Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


√ 8 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami & Medis 100% Aman

Apa yang dimaksud dengan kutil ?

Papiloma atau Veruka atau seringkali kita sebut dengan nama kutil adalah penyakit kulit disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) menginfeksi bagian atas lapisan kulit sehingga menimbulkan jaringan parut atau pertumbuhan kulit berupa benjolan bertekstur kasar.

Sebenarnya kutil termasuk dalam katagori penyakit tumor.

Akan tetapi, tumor jenis ini dikatakan jinak karena pertumbuhannya lambat. Walaupun demikian, ada juga sebagian kecil diantaranya bahwa kutil merupakan tumor ganas yang dapat menjalar ke jaringan kulit disekitarnya, seperti kutil kelaamin contohnya.

Kutil adalah penyakit menular yang dapat ditularkan ke orang lain melalui kontak fisik dengan penderita secara langsung. Misalnya dengan cara bersentuhan dengan bagian kutil secara langsung.

Kutil dapat terjadi dibagian tubuh mana saja seperti pada di ketiak, hidung, wajah, tangan, kaki, leher, telinga, punggung dan bagian tubuh lainnya, termasuk dapat tumbuh di organ reproduksi manusia sekalipun.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar Kutil di Tangan
Gambar Kutil di Wajah
Gambar Kutil di Kaki
Gambar Kutil di Leher dan Punggung
Kebanyakan penderitanya tidak menunjukan gejala serius bahwa kutil menjadi penyakit berbahaya. Namun, sebagian kecil darinya misalnya dari jenis kutil yang tumbuh di organ reproduksi manusia dan sekitarnya dapat menjadi permasalahan serius bagi kesehatan karena karena sifat pertumbuhannya ganas.

Sebelum mengobati kutil hingga tuntas ke akar - akarnya, ada baiknya kita kenali gejala, penyebab dan jenis - jenis kutil di bawah ini.

Gejala Kutil - Penyebab dan Jenisnya

Kebanyakan orang sebelumnya tidak mengetahui ciri ciri kutil pada mulanya, secara tiba - tiba ketika ia menyadari kutil telah tumbuh di permukaan kulit dengan ukuran cukup besar seperti terdapat benjolan. Sehingga, tak jarang dari beberapa orang ditemukan penyebaran kutil di kulit semakin banyak dan parah ditandai tumbuhnya beberapa kutil pada lapisan kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya kita harus mengetahui gejala kutil sebagai berikut :
  1. Munculnya permukaan kulit bertekstur kasar dengan ukuran berdiameter < 1 cm atau tak beraturan
  2. Jika ditekan kulit terasa menebal
  3. Perubahan warna kulit pada kutil seperti keabuan, kuning dan coklat
  4. Terkadang kutil dapat tumbuh secara berkelompok dengan ukuran tak menentu dan dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja
  5. Kulit akan mengeras dan menimbulkan benjola jika dibiarkan dalam jangka waktu lama tanpa pengobatan
  6. Ukuran dan bentuknya dapat bermacam-macam. Ada yang berbentuk bulatan, memanjang, dan pipih
Secara umum, penyebab kutil dikarenakan infeksi virus jenis Human Papilloma Virus (HPV) pada lapisan kulit terluar. Virus Papilloma tersebut dapaat menyebabkan peningkatan produksi keratin dalam tubuh manusia secara abnormal. Sehingga pada bagian tubuh tertentu keratin dapat menumpuk hingga munculnya kulit (mengerasnya kulit). 

Sedangkan, faktor penyebab kutil lainnya antara lain :
  1. Bersentuhan langsung dengan kulit penderita
  2. Penggunaan barang pribadi seperti handuk, sepatu, gunting kuku, pakaian dan lainnya secara bersama - sama
  3. Membiarkan kulit lembab terlalu lama
  4. Menggunakan kolam renang umum yang telah terkontaminasi virus HPV
  5. Terkena percikan darah hewan, misalnya ketika memotong ayam - darah kering hewan melekat di kulit dapat menyebabkan kutil
  6. Gangguan penyerapan nutrisi pada tubuh
Perlu anda ketahui :

Jika kutil tumbuh pada permukaan kulit disertai rasa gatal dan ketika ditekan terasa sakit serta tumbuh secara berkelompok, maka hal ini perlu diwaspadai. Karena bisa jadi ini merupakan gejala penyakit kulit yaitu tumor ganas. Begitu juga perlu diwaspadai jika kutil tumbuh pada area organ reproduksi manusia.

Cara Mengobati Kutil Secara Alami

Sangat tidak dianjurkan menghilangkan kutil dengan cara mencungkilnya atau menyayatnya hingga menimbulkan pendarahan. Karena hal ini dapat memperparah keadaan dan virus kutil dapat menyebar ke bagian kulit sehat lainnya. Kecuali dilakukan sesuai dengan prosedur medis yang benar.

Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara menghilangkan kutil berikut ini :

1. Gunakan Bawang Putih

Senyawa alicin pada bawang putih memiliki peran untuk menangkal perkembangan virus dan bakteri, sehingga baik digunakan sebagai obat kutil paling ampuh. Namun, jika anda menggunakan bawang putih pastikan terlebih dahulu bahwa kulit anda tidak menimbulkan reaksi alergi apapun.

Berikut ini cara menghilangkan kutil di leher dengan bawang putih yaitu :
  1. Sediakan bawang putih, kapas pembersih dan plester medis secukupnya
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Bersihkan kutil dengan kain hangat
  4. Letakkan bawang putih di atas kapas pembersih
  5. Rekatkan kapas pembersih di daerah kutih selama semalaman (minimal 5 jam)
  6. Lakukan cara ini setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang

2. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung tinggi senyawa antioksidan dan antivirus. Seringkali penggunaannya untuk lalapan. Selain itu, kita dapat menggunakan daun kemangi untuk mematikan virus dan membasmi kutil di wajah, leher, ketiak, hidung, mata dan bagian tubuh lainnya.

Adapun cara menghilangkan kutil di wajah dengan daun kemangi sebagai berikut :
  1. Sediakan daun kemangi dan plester medis secukupnya
  2. Lumatkan daun kemangi hingga halus
  3. Tempelkan di permukaan kutil di wajah atau bagian tubuh lainnya
  4. Rekatkan menggunakan plester medis
  5. Diamkan selama semalaman
  6. Bersihkan kulit wajah dengan air dingin
  7. Gunakan cara ini setiap hari hingga kutil hilang

3. Sari Cuka Apel

Karena sifatnya asam dan apel memiliki mineral kalsium, potasium berguna untuk mencegah  dan memperbaiki kerusakan sel serta kandungan asam asetat untuk menghentikan pertumbuhan sel tumor. Sebaiknya, tidak menggunakan sari cuka apel pada bagian sensitif seperti area mata dan sebagainya.

Cara menggunakannya :
  1. Sediakan sari cuka apel, kapas dan plester medis
  2. Teteskan cuka apel pada kapas
  3. Rekatkan kapas dengan plester medis pada tempat tumbuhnya kutil
  4. Diamkan semalaman
  5. Gunakan cara ini setiap harinya 

4. Gunakan Vitamin C dan E

Kedua vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit, terlebih vitamin E yang dapat melawan dan memperbaiki sel - sel rusak akibat infeksi virus papilloma. Untuk mendapatkan vitamin C dan E, anda dapat mengunjungi apotek terdekat.

Cara menghilangkan kutil di ketiak dengan vitamin C atau E sebagai berikut :
  1. Sediakan 1 tablet vitamin C atau E
  2. Tumbuk halus dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk adonan pasta
  3. Oleskan di permukaan kutil secara merata
  4. Tutup dengan kapas dan rekatkan dengan plester medis
  5. Diamkan selama semalaman penuh
  6. Gunakan cara ini 1 minggu 4 kali pemakaian

5. Getah Buah Pepaya Muda

Cara ini sangat baik digunakan, namun tidak disarankan jika dikenakan pada daerah tertentu seperti ketiak, selangkangan dan area kulit sensitif dengan tingkat ketebalan kulit cenderung tipis. Jika digunakan biasanya akan menimbulkan iritasi kulit.

Senyawa papain dan kimopapain pada buah pepaya dapat merusak membran sel virus dan bakteri. Sehingga, virus dan bakteri tidak dapat bertahan hidup lebih lama.

Adapun cara menggunakannya sebagai berikut :
  1. Sediakan pepaya sangat muda
  2. Iris hingga mengeluarkan getah
  3. Oleskan getah tersebut pada permukaan kutil secara merata
  4. Diamkan hingga mengering atau sekitar 2 jam
  5. Lakukan setiap harinya

6. Minyak Pohon Teh

Kandungan senyawa dari exstrak minyak pohon teh juga memiliki senyawa untuk melawan virus dan mencegah kutil menjadi tumor ganas. Anda dapat menggunakannya cukuplah mudah hanya dengan mengoleskan minyak pohon teh secara berulang - ulang setiap harinya hingga kutil menghilang.

Cara Mengobati Kutil Secara Medis dan Permanen

Pada umumnya, pengobatan kutil secara medis akan dilakukan dengan tindakan operasi lokal manual atau menggunakan operasi laser untuk menghilangkan kutil dari permukaan kulit. Cara ini cukup aman karena setelahnya, dokter kulit akan memberikan beberapa vitamin dan antibiotik untuk mencegah kutil tumbuh kembali.

Selain itu, beberapa hal berikut ini akan dilakukan jika penyakit kutil masih tergolong ringan. Diantarnya sebagai berikut :

7. Pemberian Salep

Pengobatan secara medis dapat menggunakan salep khusus yang mengandung bahan asam salisilat dan Cantharone. Penggunaanya tanpa resep dokter dapat dilakukan hanya mengoleskannya saja secukupnya dalam sehari 2 kali

8. Suntik Vaksin HPV

Pemberian vaksin biasanya akan dilakukan jika kutil yang tumbuh lebih dari satu dan telah menyebar di permukaan kulit. Karena dikuatirkan kutil menjadi tumor ganas maka tindakan ini efektif dilakukan. Vaksin HPV akan disuntikkan pada pembuluh darh terdekat munculnya kutil. 
Jika kutil tumbuh pada area organ reproduksi maka perlu dikonsultasikan pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan cepatt agar penyebaran kutil dapat dihentikan dan diobati segera mungkin.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : √ 8 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami & Medis 100% Aman

0 komentar: