Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


3 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Secara Manual di Rumah

Kanker payudara hingga saat ini masuk dalam daftar jenis kanker berbahaya nomor dua menyerang wanita terutama di Indonesia. Kanker ini menyerang bagian kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang pada payudara wanita.

Walaupun sebagian besar dialami oleh wanita, tak menutup kemungkinan pria juga dapat terkena kanker payudara. Akan tetapi sangat jarang ditemui dengan perbandingan 1 : 1000 orang saja.

Stadium awal penyakit terkadang tidak memberikan gejala apapun dan tanpa disadari hingga disekitaran payudara terdapat benjolan kecil dan sesekali merasakan nyeri ketika disentuh.

Hingga pada stadium menengah barulah gejala lanjutan seperti puting mengeluarkan cairan, kulit payudara tampak mengerut, perubahan warna putih, merasakan sensasi panas disekitar payudara dan tanda - tanda lainnya.

Akibat bagi kesehatan, sel kanker akan menginfeksi jaringan kelenjar susu, kelenjar getah bening ketiak dan sekitarnya serta sangat berisiko menimbulkan ragam komplikasi.

Mengingat akan dampak buruk dari penyakit ini bagi kesehatan, maka sangat penting sekali bagi seorang wanita untuk mengenali tanda - tanda kanker payudara sedini mungkin.


Bahkan secara berkala walaupun tidak ada gejalanya sama sekali, wanita wajib melalukannya paling tidak 2 hingga 3 bulan sekali.

Kapan Dilakukan SADARI

Ketika seorang wanita telah memasuki usia 20 tahun, maka ia wajib melakukan SADARI.

SADARI adalah memeriksa payudara sendiri.

Sadari dilakukan sejak dini walaupun tanpa gejala kanker sekalipun untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit semakin parah dan dapat segera mungkin dilakukan upaya tindakan pengobatan.

Dengan sadari sejak dini, ketika sel kanker ditemukan maka kemungkinan untuk sembuh secara total masih sangat memungkinkan.

Pemeriksaan payudara ini perlu dilakukan secara teratur dengan rentang waktu beberapa bulan dari sekarang, misalnya 1x (satu kali dalam sebulan).

Untuk melakukan SADARI karena ini merupakan bagian tertutup pada wanita, tempat yang tepat adalah ruangan tertutup. Pastikan hanya anda sendiri yang melakukannya.

Bagaimana caranya? Lakukan beberapa hal berikut ini.

3 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sendiri:

1. Hadapkan Tubuh Anda ke Depan Cermin

  • Lepaskan pakaian yang menempel pada bagian dada hingga ke pinggang
  • Kemudian tataplah cermin dengan posisi duduk atau berdiri
  • Kedua lengan lurus ke bawah, dan perhatikan bentuk payudara dengan melihat secara detail mulai dari permukaan warna kulit, tanda kerutan, apakah ada benjolan, apakah ada benjolan kecil seperti jerawat, apakah ukuran payudara kiri dan kanan sama, atau adakah perubahan bentuk lainnya.

2. Rasakan dan Perhatikan Daerah Sekitar

  • Angkatlah lengan ke atas, perhatikan lagi disekitar payudara bagian atas dan bawah
  • Rabalah untuk memastikan tidak ada benjolan atau kulit yang mengeriput
  • Kemudian pijat secara perlahan-lahan kedua payudara, apakah mengeluarkan cairan atau tidak. Jika wanita sedang menyusui hal wajar jika keluarnya cairan karena masa menyusui. 
  • Jika cairan yang keluar berbau perlu diwaspadai.

3. Baringkan Tubuh Anda

  • Dengan posisi berbaring pada tempat tidur dan kepala terganjal bantal. 
  • Telapak tangan kanan dibelakang kepala dan tangan kiri meraba payudara sebelah kanan. 
  • Dengan tangan kiri rabalah payudara kanan dengan perlahan-lahan searah jarum jam dengan gerakan memutar hingga kebagian pinggir, rasakan apakah ada benjolan atau cekungan atau ada kerutan yang dirasakan
  • Lakukan hal serupa pada payudara sebelah kiri
Lakukan cara tersebut secara rutin paling tidak dalam waktu 2 bulan sekali.

Jika, tanda-tanda kanker payudara berupa benjolan ditemui, tak perlu kuatir terlebih dahulu.

Segeralah mengunjungi dokter penyakit dalam khusus wanita agar dilakukan pemeriksaan USG. Dengan USG akan diketahui secara pasti apakah anda menderita kanker atau tidaknya.

Perhatikan video ini untuk memudahkan anda melakukan sadari.



Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 3 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Secara Manual di Rumah

0 komentar: