Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Manfaat Daun Kentut Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mendengar namanya saja sudah aneh. Daun kentut, kenapa namanya demikian ?

Apakah daun ini berbau seperti aroma bau kentut ?

Tentu saja tidak. Karena itu hanya julukan belaka. Khususnya di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan ragam nama sesuai dengan tempat tumbuhnya.

Di Ternate saja misalnya tanaman kentut ini disebut dengan nama Gumi Siki, Madura menyebutnya Bintaos, di Sumatera menyebutnya daun kentut atau sembukan, lain halnya di China dengan bahasa mandarin disebut tanaman Ji Shi Teng bukan Sef Thi Teng ya..

Nama latin daun kentut adalah Paederia Scandens termasuk ke dalam famili Rubiaceae dapat tumbuh pada ketinggian 1 - 2.100 meter dari permukaan laut. Tanaman ini tergolong ke dalam tanaman liar, memiliki daun tunggal, tangkai panjang, pangkal membulat, ujung runcing dan jika diremas mengeluarkan bau busuk seperti bau kentut.


Itulah sebabnya, tumbuhan ini diberi nama daun kentut.

Inilah 6 manfaat daun kentut:

1. Mengobati Luka

Kandungan daun kentut berupa senyawa sitosterol dan asperuloside memiliki sifat sebagai senyawa anti peradangan dan anti bakteri berguna untuk mencegah infeksi luka dan mengurangi rasa nyeri. Ketika anda terjatuh, tergores pisau, terkena benda tumpul atau memar dan kondisi luka lainnya, maka gunakan daun ini dengan cara di tumbuk halus dan tempelkan pada bagian luka.

2. Menurunkan Demam

Untuk menurunkan demam tak selalu harus menggunakan paracetamol. Karena obat obatan tersebut memiliki efek samping berupa kecanduan. Stigmasterol adalah senyawa alami pada daun sembukan. Ketika anda demam, gunakan saja daun ini untuk mengompres kening kepala.

3. Menghilangkan Jerawat

Jerawat membandel tak kunjung hilang juga dapat diatasi dengan daun sembukan berkat bantuan senyawa apederoside dan asam ursolat. Tak hanya itu, kedua senyawa ini biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kosmetika alami seperti bedak, cream pelembab dan sebagainya.

Cara mengolahnya:
  1. Sediakan secukupnya daun kentut segar
  2. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga terbentuk pasta
  3. Bersihkan wajah anda dan gunakan daun tersebut untuk membuat masker di wajah
  4. Diamkan selama 25 menit
  5. Basuh wajah dengan air dingin steril
  6. Gunakan secara rutin dalam 1 minggu 3 kali pemakaian cukup 1 kali pengguaan setiap harinya

4. Menghambat Perkembangan Sel Tumor

Selain dapat digunakan untuk bahan kosmetika, senyawa asam ursolat juga memilki sifat anti tumor berguna untuk menghambat perkembangan sel tumor.

5. Membasmi Cacingan

Senyawa fitokimia bernama embelin memiliki khasiat untuk membasmi cacing parasit di dalam usus. Efeknya tidak mengeluarkan cacing secara utuh, akan tetapi cara kinerjanya mematikan cacing beserta telurnya kemudian diproses oleh cairan asam dan dikeluarkan dalam bentuk fases.

Petunjuk pengobatan:
  1. Sediakan 6 lembar daun kentut fresh
  2. Rebus dengan 2 air bersih hingga mendidih
  3. Minum air rebusan tersebut di waktu pagi dan malam hari
  4. Gunakan selama 4 hari berturut turut dan hentikan pemakaian
  5. Untuk mencegah cukup diminum 1 kali dalam seminggu 

6. Mencegah Infeksi Luar

Jika kulit anda terluka akibat koreng, goresan benda tajam, memar, akibat gigitan serangga dan binatang berbisa, maka tindakan pertolongan pertama anda dapat menggunakan daun kentut sebagai obat. Cara penggunaanya cukup ditumbuk hingga halus dan balurkan pada bagian luka. Namun, bersihkan terlebih dahulu bagian luka tersebut.
Ternyata daun kentut tak seburuk namanya. Dibalik itu terdapat khasiat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Selain itu, dalam dunia kedokteran tanaman ini sudah diekstrak menjadi kapsul dan lainnya digunakan memberikan efek farmakologis seperti untuk analgetik dan pemberian infus serta dibuat bahan baku injeksi obat suntik.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Manfaat Daun Kentut Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar: