Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Beberapa faktor gangguan kesehatan seperti bau mulut, sariawan, gigi berlubang pembengkakan gusi, dan lainnya berawal dari kesehatan gigi dan mulut karena kurang terjaga dengan baik.

Untuk menghindari hal tersebut, maka penting sekali untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dikarenakan berbagai macam bakteri dan kuman terdapat pada mulut dengan cepatnya berkembang biak jika diabaikan begitu saja,

Gigi dan mulut dapat diibaratkan sebagai pintu masuk dari segala makanan dan minuman apa saja yang kita konsumsi. Bukan hanya itu saja, akibat gigi berlubang dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan hingga infeksi bakteri ke jantung melalui aliran darah.

Ingin gigi tampak sehat dan kuat. Ikuti beberapa tips berikut ini.

Untuk menghindari resiko kesehatan lebih serius, inilah tips menjaga kesehatan gigi dan mulut agar selalu fresh :

1. Cek-up ke Dokter Gigi

Plak gigi dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti menjadi penyebab bau mulut, gigi berlubang dan bau nafas tak sedap. Beberapa faktor penyebab munculnya plak gigi ditenggarasi kebiasaan buruk tidak menggosok gigi secara teratur dan benar serta takut mengunjungi dokter gigi.

Berkunjung ke dokter gigi tak mesti ketika gigi telah berlubang atau mengalami sakit gigi saja. Paling tidak, minimal 6 bulan sekali kita harus melakukan pengecekan ke dokter gigi.

2. Membersihkan Mulut dan Gigi Secara Rutin

Aktivitas menggosok gigi perlu dilakukan secara rutin minimal 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga nafas agar tetap fresh dan menghilangkan bakteri dan kuman dalam mulut. Dalam menyikat gigi, sikatlah dengan benar, misalnya pada sela-sela, bila perlu gunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan.

Hal ini juga perlu dilakukan pada bayi, membersihkan dengan lembut gigi bayi ketika baru tumbuh, gusi dan lidahnya dengan kain hieginis dan lembut.

Begitu juga pada anak-anak, perkenalkan sejak dini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Menjaga asupan makanan dan minuman adalah hal tepat. Seperti tidak merok*k ataupun meminum-minuman beralkoohol. Mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gula berlebih. Atay anda dapat membaca tips minuman dan makanan pencegah bau mulut.

4. Kumur-Kumur Sebelum dan Sesudah Makan

Sebelum makan sebaiknya kumur-kumur terlebih dahulu agar kuman dan bakteri tidak ikut terkunyah atau masuk ke dalam sistem pencernaan secara berlebih. Begitu juga sebalinya, sesudah makan sangat dianjurkan untuk berkumur, hal ini dilakukan untuk menghindari sisa-sisa makanan yang masih menempel disela-sela gigi.

5. Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

Tak banyak orang menyadari, sikat gigi begitu banyak mengandung kuman dan bakteri. Sebaiknya sebelum bersikat, sikat gigi dicuci terlebih dahulu. Ini untuk mengurangi penyebaran kuman dan bakteri masuk ke mulut saat menyikat gigi.

6. Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin

Penggunaan sikat gigi terlalu lama dapat merusak bulu sikat akibat gesekan pada permukaan gigi. Jika bulu sikat telah rusak, maka anda akan kesulitan untuk menjangkau sela - sela gigi paling belakang. Akibatnya, plak gigi dapat muncul.

7. Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Sikat gigi yang benar yaitu dengan gerakan memutar dan naik turun dengan durasi sekitar 2 menit. Menyikat gigi terlalu keras dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi anda menjadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman. Selain itu, biasanya juga akan menimbulkan iritasi gusi.

8. Berhenti Merokook dan Mengkonsumsi Alkoohol

Kebiasaan buruk ini dapat menimbulkan beberapa masalah gigi dan mulut. Diantaranya menimbulkan noda di gigi, bau mulut, iritasi gusi, meningkatkan resiko terserang kanker mulut dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

0 komentar: