Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


11 Khasiat Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kebanyakan dari kita, jika mengenal buah pare pastilah memikirkan akan rasanya begitu pahit. Pare atau paria memiliki nama latin Momordica charantia  merupakan tanaman yang merambat dengan ciri buahnya seperti terlihat pada gambar.

Tanaman ini memiliki buah yang terkenal dengan rasa pahitnya, sehingga tak banyak orang menyukai olahan dari buah pare yang biasa dijadikan menu masakan tumis dicampur dengan berbagai sayuran atau daging.

Pare juga seringkali dipadukan sebagai pelengkap siomay dan olahan masakan lainnya.

Dibalik rasa pahitnya, manfaat buah pare ternyata sangat baik untuk kesehatan dan dapat pula digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan mengingat sumber kandungan gizi yang dimiliki buah pare ini.

Khasiat manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan mengatasi berbagai keluhan penyakit diabetes, wasir, batuk, cacingan, demam, flu, mandul, impotensi dll.

Beberapa kandungan gizi buah pare dalam setiap 100 gram antara lain :
  • 17 kal Energi
  • 3.70 gram Karbohidrat
  • 1 gram Protein 
  • 0.40 mgram Niacin
  • 17 mgram Magnesium
  • 471 IU Vitamin A
  • 84 mgram Vitamin C
  • 0.04 mgram Tiamin 
  • 0.04 mgram Riboflavin
  • Kalsium
  • Beta karoten
  • Zat besi
  • Serat
  • Dan lainnya
Diantara manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan sebagai berikut:

1. Obat Alami Wasir atau Ambein

Kandungan serat pada buah pare dapat mengatasi beragam masalah gangguan sistem pencernaan seperti sembelit dan wasir. Penggunaannya, sediakan adalah 100 gram buah pare dan 2 buah pisang kepok atau ambon yang sudah matang bersama dengan kulitnya dan madu 2 sendok makan. Cara membuat ramuannya dengan memblender hingga halus buah pare dan pisang ditambah air secukupnya. Minum dua kali sehari 1 gelas pagi dan sore.

2. Mengobati Batuk

Ambil daun pare sebanyak 1/3 genggam. Daun tersebut dapat digiling atau diblender. Tambahkan air secukupnya, aduk dan saring untuk mengambil sarinya. Rasanya yang pahit dapat ditambahkan 2 SDM madu murni. Minum 2 kali sehari pagi dan sore dengan dosis 1/2 gelas ukuran sedang.

3. Mengobati Bisul 

Menggunakannya cukup mudah. Ambil buah pare secukupnya, giling halus atau lumatkan halus hingga menjadi pasta. Oleskan pada daerah bisul.

4. Mengobati Cacingan Pada Anak

Dengan takaran mengambil 7 gram daun pare segar yang masih hijau dan madu murni secukupnya. Cara membuat ramuannya dengan menyeduh daun pare tersebut dengan air panas. Diamkan hingga hangat dan tambahkan madu secukupnya. Selagi hangat, minum hanya diwaktu pagi saja. 1 jam sebelum makan. Ulangi hingga sembuh.

5. Obat Diabetes Militus

Sediakan 1 buah pare segar, 10 gram bubuk kacang kedelai dan gula diet secukupnya. Cara membuatnya dengan mengukus buah pare kemudian diblender bersama dengan bubuk kacang kedelai dan gula diet secukupnya. Minum 1 kali sehari diwaktu pagi.

6.  Obat Lemah Syahwat

Sediakan saja 200 gram biji pare yang terlebih dahulu disangrai hingga kering. Tumbuk halus selanjutnya diseduh dengan air panas dengan takaran 10 gram bubuk biji pare. Tambahkan sedikit gula, jangan terlalu manis. Minum dengan pemakaian 1 kali 2 hari hingga kembali normal. Imbangi dengan makanan yang bergizi. 

7. Obat Disentri

Ambil 50 gram buah pare segar yang masih hijau kemudian potong kecil-kecil untuk di blender dengan sedikit air. Untuk meminumnya tanmbahkan air hangat secukupnya, aduk rata. Minum jus pare tersebut hingga sembuh 1 kali 1 hari. Tambahkan gula secukupnya jika perlu, tapi jangan terlalu manis.

8. Menurunkan Gula Darah

Polipeptida-P merupakan insulin pada tanaman dikenal untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, protein nabati ini dapat membantu proses penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel hati menjadi lebih cepat. Anda dapat mengkonsum buah pare dengan cara direbus, disayur atau dibuatkan minuman.

9. Mengatasi Rambut Berminyak

Manfaat buah pare untuk kecantikan dapat kita gunakan untuk menghilangkan rambut berminyak. Jika anda memiliki masalah ini, konsumsi buah pare dengan cara di sayur atau diminum sarinya dapat mengatasi masalah tersebut.

10  Anti Penuaan

Kandungan vitamin C pada buah pare dapat dijadikan sebagai zat antioksidan alami untuk memerangi radikal bebar di dalam aliran darah pada tubuh kita. Antioksidan pada buah pare juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini seperti untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan memperbaiki sel - sel rusak.

11. Anti Kanker

Mengkonsumsi buah pare juga berkhasiat untuk mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker semakin meluas. Penelitian membuktikan, senyawa lektin dapat menghambat sintesis protein dan DNA pada jenis kanker limfosit leukimia.

Disamping memberikan manfaat luar biasanya bagi kesehatan, ternyata buah pare memiliki efek samping. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan pada tikus hami dapat menimbulkan keguguran dan menghambat implantasi embrio. Sehingga, tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi wanita hamil.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 11 Khasiat Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar: