera dan faktor penyebabnya lainnya, dipijat atau diurut justeru akan memperburuk keadaan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Sering Sakit Pinggang Kenapa Ya ? Gejala Penyakit Ginjal Kah ?

0 komentar: