Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


9+ Jenis Tanaman Obat Diabetes Paling Ampuh Terbukti Klinis

Penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama pada rentang usia 40 hingga 60 tahun. Selain itu, ketika seseorang terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dalam jumlah banyak dan tak terkontrol, maka ia memiliki peluang besar terserang penyakit gula darah.

Apa alasannya ? Hal itu dikarenakan gula tak mudah larut di dalam tubuh. Diperlukan waktu selama 140 menit untuk mengubah gula sebanyak 1/2 sendok makan atau setara dengan 5 gram menjadi energi. Sedangkan bagi seorang penderita diabetes, dibutuhkan lebih dari 140 menit.

Terganggunya sistem metabolisme tubuh akibat organ pankreas tidak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang diperlukan tubuh, menjadi salah satu penyebab utama keterlambatan pemrosesan gula menjadi energi.

Jika kondisi semacam ini terus terjadi selama bertahun - tahun tanpa pengobatan, maka gula darah di dalam tubuh akan menumpuk dan memiliki kecenderungan merusak jaringan saraf, otot dan organ tubuh. Sehingga, mereka ynag mengindap penyakit gula darah memiliki resiko tinggi untuk terserang penyakit stroke, kanker hingga kehilangan organ tubuh seperti kaki dan lainnya akibat kerusakan jaringan saraf dan pembuluh darah.

Tanaman Obat Diabetes

Ketika seseorang telah divonis terserang diabetes, selain menjalani program diet pantangan diabetes dengan tujuan untuk mengontrol kadar gula darah, hal yang tak kalah penting lainnya untuk dilakukan adalah menjalani pengobatan secara intensif untuk menyembuhkan diabetes dan menghindari penyakit diabetes tidak berkembang semakin parah.

Cara mengobati diabetes dapat anda lakukan melalui dua macam pengobatan yaitu menggunakan obat - obat dari dokter ahli dan berasal dari tanaman obat diabetes. Pengobatan herbal seringkali menjadi pilihan utama bagi kebanyakan penderita, karena tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaannya pada rentang waktu jangka pendek maupun jangka panjang bagi kesehatan.

Namun, tetap saja obat diabetes alami yang anda konsumsi harus memperhatikan dosis penggunaan, agar khasiat dari tumbuhan obat diabetes tersebut ampuh dan manjur untuk mengobati penyakit. Diantara tanaman yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Sambiloto, Pegagan dan Kumis Kucing

Bahan :
  • 10 Gram daun sambiloto
  • 10 Gram daun pegagan
  • 10 Gram daun kumis kucing
  • 5 Gelas air
Cara membuat ramuan obat diabetes  Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga mendidih dan kira-kira menyisakan 3 gelas air saja. Minum ramuan ini diwaktu pagi, siang dan sore masing-masing 1 gelas satu jam sebelum makan hingga kadar gula menjadi normal. Jika sudah terdapat luka atau koreng, daun rebusan dapat digunakan, dengan cara digerus hingga halus kemudian tempelkan pada daerah luka.

2. Buah Mahkota Dewa

Ambil buah mahkota dewa warna merah. Kupas kulit luarnya dan ambil bagian dagingnya dengan cara mengiris tipis tanpa mengenai bijinya, karena bijinya beracun. Jemur irisan daging buah mahkota dewa tersebut hingga kering. Untuk mengobati diabtes menggunakan buah mahkota dewa, dosis penggunaannya sebanyak 10 gram buah mahkota dewa kering. Rebuslah dengan 4 gelas air hingga menyisakan sekitar 2 gelas air saja. Minum diwaktu pagi saja 1 jam sebelum makan hingga kadar gula darah menurun hentikan penggunaan.

3. Brotowali, Sambiloto dan Kumis Kucing

Brotowali, sambiloto dan kumis kucing merupakan tanaman paling ampuh untuk diabetes. Namun rasanya sangat pahit. Siapkan kompisisi bahan - bahan berikut ini. Sediakan 2 jari brotowali, 10 lembar sambiloto, 10 lembar daun kumis kucing. Semua bahan dipotong atau diiris tipis. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Minum diwaktu pagi dan sore 1 jam sebelum makan.

4. Daun Sirsak

Sebuah studi dilakukan di University of Yaounde di Camaroon, peran senyawa flavooid  melaporkan, aktivitas antidiabetes dari ekstrak sirsak ditemukan efek hipolipidemik ( pengurangan lemak dalam darah), antioksidan, dan berperan bisa melindungi ß-sel pankreas.

5. Buah Mengkudu

Buah mengkudu sangat familiar untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagi masyarakat Jawa umumnya, mengkudu seringkali dijadikan jamu untuk menyembuhkan ragam penyakit seperti mengobati ambein, mengatasi masalah gangguan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lainnya termasuk sebagai obat penyakit gula darah secara alami.

Untuk membuat ramuannya sangat mudah sekali. sediakan saja 2 buah mengkudu atau pace warna kucing. Kemudian diiris tipis - tipis dan selanjutnya diblender dengan air secukupnya. Saring untuk mendapatkan sarinya, minum 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) 1 jam sebelum makan.

6. Buah Pare

Pare termasuk dalam katagori buah - buahan dan sayuran. Walaupun rasanya terbilang pahit, tetap saja masih banyak yang menyukai buah pare sebagai menu lauk pauk bersamaan dengan nasi. Anda dapat memanfaatkan buah pare untuk menurunkan kadar gula darah yaitu dengan cara diolah menjadi juice atau diolah menjadi masakan.

Berdasarkan penelitian ilmiah oleh sejumlah ahli kesehatan, ada tiga senyawa aktif yang dapat memicu produksi hormon insulin semakin meningkat diantaranya Charantin, Polipeptida dan Asam Oleanilic Glikosida. Ketiga senyawa alami ini akan merangsang pertumbuhan sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Sehingga, buah pare sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes type 1 maupun type 2.

7. Daun Salam

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal daun salam hanya dijadikan sebagai tambahan untuk menambah aroma wangi pada suatu masakan. Tak banyak yang menyadari bahwa daun salam dapat difungsikan untuk mengobati beberapa penyakit serius seperti menurunkan kadar kolesterol darah, menetralkan gula darah dan sebagainya.

Sebuah penelitian di Peshawar Pakistan, membuktikan daun salam cukup efektif untuk menurunkan kadar gula darah sebesar 26% selama 21 hari penggunaan. Sehingga tak perlu diragukan lagi. Untuk mengolahnya, anda dapat menyediakan 3 hingga 4 lembar daun salam, kemudian rebus sampai mendidih. Minum ramuan tersebut diwaktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

8. Daun Kemangi

Dalam sebuah buku berjudul "Guide to Herbs anda Nutritional Supplements" oleh Laura Mcwhorter  membuktikan tentang khasiat daun kemangi untuk diabetes dapat membantu produksi hormon insulin dan memperbaiki kinerja pankreas. Tak perlu diolah secara khusus, anda dapat memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan bersamaan dengan menu makanan anda sehari - hari.
9.


Note : dalam merebus ramuan, tidak dianjurkan menggunakan bahan yang terbuat dari logam untuk merebus, baiknya gunakan tempat rebusan yang terbuat dari tanah liat.

Semoga ramuan di atas dapat bermanfaat. Dalam penggunaannya, jika kadar gula dalam darah sudah normal, dosis penggunaan dapat dikurangi. Namun, sebagai tindakan pencegahan dari penyakit gula ini, ramuan dapat diminum 1 kali sehari atau 3 hari 1 kali. Lakukan pengecekan rutin untuk mengontrol gula darah. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9+ Jenis Tanaman Obat Diabetes Paling Ampuh Terbukti Klinis

0 komentar: