Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


15+ Jenis Makanan Yang Baik dan Buruk Bagi Penderita Diabetes

Pankreas menjadi salah satu organ terpenting bagi tubuh kita karena memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur kestabilan gula darah dalam tubuh. 

Didalam pankreas terdapat 2 sel yaitu sel alfa dan sel betha. Sel alfa sendiri menghasilkan glucagon berfungsi menarik gula dari liver kemudian membuatnya menjadi cadangan energi. Sedangkan sel betha menghasilkan insulin berfungsi merubah gula darah menjadi energi.

Jika kinerja pankreas terganggu, tentu saja sistem metabolisme tubuh tidak akan berjalan secara normal. Maka, akibatnya kadar gula dalam darah dapat meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes muncul.


Bagi anda penderita penyakit diabetes, jangan asal makan. Ketahui makanan yang baik dan buruk bagi penderita diabetes.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kita harus memperhatikan setiap makanan yang kita konsumsi, terutama bagi penderita diabetes militus type 1 maupun 2.

Berikut ini adalah makanan yang baik dan buruk untuk penderita diabetes antara lain :

Makanan untuk penderita diabetes yang baik yaitu :
  1. Berbagai jenis ikan laut seperti tuna, sarden, salmon
  2. Kacang - kacangan seperti buncis, kedelai dan lainnya
  3. Sayuran hijau seperti bayam, brokolo, daun kemangi dan lainnya
  4. Buah - buahan segar seperti jeruk, pepaya, tomat, buah berry, apel dan lainnya
  5. Makanan yang berasal dari biji - bijian dan umbi - umbian utuh seperti nasi merah, ubi panggang, talas, oatmeal, sereal, roti dan lainnya
  6. Daging tanpa lemak
  7. Produk olahan susu rendah lemak dan gula seperti yogurt
Keterangan :
Ikan
Jenis ikan untuk diabetes antara lain salmon, sarden, tuna dan patin. Ikan jenis ini memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi. 

Omega 3 dalam ikan akan membantu memperlancar pembuluh darah arteri dan dapat mengikis plak kolesterol jahat serta mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Sebaiknya untuk mengolah ikan bagi penderita diabetes dengan tidak dengan cara digoreng.

Kacang Buncis
Kacang buncis memiliki nilai serat dan nutrisi cukupbaik untuk sistem pencernaan dan dapat menjaga gula darah agar tetap normal.

Kacang-kacangan
Jenis kacang dimadsud adalah kacang merah, kacang polong, kacang tanah, biji kenari yang tinggi akan omega 3, vitamin E dan magnesium. Zat-zat terkandung dalam kacang tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya resistensi insulin.

Buah dan sayuran
Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk tubuh karena memiliki zat antioksidan. Buah buahan untuk penderita diabetes antara lain jeruk, pepaya, tomat dan buah berry. Adapun sayur penurun diabetes antara lain brokoli, pare, paprika, bayam dan wortel.

Cabai
Tidak memakan begitu saja. Cabai dapat diolah dengan mencampurkan pada bahan masakan pepesan, sop atau membuatnya menjadi berbagai jenis sambal. 

Senyawa capsaicin akan membantu dalam membakar lemak jahat, mengurangi resiko obesitas, meningkatkan ketahanan insulin dan mengurangi obesitas serta menjaga metabolisme tubuh. Akan tetapi harus diperhatikan juga, mengkonsumsi cabai bagi penderita maag juga tidak baik. Konsumsi sewajarnya saja tidak berlebih.

Makanan untuk penderita diabetes yang buruk yaitu :
  1. Nasi putih
  2. Makanan berbahan dasar dari tepung terigu
  3. Daging berlemak
  4. Kulit hewan seperti kikil, kulit ayam dan lainnya
  5. Buah - buahan dalam kemasan kaleng
  6. Sayuran dengan tambahan mentega, garam dan saus
  7. Makanan instan dalam kemasan
  8. Produk olahan susu tinggi lemak
  9. Makanan digoreng seperti pisang goreng, kentang goreng, ikan goreng dan lainnya
Keterangan :
Nasi
Ketergantungan akan nasi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat sangat tidak baik bagi tubuh. Nasi selain memiliki karbohidrat tinggi juga mengandung kadar gula yang tidak baik untuk penderita penyakit ini. 

Cobalah mulai dari sekarang walaupun tidak mengidap diabetes, asupan karbohidrat bersumber dari nasi diganti dengan sumber karbohidrat lainnya seperti talas, ketela rambat, sorgum dan sebagainya.

Kentang
Tingginya kadar glikemiks pada kentang dapat meningkatkan glukosa dalam darah. Sebaiknya hindari makanan ini untuk menjaga kestabilan gula darah.

Makanan Cepat Saji
Kebanyakan makanan cepat saji saat ini kurang baik untuk kesehatan. Banyak makanan dan minuman mengandung pengawet, pemanis sintesis dan perasa sintesis. Sebaiknya, hindari atau tidak sama sekali untuk dikonsumsi.

Ada baiknya bagi penderita diabetes membuat makanannya sendiri tanpa membeli. Dengan begitu kita dapat memantau bahan baku yang digunakan. 

Selain memperhatikan asupan makanan, konsumsi ramuan herbal untuk menurunkan kadar gula darah dan melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui perkembangan kadar gula dalam tubuh anda. Dengan begini, kita dapat menghindari resiko komplikasi diabetes dikemudian hari.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 15+ Jenis Makanan Yang Baik dan Buruk Bagi Penderita Diabetes

0 komentar: