Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia

Banyak orang lebih memilih untuk menghilangkan sakit kepala dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat obatan pereda nyeri seperti aspirin.

Padahal, jika hal ini dilakukan secara terus menerus justeru akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya yaitu akan merusak organ ginjal secara perlahan - lahan.

Jika anda mengalami sakit kepala, tak selalu harus diatasi dengan minum obat. Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit dengan cara alami.


Diantaranya sebagai berikut.

6 Cara menyembuhkan sakit kepala:

1. Minum Air

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala diantara menimbulkan migrain. Hal ini dikarenakan syaraf otak kekurangan cairan. Selain itu, kekurangan cairan tubuh dapat pula mengakibatkan menurunkan daya ingat dan cepat marah. Untuk mengatasinya, usahakan kebutuhan air bagi tubuh anda terpenuhi. Minimal 8 gelas perhari bagi orang dewasa.

2. Pastikan Anda Cukup Tidur

Hampir sebagian besar orang yang mengalami gangguan berdampak pada kesehatannya. Salah satunya menyebabkan sakit kepala. Mengistirahatkan tubuh sejenak selama 30 menit hingga 1 jam dapat mengurangi rasa sakit. Pastikan pula anda memiliki waktu cukup tidur 7 hingga 8 jam perhari.

3. Hindari Makanan Tinggi Histamin

Beberapa jenis makanan yang mengandung histamin antara lain keju, buah anggur, ikan asap, daging dan makanan fermentasi. Mengkonsumsi makanan mengandung histamin berlebihan dapat menimbulkan migrain. Itu sebabnya, selama anda merasakan sakit kepala sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

4. Tenangkan Diri dan Kompres Air Dingin

Untuk menyembuhkan sakit kepala anda dapat mengompres kepala menggunakan air dingin. Tindakan ini dapat mengurangi peradangan dan memperlambat konduksi syarat penyebab rasa sakit.

Jika anda ingin melakukannya. Sediakan air dingin dan handuk bersih. Celupkan handunk tersebut pada air dingin dan letakkan handuk pada kening dan ubun - ubun kepala. Lakukan secara berulang jika rasa dinginnya menghilang.

Selain itu, tenangkan diri anda di tempat gelap dan istirahat yang cukup hingga sakit kepala reda.

5. Minum Air Jahe Hangat

Jahe mengandung banyak sekali senyawa bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan yang dapat kita gunakan untuk mengobati sakit kepala parah tak tertahankan.

Anda dapat menggunkan jahe dalam bentuk serbuk atau membuatnya secara langsung dengan cara sebagai berikut:
  • Sediakan 1 jari akar jahe
  • Kupas kulitnya dan cuci bersih
  • Iris tipis menjadi beberapa bagian
  • Seduh dengan air panas dan tambahkan 1 sdm gula
  • Minum air jahe selagi hangat
6. Lakukan Pijatan
Beberapa gerakan pijatan disekitar kepala cukup efektif untuk menyembuhkan sakit kepala karena dapat melancarkan aliran darah. Adapun teknik pijatannya sebagai berikut:
  • Pejamkan kedua mata anda
  • Lakukan gerakan pijatan melingkar pada kedua alis dengan dua buah jari selama 5 menit
  • Kemudian dilanjutkan dengan pijatan lembut ditengah kedua alis di atas hidung
  • Gerakan selanjutnya yaitu melakukan pijatan lembut di kedua sisi tulang baji (kedua sisi samping kepala dekat kening) selama 5 menitan
  • Selanjutnya, lakukan pula pijatan lembut tepat di tengah belakang leher dan kedua sisi pundak selama 10 menitan
  • Masih dalam keadaan mata tertutup, dan yang terakhir adalah lakukan pijatan di daerah tangan diantara jari telunjuk dan jempol selama 10 menitan
Jika anda telah melakukan beberapa hal di atas, akan tetapi rasa sakit tak kunjung reda maka kami sarankan untuk mengunjungi dokter dengan segera. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia

0 komentar: