Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Manfaat Rumput Mutiara Mampu Atasi 9 Penyakit Kronis

Rumput mutiara bukanlah rumput yang memiliki cahaya berkilauan seperti mutiara. Hal tersebut hanya sebatas julukan karena bunga dari tanaman ini berwarna putih kristal.

Tumbuhan liar ini memiliki nama latin Hedyostis Corymvosa famili Rubiaceae. Ciri cirinya yaitu memiliki banyak percabangan, hidup di tanah lembab dan dapat tumbuh di perkarangan, saluran air (selokan), pinggir jalan, perkarangan rumah dan sebagainya.

Melalui sebuah kajian penelitian ilmiah, kandungan kimia rumput mutiara terdiri dari senyawa:
  • Asam ulenolat
  • Asam ursolat
  • Asam apha–linolenat 
  • Iridoid
  • Ursolic acid
  • Stigmasterol
  • Hentriacontane
  • Beta-sitosferol dan 
  • Flavonoid glycosides
Beberapa senyawa tersebut memiliki khasiat untuk mengobati beragam penyakit. Bahkan, dalam dunia kedokteran rumput mutiara seringkali dijadikan bahan baku pembuatan obat suntik dan tablet granule.

Ketahui manfaatnya untuk atasi penyakit kronis.

Kita juga dapat memanfaatkannya secara langsung. Beberapa khasiat dari tanaman ini antara lain.

Inilah 9 manfaat rumput mutiara untuk kesehatan:

1. Mengobati Penyakit Radang Usus Buntu

Berdasarkan penelitian oleh Harvard School of Public Health, kandungan senyawa kimia berupa asam uleanolat pada tumbuhan ini memberikan kontribusi untuk mengatasi penyakit radang usus buntu. Selain itu, senyawa ini juga berguna untuk mengencerkan darah, meningkatkan fungsi kinerja otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Membasmi Sel Kanker

Senyawa asam ursolat, flavonoid dan lainnya memberikan peran aktif untuk menghambat petumbuhan sel kanker dan mematikannya. Dengan begitu, sel kanker tidak akan membelah diri dan menginfeksi jaringan di organ tubuh kita. Beberapa jenis kanker yang dapat diobati antara lain, kanker lambung, kanker serviks, kanker payudara dan sebagainya.

3. Sembuhkan Hepatitis Kronis

Mengkonsumsi obat obatan kimia memang dapat mematikan virus hepatitis. Dibalik itu tak dipungkiri efek sampingnya cenderung menurunkan kinerja organ hati itu sendiri karena obat tersebut dapat merusak sel hati sehat.

Air rebusan rumput mutiara dapat menjadi solusi bagi penderita hepatitis kronis sekalipun. Karena, tumbuhan ini memiliki senyawa iridoid dengan sifat sebagai anti kanker dan hepatoprotektor yaitu membasmi virus hepatitis dan meregenerasi sel hati yang telah terinfeksi tanpa merusak sel sehat.

4. Turunkan Kadar Kolesterol

Sebuah studi kultur jaringan diterbitkan pada bulan November 2012 lalu “Cytotechnology", membuktikan bahwa kandungan senyawa asam apha linolenat dan beta sitosferol  memiliki khasiat untuk menurunkan kadar lemak darah dan triliserida. Selain itu, senyawa ini dapat menurunkan resiko serangan jantung koroner dengan cara meluruhkan plak kolesterol di dinding nadi koroner.

5. Obati Radang Amandel

Tingginya senyawa fitokimia berupa flavonoid glycosides dan stigmasterol dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan di saluran tenggorokan. Cukup mengkonsumsi air rebusan daun rumput mutiara, amandel akan kempes dalam waktu 2 hingga 3 hari penggunaan.

6. Sembuhkan Diabetes

Luka diabetes dapat disembuhkan dengan cara melunakkan daun rumput mutiara, kemudian baluri pada daerah luka. Selain itu, air rebusan dari tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dengan cepat. Khasiatnya ini tak lepas berkat adanya kandungan senyawa kimia berupa stigmasterol.

7. Meluruhkan Batu Empedu

Kadar kolesterol tinggi dalam waktu lama di dalam tubuh dapat memicu endapan kristal pada organ empedu. Untuk mengatasinya, senyawa ursolic acid pada tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk meluruhkan batu empedu dengan cara melarutkannya.

8. Meningkatkan Kesuburan Sperrma

Kualitas sperrma terlalu encer dan tidak tahan terhadap kondisi asam, akibatnya tidak mampu menembus lapisan dinding sel telur. Sehingga, proses pembuahan dan kehamilan tidak akan terjadi. Mengkonsumsi air rebusan rumput mutiara kering dapat meningkatkan kesuburan speerma pria. Dosis minum dikonsumsi 2 kali dalam seminggu 1 kali minum.

9. Obati Penyakit Kulit Kronis

Tumbuhan ini juga mampu mengobati infeksi kulit kronis seperti panu, bisul, luka jerawat, borok, luka diabetes dan sebagainya. Penggunaanya dapat dikonsumsi atau menumbuk halus bagian daunnya kemudian bubuhi pada daerah luka. Selain itu, bagian daun dan batangnya juga dapat anda manfaatkan untuk meredakan nyeri pada luka memar.

Tata cara pengolahan:
  1. Sediakan 50 gram daun dan batang rumput mutiara kering atau basah
  2. Gunakan 3 gelas air untuk merebusnya dan diamkan hingga menyusut
  3. Minum air rebusan ini dengan dosis penggunaan 3 kali dalam seminggu di waktu pagi dan malam hari
  4. Gunakan secara rutin hingga penyakit sembuh
Walaupun memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, tetap saja penggunaannya harus sesuai aturan dan dosis minum. Efek samping rumput mutiara jika diminum tanpa memperhatikan dosis dapat mengakibatkan penurunan sel darah putih dan menimbulkan sensasi kering di bibir dan mulut.

Jika anda tak mau repot mengolahnya, kini telah tersedia ekstrak rumput mutiara dalam bentuk kapsul dan serbuk. Pastikan produk yang anda beli telah mendapatkan surat izin edar dan dikemas secara hieginis.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Manfaat Rumput Mutiara Mampu Atasi 9 Penyakit Kronis

0 komentar: