Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


10+ Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Serta 6 Tips Alami

Acne Vulgaris atau seringkali kita menyebutnya dengan nama jerawat adalah salah satu penyakit kulit diakibatkan oleh tersumbatnya pori - pori sehingga menimbulkan peradangan pada lapisan kulit dermis atau epidermis berupa kantung nanah yang muncul ke permukaan kulit.

Tersumbatnya pori - pori tersebut dapat dipengaruhi oleh kelenjar minyak di foliker bulu halus/rambut pada kulit dan pengaruh kelenjar hormon (sebaceous gland) yang mulai tumbuh. Dapat juga dipengaruhi oleh debu, tumpukan sel kulit mati, munculnya jaringan lemak di bawah kulit dan lainnya.

Faktor lainnya juga turut mempengaruhi munculnya jerawat seperti kurang menjaga kebersihan kulit, keringat berlebihan, pengaruh stres, darah kotor, ketidakstabilan hormon, faktor genetik dan sebagainya, masalah jerawat dapat muncul di permukaan kulit lainnya seperti leher, dada dan punggung.

Ditemukan pada sebagian besar kasus, jerawat termasuk dalam katagori penyakit ringan. Walaupun demikian, mereka yang memiliki jerawat biasanya akan merasa kurang percaya diri untuk tampil di khalayak ramai. Apalagi jika munculnya dalam jumlah banyak hingga menimbulkan peradangan kulit parah.

Atasi masalah jerawat dengan beberapa langkah alami berikut ini

Sedangkan sedikit darinya, termasuk dalam katagori parah seperti type jerawat kistik, jerawat batu dan sebagainya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami  dan Bekasnya

Terkadang, bukan hanya tingkat kepercayaan diri seseorang yang dapat turun dibuatnya. Jerawat juga menimbulkan rasa kurang nyaman seperti kulit terasa gatal, rasa sakit ketika disentuh dan sebagainya.

Untuk menghilangkan jerawat memang dibutuhkan perlakukan khusus. Walaupun jerawat tersebut masih terlihat kecil atau hanya tumbuh beberapa saja dipermukaan kulit.

Kita tidak dapat menghilangkannya begitu saja seperti dengan cara dipencet. Justeru cara ini akan menimbulkan masalah lainnya seperti permukaan kulit akan semakin meradang, pori - pori semakin membesar, munculnya noda hitam dikemudian hari, infeksi kulit hingga munculnya nanah di permukaan kulit sebagai petanda jerawat parah.

Nah, untuk menghilangkan jerawat membandel kita dapat menggunakan produk - produk pembersih wajah berbahan herbal atau mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan perawatan intensif. Namun terkadang permasalahannya perawatan tersebut membutuhkan biaya tak sedikit.

Tak perlu kuatir, kita sendiripun dapat melakukannya di rumah dengan biaya terjangkau dan bahan - bahan yang digunakanpun mudah ditemukan yaitu menggunakan buah - buahan dan tanaman herbal. Jika anda ingin menggunakannya, anda dapat memilih diantara cara menghilangkan jerawat di bawah ini salah satunya saja.

1. Gunakan Mentimun

Buah ini bukan hanya dapat dijadikan sebagai bahan makanan saja, akan tetapi berguna juga dalam hal kecantikan. Salah satunya adalah mengatasi jerawat yang muncul pada wajah. Buah mentimun baik untuk kulit karena memiliki kandungan vitamin C, antioksidan dan asam amino.

Adapun petunjuk cara menghilangkan jerawat dengan mentimun sebagai berikut :
  1. Usapi wajah anda dengan handuk hangat secara perlahan lahan
  2. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk lembut
  3. Tempelkan irisan mentimun ke seluruh permukaan wajah
  4. Diamkan selama 20 hingga 30 menit
  5. Basuh wajah dengan air bersih
Gunakan cara ini di waktu pagi atau malam hari sebelum tidur secara rutin. Anda juga dapat mengkonsumsi jus mentimun untuk meningkatkan proses detoksifikasi di dalam tubuh.

2. Perasan Air Jeruk Nipis

Buah ini kaya sekali akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Biasanya jeruk nipis dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap citarasa masakan.

Berkat kandungan beberapa senyawa di dalamnya sepeti minyak atsiri, asam amino, vitamin C dan lainnya, kita juga dapat menggunakannya sebagai bahan alami mengobati jerawat membandel, membersihkan sel kulit mati, mengurangi kadar minyak pada wajah dan lainnya.

Untuk menggunakannya, ikuti langkah - langkah cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis berikut ini :
  1. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian keringkan dengan handuk lembut
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis tua dan wadah berukuran kecil
  3. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian dan peras
  4. Tuangkan 1 sendok makan air matang ke dalamnya
  5. Oleskan air perasan jeruk nipis tadi pada wajah secara menyeluruh
  6. Diamkan selama 20 menit
  7. Usapi wajah dengan handuk dingin
Hindari menggaruk atau memencet jerawat sebelum melakukannya. Karena, jika melakukannya maka anda akan merasakan perih. Lakukan panduan diatas secara teratur, paling tidak penggunaannya sehari 3 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan Tanaman Lidah Buaya

Banyak yang telah menggunakan lidah buaya dalam bidang kecantikan. Terutama untuk menyuburkan dan memperkuat akar rambut serta membuat rambut lebih hitam. Tanaman ini juga sangat baik untuk mengatasi noda (flek) hitam bekas jerawat, membuat pori-pori menjadi kecil, mengatasi jerawat.

Cara menggunakannya : ambilah secukupnya daging lidah buaya. Kemudian, oleskan langsung pada permukaan wajah berjerawat. Diamkan selama 25 menit, gunakan diwaktu malam hari. Ulangi hingga jerawat hilang.

4. Buah Tomat

Tomat kaya akan antioksidan yang salah satu manfaatnya membuang radikal bebas dari dalam tubuh kita dengan mengkonsumsinya membuat menjadi jus atau dimasak dengan sayuran. Dibidang kecantikan manfaatnya dapat digunakan untuk mengatasi jerawat membandel dan menghilangkan bekas jerawat berupa noda hitam.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana, anda dapat mengikuti petunjuk cara menghilangkan jerawat dengan tomat di bawah ini :
  1. Sediakan 1 buah tomat bewarna merah dalam kondisi segar
  2. Usapi wajah anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut
  3. Potong tipis buah tomat menjadi beberapa bagian
  4. Tempelkan beberapa potongan buah tomat tersebut di wajah anda secara menyeluruh
  5. Diamkan selama 25 menit
  6. Basuh wajah dengan air bersih
Anda dapat melakukan cara ini di waktu pagi atau malam hari sebelum tidur. Ulangi hingga masalah jerawat hilang.

5. Buah Lemon

Tingginya kandungan vitamin C dan asam askorbat pada buah lemon, sangat baik untuk mengatasi dengan cepat penyakit sariawan dengan cara membuatnya menjadi minuman jus lemon. Buah ini juga tergolong cukup ampuh untuk mengecilkan jerawat batu dengan cepat dan mengecilkan pori - pori kulit.

Cara menggunakannya : sediakan terlebih dahulu 1 buah lemon segar. Peras untuk mengambil airnya. Nah, air perasan  tersebut dapat dioleskan pada area wajah berjerawat atau pada seluruh permukaan wajah. Lakukan dimalam hari dengan waktu 25 menit. Cuci bersih wajah jika selesai.

6. Madu

Menggunakan madu sangat efektif untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan untuk membasmi jerawat membandel karena kandungan antibakteri yang dimiliki madu. Selain itu, madu juga dapat melembutkan kulit.

Namun, anda perlu waspada menggunakan cara ini, karena hanya madu alami yang dapat memberikan manfaatnya. Jika menggunakan madu campuran atau ada tambahan bahan sintesis, bukannya jerawat hilang justeru akan merusak jaringan kulit.

Penggunaannya pun cukuplah mudahCara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu pada wajah dimalam hari dan diamkan selama 25 menit.

7. Bengkoang

Tips menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu menggunakan masket bengkoang. Sudah terbukti, banyak produk kecantikan ternama saat ini yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar untuk membuat krim wajah. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada bengkuang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sehingga, tidak diragunakan lagi khasiatnya.

Vitamin C, flavonoid, dan saponin merupakan zat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, zat fenolik pada bengkuang juga mampu menghambat pembentukan melanin yang mengakibatkan perubahan warna pada kulit, sebagai tabir dari sinar ultraviolet dan menghilangkan flek bekas jerawat.

Adapun cara menghilangkan jerawat dengan bengkoang sebagai berikut :
  1. Bersihkan wajah dengan handuk hangat, selanjutnya usap wajah dengan handuk lembut hingga kering
  2. Blender atau parut hingga halus 1 buah bengkoang tanpa air
  3. Tempelkan ke seluruh permukaan wajah secara merata
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Basuh wajah dengan air bersih
Lakukan langkah di atas secara berulang. Paling tidak anda dapat menggunakannya 3 kali dalam waktu 1 minggu di waktu malam hari menjelang tidur. Jika secara rutin anda gunakan, khasiatnya juga dapat menghilangkan flek hitam dan memutihkan kulit di wajah.

8. Menggunakan Bawang Putih

Senyawa thiacremonon, sulfur dan allicin pada bawang putih bersifat antiseptik alami. Sehingga, sangat efektif untuk membasmi kuman dan meredakan peradangan pada kulit. Sedangkan jhasiatnya untuk tubuh secara keseluruhan dapat meningkatkan sistem imunitas, mencegah peradangan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dans sebagainya.

Tatacara penggunaan samahalnya dengan langkah di atas. Namun, penggunaan bawang putih untuk jerawat sangatlah praktis. Anda dapat menempelkan irisan bawang putih di wajah berjerawat atau menggunakannya dalam bentuk masker.

9. Apel Hijau

Kandungan Alpha Hidroxy Acid (AHA) dan sejumlah mineral lainnya pada buah apel secara efektif dapat mengatasi beragam masalah kulit seperti mengangkat sel - sel kulit mati pada kulit, mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, memberikan nutrisi dan mempercepat regenerasi sel kulit yang rusak serta manfaat lainnya.

Jika anda mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat tak kunjung hilang, maka masker untuk menghilangkan jerawat paling ampuh adalah menggunakan buah apel hijau.

Petunjuk cara menggunakannya di bawah ini :
  1. Pastikan buah apel masih dalam kondisi segar
  2. Blender buah apel hijau tanpa menggunakan air hingga halus
  3. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air steril
  4. Oleskan pasta apel ke seluruh permukaan wajah hingga menyerupai masker
  5. Diamkan selama 25 menit agar nutrisi buah apel hijau meresap ke lapisan kulit
  6. Basuh wajah anda dengan air bersih

10. Wortel dan Minyak Zaitun

Kombinasi antara wortel dan minyak zaitun untuk mengatasi jerawat juga sangatlah efektif. Sebab keduanya memiliki beberapa senyawa alami yang diperlukan oleh kulit seperti vitamin C, karetonoid, senyawa anti bakteri, vitamin E dan sebagainya.

Jika anda ingin menggunakannya, ikuti saja petunjuk di bawah ini :
  1. Sediakan wortel yang sudah dikupas kulitnya dan 2 sendok makan minyak zaitun
  2. Blender halus wortel dan tempatkan di wadah
  3. Masukkan minyak zaitun ke dalamnya
  4. Aduk hingga kedua bahan merata dan membentuk adonan pasta
  5. Oleskan keseluruh permukaan wajah
  6. Diamkan selama 25 menit
  7. Basuhlah wajah anda dengan air bersih

11. Menggunakan Tumbuhan Cimplukan

Jarang diketahui oleh banyak orang, ternyata tumbuhan cimplukan selain untuk mengatasi ragam penyakit serius seperti diabetes, sakit tenggorokan, radang paru, batuk, peradangan prostat dan sebagainya, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradangan kulit seperti borok, koreng dan sejenisnya termasuk jerawat.

Khususnya untuk jerawat, kita dapat memanfaatkan bagian daunnya dari tumbuhan cimplukan. Beberapa senyawa kimia seperti alkaloid, tanin,vitamin C, kriptoxantin dan lainnya mampu membersihkan darah kotor dan segudang khasiat lainnya.

Cara ini aman digunakan. Jika anda belum mengetahui cara menggunakannya, ikuti saja petunjuk di bawah ini :
  1. Sediakan 8 lembar daun cimplukan segar kemudian cuci bersih
  2. Rebus daun tersebut bersamaan dengan air bersih sebanyak 3 gelas
  3. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan sekitar 2 gelas saja
  4. Diamkan hingga air rebusan dingin
Penggunaannya, untuk pengobatan dalam dan membersihkan darah 1/2 dapat diminum di waktu pagi hari sesudah makan. Dosis minum pengobatan dalam 3 kali dalam seminggu cukup diminum 1/2 gelas di waktu pagi.

Sedangkan untuk pengobatan luar, anda dapat membasuh wajah atau mengoleskannya ke permukaan kulit berjerawat. Diamkan selama 20 menit, kemudian basuhlah wajah anda dengan air bersih.

Tips menghilangkan jerawat

Selain menggunakan langkah - langkah di atas, selanjutnya dirasa perlu untuk melakukan beberapa hal berikut ini. Diantaranya sebagai berikut :

1. Pastikan Cukup Tidur

Kurang tidur dapat menghambat sistem metabolisme berjalan lambat dan mempengaruhi kestabilan hormon. Padahal keduanya menjadi penyebab jerawat muncul. Untuk itulah, cukup tidur salam 6 hingga 8 jam sehari bagi orang dewasa wajib terpenuhi. 

2.Membasuh Wajah 2 Kali Sehari

Membersihkan wajah secara rutin juga dapat mencegah salah satu tumbuhnya jerawat di wajah. Namun disarankan membasuh wajah sebaiknya tidak melebihi 5 kali dalam sehari. Sebab, jika terlalu sering terkena air, permukaan kulit menjadi terlalu lembab. Membasuh wajah bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, menjaga kelembapan kulit dan sebagaiya. 

3. Perbanyaklah Minum Air Putih

Minum air putih juga dapat menghilangkan jerawat dan melancarkan pembuangan metabolisme tubuh.Air putih sangat baik untuk kesehatan anda dan juga dapat membuang kotoran secara menyeluruh hingga tubuh anda terbebas dari kotoran. 

Jika tubuh anda kekurangan air maka kulit anda akan menjadi kering. Jadi anda dalam sehari harus minum 8 gelas (1.5 liter-2 liter)setiap hari.Jika anda sering minum air putih anda akan merasakan manfaatnya yaitu terhindar dari penuaan dini , jerawat,dan kulit anda akan terasa kencang 

4. Konsumsi Buah-buahan Dan Sayuran

Kandungan vitamin dan mineral lainnya pada buah dan sayuran dapat meningkatkan kiner organ di dalam tubuh menjadi semakin optimal. Secara otomatis, metabolisme tubuh pun akan berjalan optimal pula. Disarankan buah - buahan dan sayuran yang anda konsumsi mengandungan banyak vitamin A, C, E, K, senyawa antioksidan dan lainnya seperti terdapat pada wortel, bayam, apel, selada dan lainnya.

5. Kurangilah Konsumsi Gula Berlebih

Makanan-makanan yang mengandung gula juga dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat. Coklat, permen, minuman bersoda, junk food dan biscuit serta banyak lagi lainnya. Menurut Howard Murad,professor dari UCLA of medicine mengemukakan bahwa gula berlebihan dapat menyababkan memicu hormon androgen sebagai faktor kulit menjadi berminyak. Padahal kulit berminyak akan sangat mudah jerawat tumbuh pada muka anda.

6. Hindarilah Stres

Semua orang pernah mengalami stres. Namun, stres berkepanjangan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita karena dapat memicu ragam penyakit termasuk jerawat. Untuk mengatasinya, cobalah segera mungkin mencari solusi terhadap masalah tersebut, imbangi dengan aktivitas olahraga, berkumpul bersama orang - orang yang menyenangkan dan sebagainya.

Pencegahan Jerawat Muncul Kembali

Agar wajah tampil selalu fresh ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah agar jerawat dapat muncul kembali diantaranya :
  1. Jika memiliki jerawat, jangan keseringan disentuh atau dipecahkan dikarenakan tangan kita / kuku banyak mengandung bakteri yang bisa masuk ke pori-pori wajah.
  2. Membersihkan wajah dengan air besih sangat efektif untuk menghilangkan debu-debu yang menempel diwajah, ini perlu dilakukan ketika baru saja bepergian dikarenakan mungkin dijalanan kita terkena debu kendaraan atau lainnya.
  3. Mengurangi makanan yang berlemak, kacang-kacangan, daging, mangandung garam berlebih, mengandung soda dan gula berlebih.
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan seperti buah bengkoang dan lainnya.
  5. Perbanyak minum air putih
Nah, itulah beberapa tips dari kami tentang cara menghilangkan jerawat. Semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10+ Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Serta 6 Tips Alami

0 komentar: