Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Gejala Kanker Mulut No. 7 Seringkali Diabaikan

Kanker mulut adalah suatu jenis penyakit disebabkan oleh mutasi sel yang tumbuh dan mengalami regenerasi secara abnormal di lapisan bagian dalam mulut. Biasanya daerah terkena kanker mulut berada di dasar mulut (bawah lidah), langit langit rongga mulut, bibir bagian dalam dan gusi.

Pertumbuhan sel kanker di mulut patut di waspadai mengingat mulut adalah jalan masuk makanan dan minuman sebelum di proses ke lambung. Bayangkan saja jika daerah sekitar mulut tidak dapat menjalankan fungsinya, tentu saja masalah kesehatan lainnya akan terganggu secara keseluruhan.

Kebanyakan penderitanya didominasi oleh lansia pada rentang usia antara 50 hingga 75 tahun. Namun, sebagian besar darinya dialami oleh pria karena memiliki faktor resiko lebih tinggi.


Walaupun kanker mulut jarang terjadi hanya 2 persen dari jumlah seluruh kasus yang ada, kita tak boleh mengabaikannya begitu saja karena jenis kanker ini termasuk dalam katagori sangat berbahaya dan gejalanya cenderung menyerupai penyakit pada umumnya seperti sering mengalami sariawan.


Untuk menghindari penyebaran sel kanker semakin meluas, deteksi dini dengan mengetahui ciri cirinya sangat perlu dilakukan agar tindakan pengobatan dapat secara cepat.

8 Gejala Kanker Mulut:

1. Lapisan Dalam Mulut Akan Menebal

Jika anda menyentuh lapisan dalam bibir maka akan terasa lembut dan licin. Ketika sel kanker menyerang, maka lapisan dalam mulut akan menebal dan terasa lebih kasar jika disentuh. Selain itu, terdapat perubahan warna kulit dari merah muda menjadi agak pucat.

2. Lidah Mati Rasa

Tahap awal perkembangan kanker mulut penderitanya akan merasakan gejala mati rasa di lidah. Kondisi ini terkadang membaik dan berangsur pulih akan terapi sering dirasakan. Rasa kebas dan lidah menebal juga akan dirasakan. Selain itu, fungsi lidah sebagai alat perasa juga kaan terganggu.

3. Kesulitan Mengunyah Makanan

Sensasi terbakar dan nyeri sepanjang waktu membuat si penderita akan sulit untuk mengunyah makanan. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami kesulitan menelan makanan karena nyeri dan semacam ada yang mengganjal di tenggorokan.

4. Munculnya Bercak Putih

Bercak putih menandakan adanya infeksi bakteri dan virus di dalam rongga mulut. Biasanya terjadi dan muncul pada lidah dan sepanjang pintu masuk tenggorokan hingga ke kerongkongan. Jika ini terjadi, biasanya penderita akan mengalami gejala pusing, demam, sakit kepala dan nafsu makan menurun.

5. Gigi Goyah

Sel kanker dapat tumbuh pada gusi dan sekitaran akar gigi. Sebagian besar orang mengira bahwa gejala ini disebabkan oleh gusi bengkak. Akan tetapi, tahap ini adalah tingkat awal perkembangan sel kanker menjadi ganas.

6. Bau Mulut

Adanya bau mulut biasanya dipicu oleh masalah gigi berlubang dan karang gigi. Karena sel kanker terus tumbuh, maka perkembangan bakteri dan kuman di dalam mulut akan berkembang biak semakin cepat pula. Kondisi inilah yang menimbulkan bau mulut.

7. Sering Mengalami Sariawan

Ciri ciri kanker mulut yang sering tidak diketahui dan diabaikan adalah sariawan terjadi secara berulang dan tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa minggu. Sariawan bukan hanya terjadi di lapisan dalam bibir, namun dapat terjadi di lidah.

Selain itu, penderitanya akan mengalami pendarahan pada luka sariawan. Tak jarang ditemui, jumlah sariawan dimulut bahkan lebih dari satu di beberapa bagian lapisan dalam rongga mulut.

7. Perubahan Suara

Perkembangan sel kanker di dalam mulut juga dapat menginfeksi jaringan sekitarnya seperti jaringan kelenjar getah bening, amandel dan tak terkecuali pita suara. Akibatnya suara akan mengalami serak dan parau.

Walaupun hampir sebagian besar kanker mulut diderita oleh lanjut usia, orang dewasa pun memiliki peluang yang sama jika memiliki faktor resiko dan penyebabnya.

Penyebab kanker mulut:
  1. Membiarkan gigi berlubang hingga terjadinya infeksi terus menerus
  2. Pola makan buruk dan tidak teratur
  3. Mengkonsumsi minuman keras
  4. Seorang perookok dan pengguna tembakaau
Jika anda mendapati salah satu dari gejala kanker mulut di atas pada diri anda, segerala periksakan diri ke dokter penyakit dalam. Pada tahap diagnosa dokter akan melihat gejala fisik. Jika beberapa bukti ditemukan dan diduga kuat adanya kanker, maka pemeriksaan lanjutan seperti tes sampel darah dan biopsi pun akan dilakukan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Gejala Kanker Mulut No. 7 Seringkali Diabaikan

0 komentar: