Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi, No.4 Sangat Manjur dan Aman

Gangguan kesehatan berupa sariawan pada orang dewasa mungkin hal yang biasa saja.

Namun, bagaimana jika sariawan dialami oleh bayi. Apalagi, penyakit mulut ini menimpa si buah hati kesayangan.

Bagaimana cara mengatasi nya ?

Penyakit sariawan atau stomatitis ini sebenarnya dapat menimpa siapa saja termasuk pada bayi sekalipun di usia 0 - 12 bulan. Sariawan yang terjadi pada usia balita tentu saja membuat kebanyakan orang tua kualir atau cemas. Bagaimana tidak, munculnya sariawan yang dialami bayi akan membuat buah hati kesayangan menjadi rewel berkepanjangan, enggan makan maupun menyusu.

Sariawan pada bayi sering membuat rasa kuatir pada orang tua dikarenakan anak rewel dan sulit makan. Inilah cara mengobati sariawan pada bayi secara alami dan tradisional.

Nah, bila itu dibiarkan akan membuat kondisi kesehatan bayi menurun dikarenakan asupan makanan ke dalam tubuh bayi tidak tercukupi sehingga membuat si anak mudah sakit.

Tak perlu kuatir bagi orang tua ketika bayi mengalami hal tersebut, akan tetapi perlu penanganan sesegera mungkin.

Penyebab Sariawan Pada Bayi

Sebelum kita memberikan obat tradisional yang alami untuk mengatasi sariawan pada bayi, terlebih dahulu mari kita mengenal apa saja yang menjadi penyebab sariawan pada bayi yang dialami oleh buah hati kesayangan anda untuk menghindari atau mencegah jangan sampai penyakit sariawan ini muncul kembali.

1. Berasal Dari Makanan dan Minuman

Mulut bagi masih sensitif terhadap makanan dan minuman jenis tertentu dikarenakan daerah sekitar mulut masih lunak tidak sama kondisinya dengan mulut orang dewasa. Memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke mulut bayi tentu harus diutamakan. Jika tidak bisa jadi ini menjadi penyebabnya.

Makanan dan minuman sifatnya masih dalam kondisi panas sangat mempengaruhi kesehatan mulut bayi, sebaiknya perhatikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke mulut bayi.

2. Kebersihan Mulut Yang Tidak Terjaga

Banyak sekali bakteri dan kuman di dalam mulut yang dapat berkembang biak sehingga sariawan muncul. Agar sariawan tidak terjadi pada bayi, untuk mencegahnya cobalah para orang tua selalu membersihkan secara rutin bagian mulut bayi dengan kain lembut.

3. Daya Tahan Tubuh Bayi Menurun

Misalnya saja kekurangan vitamin C pada bayi juga dapat menjadi pemicu munculnya sariawan atau dikarenakan faktor cuaca karena dingin, mengkonsumsi makanan yang kurang bernutrisi bisa jadi munculnya penyakit ini pada bayi.

4. Traumatik

Anak akan menyesuaikan gigi yang baru tumbuh, hal ini akan membuat bayi kurang nyaman dengan adanya organ baru nya itu.

Untuk mengantisipasi bayi menggigit bagian disekitar mulut terutama pada gusi, cobalah memberikannya dot berbahan lunak yang sesuai dengan kondisi mulut si anak. Sehingga pertumbuhan giginya bagus.

5. Pengaruh Obat - Obatan

Saat kondisi bayi sedang sakit tentu kita kuatir dan bersegera pergi ke dokter dan dokter memberikannya obat. Sisa obat-obatan yang masih menempel pada mulut bayi sangat berkemungkinan munculnya masalah pada mulut bayi tertama penyakit sariawan.

Selain itu, sariawan seringkali terjadi pada bayi yang menginjak usia 6 bulan ke atas dikarenakan pada usia tersebut gigi bayi baru tumbuh dan belum terbiasa dengan organ barunya itu.

Obat Sariawan Untuk Bayi

Lantas bagaimana mengobati sariawan pada bayi dan anak di usianya masihnya masih tergolong balita berumur 1 tahun hingga 2 tahun. Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini :

1. Konsumsi Buah - Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin c, seperti jeruk, pisang, tomat, jambu biji, pepaya dan lainyya merupakan cara alami mengatasi sariawan pada bayi.

Orang tua dapat memberikannya dengan cara mengambil sarinya kemudian diberikan kepada si bayi menggunakan sendok atau sedotan kecil. Jika anda menggunakan buah, maka buah tersebut dapat di lumatkan hingga halus.

Kemudian, suapi anak dengan lumatan buah tersebut sedikit demi sedikit.

2. Air Kelapa Muda

Air kelapa juga dapat kita gunakan untuk mengobati sariawan. Karena adanya kandungan vitamin C dan zat antioksidan. Manfaat air kelapa dapat membantu untuk mengatasi panas dalam, termasuk sariawan.

Jika anda ingin menggunakannya pada bayi, pilihlah buah kelapa muda degan bewarna hijau atau kuning.

Kemudian berikan kepada si anak dengan cara disuapi sedikit demi sedikit. Namun, jika usia anak di bawah 6 bulan, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Karena sistem pencernaan si anak belum sempurna.

3. Berikan Madu Murni

Madu bersifat anti bakteri dan anti peradangan, sehingga sangat berguna untuk mengobati sariawan. Namun, sebaiknya anda menggunakan madu alami. Karena madu ini belum tercampur dengan bahan - bahan lainnya.

Anda dapat mengoleskan madu di bagian mulut si anak yang terkena sariawan.

Jika anak rewel, anda dapat mengoleskan madu tersebut pada bagian puting ibu.

4. Berikan ASI

Memberikan Air Susu Ibu atau ASI merupakan tindakan cara mengobati sariawan pada bayi paling ampuh yang dapat anda lakukan. Karena di dalam ASI terdapat begitu banyak nutrisi penting bagi kesehatan bayi dan anak anda.

Hanya saja si ibu harus menjaga kesehatan. Karena jika ibu kurang sehat atau sakit, maka kualitas air susu ibu kurang baik.

Jika si anak kesulitan untuk menyusui, anda dapat menyiapkan ASI pada wadah atau botol. Kemudian, suapi si anak sedikit demi sedikit.

5. Gunakan Ekstrak Biji Jeruk Bali Merah

Selanjutnya, cara ini juga menjadikan solusi terbaik untuk mengobati sariawan pada anak maupun orang dewasa. Anda dapat menyediakan larutan ekstrak biji jeruk bali merah, kemudian berikan 10 hingga 15 tetes kepada si anak.

Cukup di waktu pagi dan sore hari setelah makan.

6. Minyak Kelapa Murni

Ada baiknya anda membelinya dalam bentuk kemasan botol. Pastikan produk minyak kelapa murni telah memenuhi izin edar. Jika ingin membuatnya sendiri dari kelapa, pastikan tata cara pembuatannya dilakukan secara sterilisasi.

Minyak kelapa mengandung senyawa asam kaprilat yang baik untuk mengatasi perkembangan infeksi jamur penyebab sariawan.

Nah, itulah beberapa cara mengobati sariawan pada bayi yang dapat anda lakukan di rumah. Jika selama 3 - 4 hari tak ada tanda - tanda kesembuhan, maka kami sarankan untuk membawakan si anak ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan medis.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi, No.4 Sangat Manjur dan Aman

0 komentar: